Ternyata Ini Investasi yang Disukai Milenial!

Apakah pilihan kamu juga?
Investasi

Investasi kini bukan kegiatan yang dilakukan oleh orang tua saja. Milenial atau anak zaman now pun kini sudah mulai mengerti pentingnya berinvestasi.

Adanya kesadaran investasi ini bisa didukung oleh banyak faktor. Misalnya saja, digalakkannya gerakan investasi di kalangan anak muda oleh pemerintah. 

Selain itu, gaya hidup tinggi juga bisa menjadi salah satu faktor yang menuntut mereka untuk terus menghasilkan uang meski sudah tidak di usia produktif. 

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh jakpat.net pada 2.000 responden di seluruh Indonesia, sejumlah produk investasi berikut ini menjadi favorit milenial, nih. 

Produk investasi ini bisa juga masuk dalam daftar kamu nih jika baru mau memulai investasi. Apa saja? Lihat di sini.

Tabungan, Pilihan No. 1 Millennial

Investasi

Survei jakpat.net pada responden di seluruh Indonesia menunjukkan, sebesar 64,7% anak muda Indonesia memilih tabungan sebagai produk investasi favorit. 

[Baca: 4 Jenis Tabungan yang Harus Dimiliki Saat Muda ]

Hasil ini mungkin tidak sepenuhnya mengejutkan karena pentingnya menabung sudah ditanamkan sejak kecil. 

Selain itu, menabung atau menyimpan uang barangkali pilihan paling mudah dan aman untuk kamu yang masih belum berani mencoba produk investasi lain. 

Setidaknya, dengan menabung kamu sudah bisa memiliki dana cadangan atau dana darurat untuk kejadian tak terduga. 

Uang tabungan tersebut pastinya juga bisa kamu gunakan untuk keperluan lain di masa depan. Namun, berhubung inflasi bisa mengurangi nilai uang, kamu perlu memikirkan cara lain agar uang yang disimpan bisa terus berkembang. 

Jika uang tabungan sudah banyak, kamu bisa mulai membelikannya untuk produk investasi lain yang lebih menguntungkan. 

Jika takut memulai, kamu bisa mulai dari produk investasi yang mudah dan terkenal aman, seperti emas batangan atau deposito.

Investasi Emas Batangan

Investasi

Sebanyak 50,8% responden memilih emas batangan sebagai produk investasi mereka, nih. Investasi emas batangan barangkali juga salah satu yang cukup terkenal di kalangan masyarakat, baik dalam bentuk batangan atau perhiasan. 

[Baca: Pertanyaan Seputar Investasi Emas yang Perlu Kamu Pertimbangkan ]

Emas batangan sebagai investasi milenial memang terkenal aman dan menguntungkan. Untuk berinvestasi emas batangan juga tergolong mudah, kamu cukup membeli emas dan menyimpannya selama beberapa waktu. 

Investasi emas batangan juga banyak dipilih karena semakin menjamurnya aplikasi jual beli emas yang memungkinkan kamu untuk membeli emas dalam nominal kecil. 

Deposito

Investasi

Menyusul di posisi ketiga, ada deposito sebagai salah satu investasi favorit milenial. Sebanyak 25,7% responden ternyata memilih deposito sebagai produk investasi mereka. 

Menurut jakpat.net, tabungan dan deposito merupakan dua instrumen investasi yang paling populer dari tahun ke tahun. 

[Baca: Gaji Kecil Juga Bisa Investasi, Ini 4 Pilihan Produknya! ]

Seperti halnya menabung, deposito bisa dibilang minim risiko dengan keuntungan yang sudah pasti. Deposito juga merupakan investasi yang dinilai mudah oleh para milenial. 

Kamu hanya perlu menabung sejumlah uang dalam periode tertentu dengan nilai bunga yang bervariasi. 

Untuk kamu yang ingin meraih keuntungan lebih besar, deposito mungkin bukan pilihan yang tepat. 

Namun, untuk permulaan investasi, tidak ada salahnya mencoba salah satu produk investasi ini. 

Investasi Properti Juga Dipilih Generasi Millennial 

Investasi

Investasi yang juga dipilih milenial berikutnya ialah properti. Meski bukan produk investasi yang murah, properti ternyata cukup menjadi favorit dengan 22,3% responden yang memilihnya.

Properti jelas merupakan investasi yang menguntungkan dengan besarnya uang yang mungkin akan kamu terima. Namun, untuk memulainya kamu juga membutuhkan dana yang besar. 

Jika kamu punya uang yang cukup, investasi atau bisnis properti memang bisa menjadi pilihan. Namun, jika tidak ada cukup dana, produk investasi lain juga bisa menjadi alternatif.

Reksa Dana

Investasi

Keuangan generasi milenial bisa juga dikembangkan dengan produk investasi reksa dana.

Reksa dana juga dipilih oleh cukup banyak responden dengan suara 15,9%. 

Reksa dana bisa dibilang memang sedang naik daun untuk investasi milenial. Hal ini karena reksa dana memiliki kisaran modal yang bervariasi. 

Kamu bahkan sudah bisa berinvestasi dengan modal Rp100.000,-. Reksa dana juga memiliki beberapa pilihan atau jenis yang bisa kamu sesuaikan dengan risiko dan tingkat keuntungan yang kamu inginkan.

Saham

Investasi

Investasi milenial berikutnya adalah saham dengan 13,7% responden yang memilihnya. Kamu yang menginginkan keuntungan yang cukup besar bisa mencoba saham. 

Namun, keuntungan yang besar juga berarti modal yang besar dan risiko kerugian yang besar pula. 

Oleh sebab itu, sebelum memilih, sesuaikan terlebih dahulu pilihan produk investasi dengan keuangan, risiko, dan tujuan investasi kamu. 

Untuk saham, ada dua jenis keuntungan yang bisa diperoleh, yakni dividen atau pembagian keuntungan dan capital gain, yakni selisih harga jual dan harga beli saham.

Mata Uang Asing

Investasi

Keuangan milenial juga bisa semakin berkembang dengan produk investasi ini, nih. Investasi pada mata uang asing atau valuta asing (valas) dipilih oleh 11,6% responden sebagai instrumen investasi favorit. 

Ada beberapa mata uang asing yang sering menjadi pilihan, seperti dolar Amerika Serikat, Euro, Poundsterling, atau Yen. 

Setiap mata uang asing memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri. Oleh sebab itu, kamu yang ingin mencoba investasi jenis ini kenali lebih dahulu setiap kekurangan dan kelebihan berbagai mata uang.

Kamu juga harus rajin mengecek harga kurs mata uang asing, baik harga beli, maupun harga jual, serta jangan lupa cari tahu tempat nanti kamu akan menjual atau membelinya.

 

=========

Apakah pilihan produk investasi kamu juga sama dengan hasil survei di atas? Selain ketujuh produk investasi di atas, jakpat juga menyebutkan instrumen investasi lain. 

Ada sebesar 7,2% responden milenial yang memilih barang-barang mewah sebagai pilihan investasi mereka. Sebanyak 3,3% memilih obligasi dan 1,2% sisanya memilih produk investasi lain.

Tidak masalah apapun produk investasi yang kamu pilih. Yang terpenting, produk investasi tersebut sesuai dengan tujuan dan profil risikomu. 

Selain itu, yang tidak kalah penting, kamu sudah memulai untuk investasi meski tidak besar!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *