Apa Saja Tips Keuangan yang Bisa Kamu Contek dari Drama Hits Itaewon Class?

Ada tips keuangan yang bisa kamu pelajari!
Tips Keuangan

Ternyata tips keuangan bisa kamu temukan di banyak media, termasuk serial drama dari Korea Selatan. Buat kamu yang punya hobi nonton mungkin sudah tidak asing lagi dengan drama Itaewon Class. 

Drama ini mungkin sudah selesai masa tayangnya di Korea Selatan, tapi alur ceritanya masih bisa terus dibicarakan. Salah satunya, bagaimana karakter utama dalam cerita ini, Park Saeroyi mengelola uangnya.

Jika teliti, kamu bisa mendapat tips keuangan dari karakter dan cerita drama tersebut yang berguna untuk mengelola uangmu, lho. Nah, agar kamu tidak perlu ribet mengulang dramanya, ini rangkuman tips keuangan yang bisa kamu pelajari!

Pastikan Kamu Menabung!

Tips Keuangan

Menabung merupakan tips keuangan penting dari zaman dulu hingga sekarang. Namun, jika sebelumnya kamu belum merasakan pentingnya menabung, setelah menonton drama ini kamu mungkin bisa lebih bersemangat menyimpan uang. 

Seperti tokoh utama, Park Saeroyi yang lebih memilih menabung uangnya agar bisa membeli sebuah gedung dan membangun pub demi mengalahkan Jangga Company. Kamu juga bisa menabung demi mewujudkan impian yang kamu tetapkan sendiri.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, memiliki uang cadangan menjadi sangat penting agar bisa bertahan jika situasi ekonomi memburuk. Apakah sekarang kamu menyesal karena tidak rajin menabung sejak dulu? 

Tips Keuangan Keluarga: Siapkan Asuransi

Tips Keuangan

Salah satu tips keuangan untuk milenial yang tidak kalah penting ialah menyiapkan asuransi. Asuransi tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga berkaitan dengan keluarga dan masa depan anak-anakmu kelak.

Park Saeroyi bisa bertahan setelah ayahnya meninggal, salah satunya karena asuransi yang ditinggalkan oleh ayahnya. Kamu yang sudah atau berencana berkeluarga perlu memikirkan asuransi ini dengan matang.

Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi, asuransi membantu kamu setidaknya memastikan anak dan keluarga masih bisa memiliki pendidikan dan kehidupan yang layak jika kamu tidak ada.

Tentukan Tujuan Keuangan Jangka Panjang

Tips Keuangan

Park Saeroyi sudah merencanakan masa depannya sejak dia masih berusia 17 tahun. Dia tahu apa yang ingin dicapainya dan bagaimana pelan-pelan mewujudkannya. 

Nah, kalau kamu sudah tahu belum apa tujuan keuangan jangka panjangmu? Masih belum terlambat untuk memikirkan dan memulainya. Usia berapa kamu sudah harus memiliki rumah dan berapa banyak aset yang ingin dimiliki, kamu bisa merencanakannya dari sekarang.

Jika tidak yakin dengan tujuan keuangan jangka panjang yang ingin diwujudkan, setidaknya tetap pastikan kamu mengelola uang dengan bijak dan lakukan persiapan untuk hari tuas. 

Tips Keuangan Anak Muda: Investasi!

Tips Keuangan

Tujuan keuanganmu di masa depan mungkin membutuhkan dana yang besar dan dengan penghasilan yang sekarang membuatmu sulit untuk mencapainya dengan cepat. Jangan sedih, belajarlah investasi dari sekarang. 

Itulah yang dilakukan Park Saeroyi. Karena tujuannya besar dan dengan keadaannya yang sekarang, dia sadar akan sulit untuk mewujudkan rencana jangka panjangnya.

Dia membeli sejumlah saham dan dalam delapan tahun nilai saham tersebut bisa menjadikan dia memiliki dana yang cukup besar. Jadi, belajar investasi tidak membuat kamu rugi justru untung.

Investasi sendiri memiliki risiko dan investasi saham memiliki risiko yang cukup tinggi. Namun, jika kamu mempelajari produk dan pilihan investasimu dengan baik, kamu mungkin bisa meminimalkan kerugian dan memaksimalkan keuntungan.

Konsultasi dengan Ahli Keuangan

Tips Keuangan

Dalam mengambil keputusan finansial, Park Saeroyi tidak sendiri. Dia dibantu oleh temannya yang juga konsultan keuangan dan manajer investasi, yakni Lee Ho-Jin. Temannya ini memiliki peran penting terkait keputusan finansial yang diambil oleh Park Saeroyi. 

Park Saeroyi mengikuti setiap saran dan nasihat dari temannya itu karena dia sadar dia tidak ahli membaca keadaan ekonomi. Berkat bantuan temannya ini, Park Saeroyi bisa mengambil keputusan yang tepat untuk setiap krisis yang dihadapinya.

Kamu juga mungkin memerlukan bantuan konsultan keuangan terlebih jika kamu tidak tahu langkah apa yang harus diambil terkait uangmu. Perencana keuangan akan memberi saran, mengarahkan, dan memberikan jalan untuk membantu mewujudkan keinginanmu.

Harus Fokus dan Sabar dalam Mencapai Tujuan

Tips Keuangan

Jika memiliki tujuan di masa depan, apa pun itu, kamu perlu paham bahwa mewujudkannya barangkali tidak akan mudah dan dalam waktu singkat. Seperti Park Saeroyi yang merencanakan masa depannya sejak dia masih SMA, dia baru berhasil mewujudkan impiannya setelah bertahun-tahun.

Meski begitu, dia tidak mundur dan putus asa atau menyerah pada keinginannya. Dia terus maju dan menghadapi setiap masalah yang menghadangnya. Walaupun masalah kamu mungkin tidak akan seperti di drama, kamu akan tetap menemui masalah. 

Oleh sebab itu, kamu perlu menyiapkan mental dan keberanian agar tidak menyerah sekalipun ada banyak masalah yang harus dihadapi.

 

 

Masih bingung mau mulai memperbaiki keuanganmu dari mana? Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada baiknya kamu merapikan cara mengatur keuangan bulanan.

Pisahkan uang untuk ditabung dan mempelajari mengenai investasi. Nah, jika sudah punya uang dan ilmunya, kamu bisa memulai menginvestasikan uangmu. Bertanya pada konsultan keuangan juga bisa menjadi cara agar tidak salah langkah!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *