Tips Keuangan Buat Anak Muda yang Baru Pertama Kerja

Buat kamu yang baru pertama kerja, pasti masih sulit mengatur keuangan. Tidak heran sih, saat kamu baru merasakan punya uang sendiri, pasti kamu ingin menghabiskannya untuk hal-hal yang sudah lama kamu impikan.

Tapi ingat, hidup kamu masih panjang! Jangan karena kamu masih muda, kamu merasa mengatur keuangan lebih baik dilakukan saat kamu punya gaji yang lebih tinggi. Ini adalah pemikiran yang salah.

Malah, mengatur keuangan sedini mungkin sangat penting untuk dilakukan supaya masa tuamu tidak sengsara. Untuk membantu kamu, simak delapan hal terpenting yang harus kamu ketahui supaya kamu bisa mewujudkan masa depan yang nyaman dan sejahtera!

Pintar-pintar Mengontrol Diri

Pertama, kamu harus membedakan kebutuhan dan keinginan. Pasti ada banyak hal yang tidak penting yang kamu beli hanya karena termakan promo atau diskon. Sebelum kamu membeli, lebih baik pikirkan dulu apakah kamu akan sering menggunakan barang tersebut ke depannya.

Jangan terlalu bergantung juga pada kartu kredit, tidak peduli apakah kamu bisa membayar tagihannya di akhir bulan atau tidak. Kalau misalnya ada hal yang kamu inginkan tapi tidak mendadak, lebih baik menabung sampai uang kamu cukup daripada harus membayar bunga setiap bulan.

Pelajari Tentang Keuangan

Kalau kamu tidak belajar mengelola uang sendiri, orang lain mungkin bisa menyalahgunakannya. Beberapa dari orang-orang ini mungkin memiliki niat buruk, seperti perencana keuangan berbasis komisi yang tidak bermoral. 

Daripada mengandalkan saran orang lain, cobalah bekali dirimu terlebih dahulu dengan membaca beberapa buku pengetahuan tentang keuangan pribadi. Setelah kamu paham bagaimana caranya mengatur keuangan kamu, jangan sampai tergiur oleh penasihat keuangan yang menjanjikan keuntungan banyak secara instan.

Perhatikan Pengeluaranmu Tiap Bulan

Setelah membaca beberapa buku keuangan, kamu akan menyadari betapa pentingnya memastikan pengeluaran tidak melebihi penghasilan. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan membuat anggaran. 

Misalnya, coba perhatikan pengeluaran untuk membeli secangkir kopi setiap hari. Kamu akan menyadari bahwa membuat perubahan kecil saja bisa memiliki dampak yang sama besar pada situasi keuangan kamu seperti halnya kenaikan gaji.

Selain itu, menjaga pengeluaran bulanan rutin serendah mungkin juga akan menghemat banyak uang untuk ke depannya. Kalau sekarang kamu tidak menyewa apartemen mewah, mungkin kamu bisa menyicil rumah yang bagus dalam beberapa tahun.

[Baca juga: Tips Hemat Pengeluaran dengan 5 Langkah Ini]

Siapkan Dana Darurat

Memiliki uang dalam tabungan untuk digunakan dalam keadaan darurat bisa menghindarimu dari masalah finansial dan pastinya hatimu akan lebih tenang juga. Tidak peduli berapa besar penghasilanmu, pastikan untuk menyisihkan sebagian uang untuk dana darurat.

Jangan hanya menyimpan uang ini di tabungan biasa, simpan di rekening tabungan online berbunga tinggi, reksa dana atau bahkan logam mulia. Kalau tidak, inflasi akan mengikis nilai tabungan yang kamu simpan.

[Baca juga: Apa Itu Dana Darurat & Seberapa Penting Menyiapkannya?]

Mulai Menabung untuk Hari Pensiun

Persiapkan dana untuk masa pensiun dari jauh-jauh hari. Semakin cepat kamu menyimpan uangmu, semakin besar juga keuntungan yang kamu dapatkan untuk hari tua. Dengan begini, nantinya kamu bisa menganggap bekerja adalah sebuah pilihan dibanding keharusan.

Program pensiun yang disponsori perusahaan adalah pilihan yang sangat baik karena penghitungannya sudah diatur perusahaan atau lembaga pengelola. Biasanya, ada manfaat juga yang dapat kamu terima seperti asuransi kesehatan.

Pelajari Tentang Pajak

Penting untuk memahami penghitungan pajak penghasilan bahkan sebelum kamu mendapat gaji pertama. Ketika sebuah perusahaan menawarkan gaji awal, kamu perlu tahu bagaimana menghitung apakah jumlahnya akan memenuhi kebutuhan finansial setelah dipotong pajak. 

Saat pertama bernegosiasi, pastikan apakah gaji yang diterima sudah bersih setelah dipotong pajak, dana pensiun, dan iuran lain yang mungkin ada. Kalau kamu tidak bertanya, bisa-bisa saat gajian kamu tidak melihat jumlah yang sama dengan yang dijanjikan.

Jaga Kesehatan

Memiliki asuransi kesehatan penting untuk berjaga-jaga kalau terjadi sesuatu pada diri kamu. Meskipun kita semua pasti berharap kalau kita akan sehat-sehat saja, tapi kamu tidak akan pernah tahu kalau suatu hari kamu terserang penyakit atau kecelakaan.

Tidak usah mengikuti program asuransi perusahaan yang mahal. Kamu bisa mengikuti program asuransi kesehatan pemerintah atau BPJS Kesehatan yang iuran per bulannya tidak terlalu berat. Biasanya perusahaan juga akan membantu kamu menanggung biayanya. 

Tapi yang terpenting, jangan malas menjaga kesehatan dengan berolahraga dan makan makanan bergizi, ya!

Investasikan Uangmu

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jangan simpan uangmu hanya di rekening tabungan biasa. Perkaya asetmu lewat investasi emas batangan, saham, atau reksa dana. Saat pertama kali berinvestasi, mulai saja dengan jumlah kecil terlebih dahulu.

Bagi pemula, mulailah dengan investasi safe haven yang berisiko rendah. Investasi ini adalah investasi yang nilainya akan terus naik. Tentu saja, kamu tidak bisa mengharapkan keuntungan dalam satu atau dua tahun saja, manfaat yang didapatkan lebih untuk jangka panjang.

 

Mengurus keuangan bukan hal yang rumit, kok. Mulai dari hal yang kecil dahulu, dan jadikan kebiasaan yang baik. Dirimu di masa depan pasti akan berterima kasih pada dirimu yang sekarang!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *