Lakukan 6 Tips Ini untuk Mempersiapkan Dana Pensiun

Untuk hari tua yang menyenangkan.
Mempersiapkan Dana Pensiun

Mempersiapkan dana pensiun sangat dianjurkan sejak seseorang masih muda, bekerja, dan berpenghasilan. Kenapa begitu? Karena meski masih lama terjadi, uang yang dibutuhkan belum tentu bisa disiapkan dalam beberapa tahun.

Jika masih merasa tak perlu, kamu perlu membaca sejumlah alasan berikut ini untuk mengetahui pentingnya mempersiapkan dana pensiun dari sekarang. Tidak hanya menunda yang tidak baik, kebanyakan orang juga belum tentu memahami apa yang harus dilakukan untuk mempersiapkan masa pensiun mereka.

Bayangkan jika sudah mendekati usia pensiun namun belum ada persiapan rencana pensiun dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Masa pensiun seperti itu meskipun belum tentu buruk, yang jelas tidak memiliki jaminan sumber dana.

Jadi, ada baiknya siapkan dari sekarang. Apa yang harus dilakukan? Mulailah mempersiapkan dana pensiun mengikuti langkah berikut ini.

1. Buatlah Gambaran Jelas Mengenai Masa Pensiun

Mempersiapkan Dana Pensiun

Jika kamu bekerja kantoran, besar kemungkinan kamu akan pensiun pada usia tertentu. Sekarang ini bahkan banyak anak muda yang mengajukan pensiun dini. Itu artinya, pensiun tidak perlu menunggu tua. 

Namun, pernahkah kamu berpikir apa yang akan kamu lakukan ketika pensiun? Pentingkah masa pensiun tersebut? Semua orang barangkali memiliki rencana untuk menghabiskan masa pensiun mereka. 

Bisa saja untuk keliling dunia, menghabiskan waktu dengan keluarga, mewujudkan impian yang selama ini tertunda, atau mungkin berbisnis. Rencana pensiun seperti ini memberi gambaran lebih mengenai masa pensiunmu nanti sekaligus langkah berikutnya yang harus diambil.

2. Tentukan Kapan Kamu Ingin Menyiapkan Dana Pensiun

Mempersiapkan Dana Pensiun

Selain apa yang ingin dilakukan, kapan akan mempersiapkan dana pensiun juga harus direncanakan. Meskipun waktu terbaik sejak dari muda, bisa saja kamu masih memiliki cicilan utang atau kebutuhan mendesak lain yang memakan hampir semua uangmu.

Oleh sebab itu, pikirkan kapan kamu ingin memulai menyiapkan program dana pensiun. Namun, perlu diingat lebih cepat, lebih baik. Memulainya dari sekarang memberi kamu kesempatan untuk mengumpulkan dana pensiun mulai dari nominal yang kecil.

Dengan kata lain, memulai dari sekarang bisa meringankan beban pengeluaran. Seiring waktu dengan bertambahnya penghasilan, kamu bisa meningkatkan nilai dana pensiun. Waktu yang panjang juga memberi kesempatan uang untuk berkembang. Jika begitu, kamu bisa mendapatkan nilai uang yang besar saat masa pensiun tiba.

3. Pilih Cara Menyiapkan Dana Pensiun

Mempersiapkan Dana Pensiun

Untuk kamu yang bekerja kantoran, umumnya akan ada asuransi untuk masa pensiun yang diadakan oleh perusahaan. Namun, kamu juga bisa menyiapkannya sendiri jika menurutmu nilai uang yang dibutuhkan lebih besar.

Untuk dana pensiun pribadi, kamu bisa menyiapkan tabungan khusus dana pensiun, menjadi peserta lembaga dana pensiun, berinvestasi, atau berbisnis. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menambah aset.

Aset tersebut bisa kamu fungsikan sebagai sumber dana pada masa pensiun. Jadi, selain nilai asuransi, kamu bisa memiliki tambahan sumber dana lain untuk memudahkan hari-hari pensiunmu.

4. Buat Akun Khusus untuk Mempersiapkan Dana Pensiun

Mempersiapkan Dana Pensiun

Agar uang tidak bercampur, membuat rekening khusus untuk dana pensiun bisa kamu lakukan. Dengan pisah akun rekening, mempersiapkan dana pensiun bisa lebih mudah. Perkembangan jumlah dana pensiun pun bisa lebih terlihat.

Nilai yang bertambah atau tetap akan memudahkan kamu melacak jumlah uang yang ditabung setiap bulannya. Melihat perkembangan nilai uang juga bisa memberi motivasi agar lebih semangat untuk mengumpulkan.

Adanya akun khusus juga bisa melatih kamu lebih disiplin dalam mempersiapkan dana pensiun. Kamu akan diingatkan untuk memisahkan uang saat menerima gaji untuk disimpan sebagai dana pensiun. Dengan ini, kamu bisa “memaksa” diri sendiri untuk menyiapkannya dengan konsisten.

5. Menghitung Perkiraan Dana Pensiun

Mempersiapkan Dana Pensiun

Berapa tabungan untuk masa pensiun yang harus disiapkan? Atau berapa banyak aset yang harus kamu miliki? Semua pertanyaan tersebut bisa sedikit terjawab jika kamu melakukan perhitungan atau simulasi dana pensiun.

Dengan melakukan perhitungan, dana pensiun bisa disiapkan dengan lebih terencana. Kamu bisa mulai dengan usia pensiun. Jika pensiun pada usia pada 55 tahun dan angka harapan hidup orang Indonesia sekitar 71 tahun, itu artinya kamu perlu menyiapkan biaya kehidupan untuk kebutuhan selama 16 tahun.

Kemudian, kamu bisa menghitung biaya pengeluaran setiap bulannya. Jika pengeluaran bulanan sekitar Rp5 juta per bulan, dalam satu tahun kamu membutuhkan uang sebesar Rp60 juta. Namun, karena adanya inflasi, nilai pengeluaran Rp5 juta bisa meningkat menjadi Rp9 atua Rp10 juta dalam dua puluh tahun ke depan. Oleh sebab itu, selain memisahkan 10% dari uang gaji setiap bulannya, kamu perlu menyimpan uang juga di instrumen investasi. Dengan begitu, uang bisa berkembang lebih cepat.

6. Pilih Instrumen Investasi untuk Dana Pensiun

Mempersiapkan Dana Pensiun

Untuk meningkatkan nilai uang, kamu bisa menaruh uang dana pensiun di sejumlah instrumen investasi. Akan lebih baik jika kamu menanamkan untuk produk investasi berisiko tinggi karena juga memberikan nilai return yang tinggi. Sebagai pilihan, ada saham atau reksadana saham. 

Jika tidak ingin memiliki risiko yang tinggi, kamu bisa mencoba produk investasi dengan tingkat risiko rendah, seperti reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, atau deposito berjangka. 

Selain itu, jika ingin menjaga nilai aset agar tetap aman dari inflasi, kamu bisa mengalihkannya ke emas batangan. Logam mulia tersebut terkenal tahan terhadap inflasi. Dengan begitu, nilai uang kamu tidak akan berkurang meski bertahun-tahun sudah lewat.

 

=========

Untuk masa tua yang nyaman dan menyenangkan, kamu memang harus mau menyisakan sedikit dari uang kamu saat ini. Meskipun pada awalnya sulit, dengan terus melakukannya secara konsisten kamu bisa mendapat motivasi lebih. 

Selamat merencanakan masa pensiunmu!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *