Tips Mengumpulkan Biaya Nikah dengan Rapi dan Terencana

Kapan nikah?
Tips Mengumpulkan Biaya Nikah

Sudah punya rencana menikah, tapi belum memiliki dananya? Kamu perlu menyiapkannya. Jika perlu, ikuti tips mengumpulkan biaya nikah agar target dana tercapai. Tidak perlu malu atau ragu mengikuti tips atau cara-cara menabung biaya pernikahan yang banyak disebar di internet.

Menabung untuk diri sendiri saja terkadang sulit, apalagi untuk menikah. Jadi, mengikuti tips merupakan salah satu cara untuk memastikan dana benar-benar terkumpul. Nah, agar dana bisa kumpulkan dengan rapi dan terencana, kamu bisa mengikuti tips mengumpulkan biaya nikah berikut ini. 

1. Seperti Apa Pernikahan Impian Kamu?

Tips Mengumpulkan Biaya Nikah

Sebelum menilai biaya nikah butuh dana besar atau kamu tidak akan bisa mengumpulkannya, tentukan terlebih dahulu pernikahan seperti apa yang kamu inginkan? Setelah itu, kamu bisa menentukan cara terbaik menabung untuk modal nikah.

Jika kamu dan pasangan memutuskan hanya akan menikah di KUA atau hanya menggelar resepsi di rumah, tentu dana yang disiapkan akan lebih terjangkau. Namun, jika kamu ingin menyewa gedung dan menggelar acara dengan tema outdoor, banyak hal yang perlu disiapkan.

Oleh sebab itu, kamu bisa cari informasi seputar biaya menikah di berbagai tempat dan berbagai keperluan lainnya. Seperti biaya pernikahan di gedung, sewa atau buat baju, biaya rias wajah, serta biaya suvenir pernikahan. 

Sesuaikan konsep tersebut dengan dana yang kamu miliki atau yang akan kamu rencanakan. Pastinya, konsep pernikahan hasil kesepakatan kamu dan pasangan.

2. Lakukan Financial Check Up

Tips Mengumpulkan Biaya Nikah

Setelah tahu konsep pernikahan, kamu bisa merencanakan nih dalam berapa tahun lagi kamu akan melamar pasangan. Lamanya waktu juga menentukan berapa besar uang yang bisa dikumpulkan.

Kemudian, lakukan financial check up. Sebaiknya, bukan hanya kamu yang melakukan, tapi juga pasangan. Jika berdua yang menabung, tabungan pernikahan bisa segera terkumpul. 

Perhitungkan pendapatan bulanan dan pemasukan lainnya. Utang dan piutang serta berapa cicilan yang perlu dikeluarkan setiap bulannya. Lihat juga nilai tabungan serta investasi yang dipunya.

3. Lakukan Perhitungan Biaya Nikah

Tips Mengumpulkan Biaya Nikah

Tips mengumpulkan biaya nikah berikutnya setelah tahu kondisi keuangan ialah segera perhitungkan perkiraan biaya yang harus dikumpulkan. Seperti yang disebut, target dana sangat tergantung pada konsep pernikahan yang kamu pilih.

Jadi, jika tidak ingin mengeluarkan dana besar, pilihlah konsep pernikahan yang sederhana, tapi tetap berkesan. Sebagai perbandingan, menikah langsung di kantor KUA, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun. Namun, jika di akhir pekan di gedung atau rumah, kamu bisa mengeluarkan biaya sekitar Rp600.000,-.

Zaman sekarang umumnya jarang orang melakukan pernikahan langsung di KUA. Jika sewa tempat atau di aula gedung, kisaran harga bisa mulai dari Rp5.000.000,- hingga puluhan juta. Kalau mau hemat, bisa menggelarnya di rumah.

Sementara untuk biaya konsumsi, bisa katering atau yang masih umum dilakukan belanja bahan makanan sendiri dan keluarga yang akan memasaknya. 

4. Buat Rekening Tabungan Khusus Dana Menikah

Tips Mengumpulkan Biaya Nikah

Agar dana menikah bisa cepat terkumpul, pisahkan tempat penyimpanannya dengan dana dan tabungan lain. Buatlah rekening baru khusus untuk dana menikah. Setiap bulannya, pisahkan 10% sampai 20% dari penghasilan.

Perlu diingat, kamu tidak menabung apa yang tersisa, tapi menyisihkan di awal untuk ditabung. Jadi, jika target bulanan menabung sebesar Rp1 juta per bulan, pisahkan uang Rp1 juta sejak menerima gaji lalu masukan ke rekening biaya menikah.

Tips mengumpulkan biaya nikah dengan cara ini cukup ampuh untuk memaksa kamu dan pasangan untuk memisahkan uang setiap bulannya. Target menabung untuk menikah dalam 1 tahun bisa terwujud dengan cepat.

5. Mencicil Kebutuhan Menikah Lainnya

Tips Mengumpulkan Biaya Nikah

Selain dana untuk pengeluaran besar, seperti gedung, baju, dan konsumsi, kamu juga perlu memikirkan uang untuk pengeluaran lainnya. Misalnya biaya untuk, suvernir, baju untuk keluarga, biaya seserahan, atau biaya bulan madu.

Meski tidak terlihat penting, uang perlu dianggarkan untuk mewujudkan pernikahan impianmu. Agar tidak terasa berat, kamu bisa mencicil untuk membelinya, nih. 

Barang-barang untuk seserahan, misalnya, bisa mulai kamu cicil beli jika ada promo. Tiket dan akomodasi untuk bulan madu juga bisa kamu pesan jauh-jauh hari jika sesuai dengan waktu pernikahanmu.

6. Investasikan Dana

Tips Mengumpulkan Biaya Nikah

Tips mengumpulkan biaya nikah berikutnya agar uang bisa terkumpul cepat ialah dengan menginvesatsikannya. Pilihlah produk investasi jangka pendek atau menengah yang sesuai dengan rencana pernikahanmu.

Kamu bisa pilih reksadana, deposito, atau membeli surat utang negara. Jangka waktu bisa singkat hanya sekitar 2-3 tahun, tapi kamu bisa mendapat return cukup besar. 

Menginvestasikan uang merupakan salah satu cara efektif untuk mengembangkan uang. Lebih bagus lagi, jika kamu sudah berinvestasi jauh sebelum adanya rencana menikah. Keuntungan investasi sebelumnya bisa langsung kamu gunakan untuk biaya menikah.

7. Menekan Biaya Pernikahan

Tips Mengumpulkan Biaya Nikah

Untuk mengurangi biaya pernikahan, tips satu ini perlu kamu lakukan. Menekan biaya pernikahan bisa dilakukan dengan memilih opsi yang lebih murah meriah untuk pernikahanmu. 

Misalnya saja, untuk foto prewedding bisa lakukan sendiri atau minta tolong teman. Kamu juga bisa menggunakan foto-foto kamu dan pasangan yang sudah miliki selama ini untuk dipajang di lokasi pernikahan nanti.

Kamu juga bisa memilih undangan dan suvernir yang sederhana untuk menghemat uang. Pilih pula paket pernikahan lengkap dengan sewa baju dan riasan. Jika kamu menyewa make up artist lagi, dana yang dikeluarkan bisa cukup besar.

8. Terapkan Gaya Hidup Hemat

Tips Mengumpulkan Biaya Nikah

Mengumpulkan dana pernikahan juga berarti kamu perlu menekan pengeluaran lain yang tidak terlalu penting. Terapkan gaya hidup hemat dalam aktivitas sehari-hari agar lebih banyak uang yang bisa disimpan.

Kurangi jajan minum dan camilan. Untuk kencan pun, pilihlah yang hemat biaya. Teliti kembali pengeluaran harian dan bulanan kamu dan lihat mana yang bisa kamu kurangi atau hilangkan.

 

==========

Nah, dengan tips mengumpulkan biaya nikah di atas, kapan mau mulai menabung?

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *