Kapan Waktu yang Tepat untuk Apply Kartu Kredit Pertama Kamu?

Sudah punya kartu kredit?
Apply Kartu Kredit

Apply kartu kredit pastinya sangat menggiurkan untuk sebagian orang; prosesnya mudah dan menawarkan kemudahan dalam belanja serta bertransaksi. Anak muda zaman sekarang pastinya bisa dengan mudah tertarik untuk mengajukan pembuatan kartu kredit.

Menggunakan kartu kredit meski bisa sangat menguntungkan, juga bisa memberi dampak negatif jika tidak memanfaatkannya dengan bijak, lho. Misalnya saja, berbelanja melebihi batas dana kartu kredit hingga mengakibatkan adanya utang di luar kesanggupan.

Dengan adanya nilai plus dan minus tersebut, waktu yang tepat untuk memiliki atau apply kartu kredit perlu dipertimbang dengan hati-hati. Kira-kira kapan waktu terbaik untuk kamu bisa memiliki kartu kredit? 

Jika kamu sudah memiliki kondisi atau alasan seperti di bawah ini, kamu mungkin bisa segera merencanakan untuk apply kartu kredit. Kondisi dan alasan seperti apa saja?

Sudah Memiliki Pekerjaan dan Penghasilan Tetap

Apply Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit bisa dibilang sama dengan mengajukan pinjaman. Itu artinya kamu memiliki utang. Kamu menggunakan kartu kredit untuk membeli sesuatu, lalu membayar tagihan tersebut di akhir bulan.

[Baca: Ingin Lepas dari Kartu Kredit? Ini 5 Tips untuk Kamu ]

Untuk bisa membayar tagihan kartu kredit di akhir bulan, kamu tentunya membutuhkan sumber penghasilan yang tetap. Tanpa adanya pekerjaan dan penghasilan yang stabil setiap bulannya kamu bisa kesulitan membayar utang kartu kredit.

Oleh sebab itu, jika ingin menggunakan dan merasakan keuntungan yang ditawarkan oleh kartu kredit, ada baiknya saat kamu sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan yang tetap setiap bulannya.

Bebas dari Utang

Apply Kartu Kredit

Seperti yang disebutkan, menggunakan kartu kredit bisa sama dengan berutang. Jadi, jika sebelumnya kamu masih memiliki sumber utang yang lain, kamu mungkin bisa kewalahan saat membayar tagihan.

[Baca: 5 Alasan Kenapa Anak Muda Belum Butuh Kartu Kredit ]

Untuk keadaan keuangan yang seimbang, sebaiknya jangan apply kartu kredit jika belum melunasi utang-utang kamu yang lain. Pastikan minimal utang yang kamu miliki tidak lebih dari 30% dari total penghasilan sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit.

Saran ini selain untuk menjaga alur dan pengeluaran uang tetap sehat, juga untuk mencegah adanya masalah finansial yang lebih besar di masa depan. Kamu pastinya tidak mau terjebak utang dalam waktu yang lama, bukan?

Buka Usaha Sampingan

Apply Kartu Kredit

Punya niat ingin membuka usaha sendiri? Atau membuka usaha sampingan kecil-kecilan? Modal untuk usaha itu bisa kamu dapatkan dengan menggunakan kartu kredit.

[Baca: 7 Masalah Keuangan Anak Milenial yang Umum Terjadi ]

Selama modal usaha tidak melebihi limit kartu kredit dan masih dalam batas kesanggupan, kamu bisa memiliki utang produktif dengan kartu kredit.

Ada banyak jenis usaha sampingan dan kecil-kecilan yang bisa didanai dengan kartu kredit, seperti agen pulsa, bisnis online, atau usaha kreatif, seperti aksesoris dan produk rajutan. 

Nah, jika sudah berjalan dan mulai berkembang, kamu bisa mengajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk mendapatkan modal yang lebih besar. 

Kamu Sudah Bisa Menggunakan Uang dengan Bijak

Apply Kartu Kredit

Masalah yang sering kali muncul dengan kartu kredit ialah pengguna yang tidak bisa menahan diri ketika berbelanja hingga melebihi batas yang mampu dibayar. Jika sudah begitu, akan ada utang besar yang perlu dibayar serta kemungkinan masalah keuangan lainnya.

Kamu pastinya tidak mau ada kejadian seperti itu, bukan? Karena itu, ada baiknya mulailah mengendalikan keinginan berbelanja kamu dengan hanya memusatkan pada barang-barang yang diperlukan.

Jika tanpa kartu kredit saja kamu sulit menahan diri untuk belanja, dengan adanya kartu kredit mungkin akan bisa lebih sulit. 

Sebagai motivasi dan pencegahan, saat menggunakan kartu kredit kamu bisa terus mengingatkan diri sendiri bahwa menggunakan kartu kredit sama dengan memiliki utang. Jadi, jika tidak mau punya banyak utang, gunakan kartu kredit dengan bijak.

Kartu Kredit Untuk Keperluan Investasi

Apply Kartu Kredit

Selain untuk membuka usaha, pengajuan kartu kredit, seperti apply kartu kredit online bisa sebagai sumber dana untuk investasi. Misalnya saja, membeli emas batangan dengan kartu kredit.

Karena harga emas mengalami perubahan dengan sangat cepat, kamu perlu membeli emas saat harga mencapai titik terendahnya. Untuk bisa langsung membeli, kamu mungkin tidak bisa menyediakan uang dengan cepat, saat itulah kamu bisa menggunakan kartu kredit.

Namun, ingat ya, usahakan berat emas yang dibeli atau biaya produk investasi lainnya tetap dalam batas limit kartu kredit. Jadi, bulan berikutnya kamu masih sanggup membayar tagihan dan investasi pun tidak terganggu.

Kartu Kredit Untuk Mendukung Aktivitas & Hobi

Apply Kartu Kredit

Kartu kredit bisa dimanfaatkan juga untuk mendapatkan berbagai promo dan cashback terutama yang berhubungan dengan hobi atau aktivitas sehari-hari. 

Promo apply kartu kredit, misalnya, kamu bisa belanja bulanan di supermarket tertentu yang memberikan diskon jika menggunakan kartu kredit. Kamu juga bisa mendapat promo lain saat makan bersama keluarga di restoran. Jika bepergian pun, membeli tiket pesawat menggunakan kartu kredit juga bisa mendapat banyak promo menarik.

Sangat berguna, bukan? Selama kamu menggunakannya untuk membantu aktivitas dan memenuhi kebutuhan, tagihan kartu kredit tidak akan terasa terlalu berat. Sebaliknya, jika hanya dihabiskan untuk belanja, pengeluaran kamu bisa sangat boros.

 

========

Menggunakan kartu kredit selalu ada kelebihan dan kekurangan. Untuk bisa merasakan keuntungannya secara maksimal, kamu perlu membatasi penggunaan kartu kredit pada barang dan keperluan yang memang penting.

Selain itu, yang terpenting usahakan untuk selalu dalam limit yang sudah ditentukan. Jadi, membayar tagihan untuk kebutuhan apa pun bisa lebih mudah. Utang juga tidak akan menumpuk karena kamu mampu membayar tagihan tersebut.

Selamat apply kartu kredit!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *