Tips Membeli Barang: Tanyakan 8 Pertanyaan Ini pada Diri Sendiri Sebelum Belanja

Pertanyaan penting untuk kamu yang hobi belanja.
Tips Membeli Barang

Merasa sering kalap ketika belanja? Kamu mungkin butuh tips membeli barang berikut ini. 

Belanja merupakan kegiatan yang bisa membuat siapa pun merasa senang. Karena terlalu senang, orang-orang hingga kalap dan lupa apa saja yang dibeli dan berapa banyak uang yang sudah dihabiskan.

Oleh sebab itu, tips membeli barang pertama untuk kamu ketika menyukai suatu benda dan ingin membelinya ialah jangan langsung membeli. Pertimbangkan sejenak keputusanmu dengan menanyakan pertanyaan berikut ini pada diri sendiri.

Bertanya dan menjawab pertanyaan ini mungkin bisa membuat kamu kembali “sadar” dan tidak membuat keputusan gegabah. 

Seberapa Mendesak Memiliki Benda Tersebut?

Tips Membeli Barang

Iseng melihat barang di situs belanja online dan tiba-tiba ingin membelinya? Kejadian seperti ini pasti sering banyak orang alami. Cara beli barang di toko online yang sangat mudah juga sangat mendukung. Belum lagi kini sudah pembayaran sudah bisa dilakukan melalui ponsel. Proses pembelian menjadi sangat cepat dan praktis.

Namun, apa yakin setelah itu kamu tidak menyesal? Bagaimana jika barang yang dibeli tidak benar-benar dibutuhkan? Barang tersebut akhirnya hanya tersimpan hingga ada saat yang tepat untuk memakainya.

Untuk menghindari situasi seperti ini, saat menemukan barang lucu dan ingin membelinya, tanyakan pada diri sendiri apakah kamu sangat membutuhkannya? Apa memiliki barang tersebut sangat mendesak? Apa kamu harus memilikinya sekarang?

Ada benda yang bagus dan mungkin memang bermanfaat untukmu, tapi tidak sekarang ini. Jadi, lihat dan kenali terlebih dahulu kebutuhanmu saat ini sebelum kamu berbelanja.

Apakah Fungsi Barang Bisa Digantikan?

Tips Membeli Barang

Sering kali orang membeli barang yang serupa dengan yang sudah dimiliki. Misal, sepatu heels warna hitam. Meski sepatu bisa berbeda model, tapi model yang mana pun mungkin bisa digunakan untuk berbagai situasi. Jadi, untuk apa punya banyak?

Walaupun tidak salah memiliki lebih dari satu atau dua, untuk mengendalikan pengeluaran dan belanja, kamu perlu melakukan ini. Tanyakan pada diri sendiri, apakah kamu sudah memiliki barang dengan fungsi yang kurang lebih sama dengan barang yang ingin dibeli?

Jika iya, ada baiknya maksimalkan barang yang ada di rumah. Bisa saja, walau hanya punya satu, benda itu pun jarang digunakan. Jadi, jangan sia-siakan pembelian sebelumnya dengan membeli lagi barang baru.

Apakah Benda Memiliki Fungsi Khusus?

Tips Membeli Barang

Benda berfungsi khusus akan sulit digantikan dengan benda lain karena memiliki fungsi tertentu. Karena itu, kamu tidak punya pilihan selain membelinya. Misalnya saja, payung atau jas hujan, apalagi jika sudah memasuki musim hujan.  

Kamu bisa menganggarkan uang untuk membeli barang-barang dengan fungsi khusus seperti ini. Selain itu, karena benda ini akan dibutuhkan untuk waktu yang lama, pilihlah dengan kualitas yang baik agar awet dan kamu tidak perlu membelinya berulang kali dalam waktu yang berdekatan.

Apakah Pembelian Barang Sesuai dengan Kebutuhan?

Tips Membeli Barang

Pertanyaan penting sebelum membeli barang baik online ataupun tidak ialah melihat kebutuhan yang dimiliki. Jangan sampai kamu hanya menumpuk barang di rumah tanpa pernah digunakan.

Pertanyaan ini bisa menjadi tips membeli barang yang sangat penting karena mungkin bisa mengendalikan keinginan berbelanja kamu. Sebelum membeli, tanyakan pada diri sendiri apakah kamu membutuhkan benda ini? Apakah benda ini sangat penting untuk mendukung kegiatanmu? 

Jika jawabannya tidak, kamu bisa berhenti dan tidak perlu melanjutkan belanja. Untuk memudahkan, kamu bisa membuat daftar barang yang dibutuhkan dan tidak. Tentukan anggaran dan belanjalah mengikuti daftar tersebut. 

Apa Harga Barang Tidak Melebihi Anggaran?

Tips Membeli Barang

Hati-hati ketika berbelanja karena jika mengikuti keinginan kamu bisa berbelanja tanpa memikirkan harga. Lebih buruknya lagi, harga barang melebihi dari anggaran belanja bulanan. Jika sudah begitu, harus bagaimana?

Oleh sebab itu, sebelum hal tersebut terjadi, cegah dengan berbagai persiapan. Selain terus mengingatkan diri, belanjalah dengan teliti. Perhatikan harga dan ingat berapa anggarannya dipunya.

Jika harga barang melebihi anggaran, kamu bisa menunda membeli barang tersebut dan menganggarkannya di bulan depan. Ingat, jika anggaran berantakan, keuanganmu juga bisa menjadi kacau.

Apa Bisa Didapat dengan Harga Lebih Murah?

Tips Membeli Barang

Belanja online biasanya menyediakan banyak pilihan. Tidak hanya promo, tapi juga barang. Ada banyak barang serupa, tapi dengan harga yang berbeda. Jadi, jangan langsung membeli, carilah terlebih dahulu pilihan lain yang lebih menguntungkan. Jika bisa membeli lebih murah, kenapa harus beli yang mahal?

Bukan hanya harga yang lebih murah, tapi cari juga yang memiliki kualitas lebih baik dengan harga yang sesuai. Bisa juga, cari toko yang memberikan promo menarik, seperti gratis ongkos kirim atau potongan harga. Meskipun terlihat tidak terlalu signifikan, potongan beberapa puluh ribu bisa meringankan pengeluaran.

Apakah Kamu Sudah Memiliki Barang yang Sama?

Tips Membeli Barang

Pertanyaan berikutnya untuk tips membeli barang ini tidak boleh dilewatkan. Jangan lupa bertanya pada diri sendiri, apakah kamu sudah memiliki barang yang sama? Jika sudah ada, untuk apa menumpuk barang dengan fungsi yang sama?

Meski model, kualitas, atau harga berbeda, jika sudah ada barang yang dimiliki, pembelian berikutnya bisa terasa sia-sia. Belum tentu pula, kamu bisa menggunakan keduanya dengan maksimal. Jadi, hindari belanja barang yang sama meskipun kamu belanja online dengan harga murah. 

Seberapa Sering Kamu akan Memakainya?

Tips Membeli Barang

Seberapa sering kamu menggunakan suatu benda bisa menunjukkan seberapa penting atau dibutuhkannya benda tersebut. Jadi, jika tergiur belanja, coba tanyakan terlebih dahulu, apakah barang akan sering kamu pakai? Atau hanya sesekali dan tidak terlalu berguna?

Jika jawabannya tidak terlalu sering atau bahkan tidak sama sekali, untuk apa dibeli? Kalau pun dibeli, benda tersebut mungkin hanya akan memenuhi tempat di rumah. Akan lebih baik, manfaatkan apa yang sudah kamu punya sehingga tidak ada pembelian yang tidak sia-sia.

 

========

Pertimbangkan dengan baik setiap pembelian. Dengan begitu, pengeluaran bisa lebih terkendali dan benda yang dibeli pun bisa benar-benar membeli manfaat. 

Jangan lupa bertanya pada diri sendiri agar kamu bisa belanja lebih cermat.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *