Kenapa di Bulan Puasa Lebih Boros? Ini Tips Keuangan untuk Kamu!

Hindari kebocoran dalam keuanganmu dengan langkah ini!
Tips Keuangan

Apakah kamu termasuk salah satu yang merasa pengeluaran menjadi lebih banyak saat bulan puasa? Kamu mungkin memerlukan tips keuangan khusus untuk bulan Ramadan.

Sebelumnya, kamu bisa membuat catatan sederhana untuk menganalisa pengeluaran terbesarmu di bulan puasa. Selain itu, catat juga pengeluaran kecil, seperti jajan atau beli hadiah.

Setelah mengetahui pengeluaran harian di bulan puasa, kamu bisa mengelola dan membagi uang dengan lebih teliti. Bulan puasa baru berjalan, kamu masih punya waktu untuk merapikan keuanganmu. 

Rencanakan Menu Makanan Selama Bulan Puasa

Tips Keuangan

Cara mudah mengatur keuangan di bulan Ramadan ialah dengan merencanakan lebih awal menu makanan, termasuk untuk berbuka dan santapan sahur. Minimal, kamu bisa menyiapkan bahan-bahan utama, seperti telur, mie, atau sosis.

Seandainya, kamu tidak tahu mau masak apa, kamu bisa membuat makanan dari bahan utama yang disiapkan. Tips ini bisa membuat keuanganmu lebih aman selama bulan puasa.

Kenapa begitu? Karena kamu tidak perlu lagi membeli makanan di luar ketika tidak ada makanan. Selain itu, cara ini lebih efisien dan tidak memerlukan banyak waktu dibanding harus pesan dan menunggu diantarkan.

Belanja Kebutuhan untuk Satu Bulan

Tips Keuangan

Cara ini bisa digunakan untuk mengatur keuangan bulanan kamu. Seperti halnya merencanakan menu makanan, kamu bisa mendata kebutuhan selama satu bulan puasa lalu membelinya lebih awal.

Belilah kebutuhan tersebut untuk persiapan satu bulan sehingga kamu tidak perlu lagi membeli ketika bulan puasa sudah berjalan. Selain stok di pasaran yang bisa saja menipis, harga juga bisa lebih mahal.

Di masa karantina ini, membeli kebutuhan untuk satu bulan juga lebih dianjurkan. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi frekuensi berbelanja keluar. Sementara untuk kebutuhan bahan masakan segar, seperti sayur dan buah, kamu bisa membelinya selama satu minggu sekali.

Minimalkan Beli Makanan di Luar

Tips Keuangan

Tips keuangan ini cocok untuk anak muda atau pasangan suami istri muda, nih. Apalagi di tengah masa karantina seperti sekarang, orang-orang mungkin sudah mulai bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Namun, di sisi lain, seringnya membeli makanan di luar bisa membuat pengeluaranmu membengkak. Jadilah kamu bisa boros beli makanan walau bisa saja kamu tidak menyadarinya. 

Hindari kebiasaan ini dengan mencoba berbagai menu baru dan rencanakan menu tersebut sejak awal. Jika pun kamu ingin membeli makanan di luar, kurangi frekuensinya sehingga keuanganmu tidak terlalu terbebani. 

Tidak “Balas Dendam” saat Buka Puasa

Tips Keuangan

Sering kali saat berbuka kita menyiapkan banyak makanan tanpa menyadari bahwa perut kita belum tentu bisa menyantap semuanya. Makanan bisa mubazir dan uang pun habis dengan percuma. 

Apakah kamu salah satunya? Jika iya, cobalah menghilangkan kebiasaan ini. Berbukalah secukupnya dan pilihlah makanan manis dan mengenyangkan agar kamu tidak terus-terus tergoda untuk mencoba makanan lain.

Cara ini bisa kamu gunakan untuk mengatur keuangan agar tidak boros. Tidak boros makanan juga keuangan. Berbuka dan sahur bisa sesuai porsi tubuh dan tentu lebih menyehatkan.

Tips Mengatur Keuangan: Hindari Belanja di Siang Hari

Tips Keuangan

Tips keuangan berikutnya bisa digunakan untuk kamu yang senang belanja online, nih. Meski bersantai sambil melihat barang promo itu menyenangkan, kamu bisa saja tergoda untuk terus berbelanja. 

Apalagi dalam keadaan berpuasa, kondisi tubuh sedang lapar, kamu bisa saja semakin impulsif untuk membeli banyak barang. Tanpa disadari kamu bisa melakukan pengeluaran lebih banyak daripada biasanya.

Oleh sebab itu, selama bulan puasa ini cobalah untuk keluar dari akun media sosialmu agar tidak perlu melihat iklan-iklan promo Ramadan. Sibukkan diri dengan membaca kitab suci atau memperbanyak ibadah.

Jika memang ada yang perlu dibeli, bisa membuat daftar lalu berbelanja hanya untuk kebutuhan tersebut. Jangan habiskan waktu untuk berlama-lama di toko belanja online atau akun media sosial toko langganan kamu, jika tidak kamu bisa terpancing untuk berbelanja. 

Hindari Kebiasaan Mengganti yang Baru

Tips Keuangan

Salah satu tradisi menjelang Lebaran ialah membeli baju baru atau menata ulang rumah dengan sesuatu yang baru. Tradisi ini bisa kamu tinggalkan Lebaran kali ini, nih. 

Selain karena kamu dan keluarga mungkin tidak akan bisa saling mengunjungi, tradisi ini membuat kamu menjadi boros. Baju dan benda lain jika masih banyak yang bagus, tidak perlu memaksakan diri membeli yang baru.

Lagi pula, kita sepakat hakikat Lebaran bukan terletak pada pakaian yang dikenakan, bukan? Jadi, gunakan saja baru terbaru kamu dan rayakan Lebaran dengan suka cita.

Dengan begitu, THR dan keuangan bulananmu bisa selamat dengan tips keuangan ini!

 

————————–

INah, bagaimana puasa kamu? Jika puasa kamu tidak ada yang bolong, usahakan keuanganmu juga tidak bolong-bolong, ya!

Selamat berpuasa!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *