Lulus Kuliah? Pikirkan 4 Hal Ini dari Sekarang

Rencanakan dari sekarang!

Tips sebelum lulus kuliah seperti apa yang dibutuhkan oleh para mahasiswa? Para sarjana muda barangkali melewati proses yang hampir sama. Kamu mungkin termasuk satu di dalamnya yang sibuk mencari kerja atau justru bingung dengan rencana setelah kuliah.

Nah, jika kamu sekarang merasa bingung, inilah saatnya untuk merencanakan masa depanmu. Tidak perlu nanti setelah kamu mapan, kamu justru harus merencanakannya sekarang agar masa depanmu lebih terarah. Kamu kembali bingung mau membuat rencana dari mana? Tenang dan cobalah ikuti tips sebelum lulus kuliah berikut ini.

Tentukan Prioritas Masa Depan

Masa depan penuh dengan kemungkinan dan kesempatan baru. Kamu akan bingung jika tidak tahu apa yang mau kamu lakukan, tapi kamu juga bisa bingung jika terlalu banyak yang ingin diwujudkan. Oleh sebab itu, tulis daftar rencana dan keinginanmu lalu tentukan prioritas dari daftar tersebut. Apakah kamu ingin bekerja kantoran atau justru memulai usaha sendiri? Bukan cerita baru jika masuk jurusan yang tidak sesuai dengan keinginanmu. Jika keadaanmu seperti itu, ini saatnya untuk memikirkan pilihan karir, apakah kamu ingin mengejar passion-mu atau bekerja sesuai dengan latar pendidikan?

Kamu mungkin juga terbagi antara keinginan untuk melanjutkan kuliah sambil bekerja atau justru bekerja dan menabung untuk menikah? Jika kamu ingin membangun keluarga, kamu harus mulai menabung untuk membeli rumah dan segala yang terkait mengenai rumah tangga. Sekali lagi, tentukan prioritas dan wujudkan perlahan. Dengan begini, kamu akan memiliki tujuan jelas setiap harinya. [Baca: Rencana Keuangan yang Harus Kamu Buat Saat Usiamu 25 Tahun ]

Hidup Mandiri

Tinggal dengan orang tua memang menyenangkan karena semua bisa lebih mudah. Kamu tidak perlu mengkhawatirkan makanan yang harus dimakan atau kebersihan rumah. Meski begitu, saat kamu lulus kuliah dan mulai mendapatkan uang sendiri, cobalah untuk hidup mandiri. Kamu akan melihat perbedaan dan perkembangan dirimu karena kamu menjadi lebih bertanggung jawab terhadap kehidupan yang ada di sekitar. Mencoba hidup mandiri juga langkah yang baik untuk menjadi lebih dewasa dalam bersikap dan berpikir.

Rencana Karir

Pertama kali kerja orang-orang akan menyarankan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Saran tersebut dapat kamu gunakan. Meski begitu, kamu harus tetap merencanakan masa depanmu. Kamu harus memahami bagaimana keadaan kantor kamu nanti bekerja dan lihat apakah kamu bisa berkembang di sana untuk waktu yang lama.

Pengelolaan Uang

Kamu mungkin memiliki banyak rencana jika sudah memiliki penghasilan sendiri. Meski begitu, jangan terus menerus mengikuti keinginan tersebut. Kamu harus merencanakan keuangan dengan baik agar masa depanmu lebih cerah. Gunakan uang dengan bijak dan mulailah menabung. [Baca: Bagaimana Membeli Emas di E-mas? ]

 

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Saat kamu memiliki uang lebih, kamu juga bisa mulai memikirkan untuk membuka usaha sendiri atau beinvestasi. Jika kamu ingin berinvestasi, kamu bisa memulainya dengan cara yang mudah, seperti membeli emas. Saat ini sudah banyak tempat yang bisa kamu datangi untuk membeli emas. Kamu bahkan bisa membelinya menggunakan aplikasi, seperti melalui aplikasi e-mas.

Aplikasi e-mas merupakan platform jual beli emas secara online. Aplikasi ini memberi kemudahan dan kepraktisan dalam bertransaksi emas. Kamu juga bisa membeli emas mulai dari Rp10.000,-an sehingga tidak akan memberatkan. Aplikasi ini juga memberikan layanan titip emas karena dengan begitu emas yang kamu beli akan dititipkan pada aplikasi tanpa biaya dan tercatat dalam akun e-mas-mu. Kamu bisa mengambil emas tersebut secara fisik saat sudah mencapai berat tertentu atau menjualnya dan mendapatkan uang. [Baca: 5 Tip Mengelola Gaji ]

==========

Apa pun yang ingin dilakukan setelah lulus kuliah, pikirkan dengan baik karena apa yang kamu lakukan sekarang akan menentukan hidupmu di masa depan. Gunakan tip sebelum lulus kuliah ini dan jalani hari-hari dengan semangat dan selamat lulus!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *