3 Tips Jual Emas Jelang Bulan Puasa dan Hari Raya

Mau jual emas?
Tips Jual Emas

Sudah berencana untuk menjual emas? Jika begitu, berarti kamu membutuhkan tips jual emas berikut ini. Sudah menjadi hal yang umum jika banyak di antara kamu menjual emas menjelang puasa atau ketika mendekati hari raya. Alasannya tentu karena menjelang puasa dan hari raya akan banyak pengeluaran.

Nah, daripada berhutang atau kebingungan mencari uang, lebih baik menjual emas yang kamu punya, bukan? Lalu, bagaimana sebaiknya menjual emas ketika menjelang puasa atau hari raya? Sederhana saja, ikuti 3 tips jual emas berikut ini.

1. Pantau Harga dari Awal Bulan

Tips Jual Emas

Harga emas berubah setiap harinya. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu pantau setiap hari, terutama ketika kamu memang sudah berniat untuk menjualnya. Katakanlah kamu ingin menjual emas mendekati hari raya yang biasanya pengeluaran sedang banyak-banyaknya. Untuk itu, kamu sudah harus memantau harga emas sedari sekarang.

Kapan pun kamu merasa harga emas lebih rendah dari hari-hari sebelumnya, segera jual emas tersebut. Kemudian, uang tersebut kamu simpan hingga saat dibutuhkan. Jangan langsung digunakan, ya karena nanti menjelang hari raya uang tersebut bisa sudah habis. [Baca: Jual Emas? Perhatikan 4 Hal Ini Terlebih Dahulu ]

2. Jual di Tempat Terpercaya

Tips Jual Emas

Ketika akan menjual emas, kamu bisa membandingkan harga di beberapa tempat. Namun, yang pasti pilih yang terpercaya. Sebelumnya, pastikan kamu membeli emas asli bersertifikat. Dengan begini, kamu bisa dengan mudah menjualnya kembali dan mendapatkan harga buyback yang cukup baik. Misalnya saja, jika membeli emas ANTAM, kamu bisa menjual kembali ke ANTAM, Butik ANTAM, Gerai ANTAM, Pegadaian, atau ORORI. [Baca: Mau Gadai Emas? Ini dia Tipsnya! ]

3. Jual Emas Sesuai dengan Jumlah Uang yang Dibutuhkan

Tips Jual Emas

Tips jual emas yang satu ini penting untuk diperhatikan, nih. Pertama, karena membeli emas batangan tentu bukan hal yang mudah karena emas batangan pun bukan barang murah. Kedua, karena dengan menjual belum tentu kamu bisa membelinya kembali dalam waktu cepat. Oleh sebab itu, usahakan jual emas sesuai dengan perkiraan jumlah uang yang kamu butuhkan saja. [Baca: Gadai atau Jual Emas, Mana yang Lebih Baik Saat Butuh Dana Mendesak? ]

Jadi, jangan jual semua emas milikmu. Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki emas batangan dalam ukuran gram kecil. Selain mudah untuk dijual, dengan gram kecil kamu bisa lebih mudah menyesuaikan nilai emas dengan jumlah uang yang dibutuhkan. Misal, uang yang kamu butuhkan setara dengan emas batangan berukuran 5 gram. Tentu saja, menjual emas fisik satuan 5 gram lebih efektif daripada harus menjual emas yang berukuran 10 atau 25 gram.

 

==========

Setelah emas terjual dan masa lebaran lewat, jangan lupa untuk mengganti emas yang sudah kamu jual. Hal ini karena bagaimana pun emas tersebut bagian dari tujuan investasimu di masa depan. Jika kamu tidak membelinya lagi, kamu bisa lebih lama mencapai tujuan yang sudah kamu buat. Oleh sebab itu, pastikan untuk membelinya lagi, ya.

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Jika membeli sekaligus terlalu berat, kamu bisa membeli emas dalam nominal kecil. Salah satu tempat yang memungkinkan kamu untuk membeli emas dalam nominal kecil ialah di aplikasi e-mas. Aplikasi e-mas sendiri merupakan aplikasi jual beli emas online yang memungkinkan kamu membeli emas mulai dari Rp10.000,-an.

Emas yang kamu beli akan dititipkan secara otomatis di aplikasi. Kamu bisa mengambil emas secara fisik saat sudah mencapai berat yang tersedia di pasaran. Bisa juga, kamu jual ketika membutuhkan dana tunai, seperti saat menjelang puasa atau hari raya ini.

Selain itu, sekalipun kamu menjual emas untuk mencukupi kebutuhan puasa dan hari raya, selalu ingat untuk tidak menghamburkan uang. Jangan membeli barang yang tidak kamu butuhkan dan gunakan uang dengan bijak. Selamat menyambut bulan suci!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *