Mau Buka Usaha Setelah Pensiun? Ini Tips untuk Kamu!

Tidak ada kata terlambat!
Usaha Setelah Pensiun

Buka usaha setelah pensiun? Kenapa tidak! Siapa bilang ketika pensiun karirmu selesai? Pensiun bukan berarti kamu juga berhenti berkarya. Meski sudah tidak lagi bekerja kantoran, kamu bisa memulai tahap baru dalam hidup dengan membuka usaha setelah pensiun! 

Ada banyak kegiatan setelah pensiun yang bisa direncanakan. Namun, jika kamu ingin tetap bekerja seperti sebelumnya dan menghasilkan uang, buka usaha sendiri mungkin salah satu pilihan yang bisa dicoba.

Lagi pula, bisnis setelah pensiun bukan hal yang asing dilakukan. Banyak tokoh dunia yang sudah membuktikan usia tua bukan halangan untuk meraih kesuksesan. Jadi, selama kamu punya keinginan dan perencanaan yang matang pasti bisa mewujudkannya!

Nah, dari mana kamu perlu memulai? Simak tips berikut ini! 

Kumpulkan Dana dari Sekarang

Usaha Setelah Pensiun

Jika sudah ada rencana membuka usaha setelah pensiun, ada baiknya kamu siapkan dari sekarang. Kenapa begitu? Karena berbisnis tentu membutuhkan modal dan pengetahuan, menyiapkannya dari sekarang merupakan langkah awal untuk mencapai keberhasilan.

Jadi, apa yang perlu disiapkan untuk membuka usaha setelah berhenti bekerja? Pertama, tentunya dana untuk menjalankan bisnis tersebut. Menyiapkan dana khusus untuk bisnis merupakan salah satu cara agar dana pensiun kamu tidak terganggu.

Selain itu, tentunya agar tidak mengganggu keuanganmu secara keseluruhan. Modal untuk usaha kamu bisa besar atau kecil, tapi jika menggunakan dana pensiun, keuangan hari tua bisa berantakan.

Dana pensiun tidak ideal digunakan karena jika bisnis milikmu gagal, uang tersebut tidak bisa kembali. Setelah itu, hari tua dan pensiun bisa menjadi tidak menentu. Untuk menghindarinya, siapkan modal untuk bisnis secara terpisah mulai dari sekarang.

Tidak perlu besar, yang terpenting kamu pisahkan secara rutin sebagai persiapan untuk membuka usaha setelah pensiun.

Lakukan Sesuatu yang Disuka

Usaha Setelah Pensiun

Ingin berbisnis, tapi tidak tahu apa yang mau dilakukan? Tenang, bukan hanya kamu yang mengalami kendala seperti itu. Banyak orang memiliki pertanyaan yang sama dan jika tidak menemukan jawabannya, kamu mungkin tidak bisa melanjutkan rencana tersebut.

Agar tidak hanya menjadi rencana, mulailah cari ide bisnis dari sekarang. Selain itu, ide bisnis termudah yang bisa dilakukan ialah mulai dari apa yang kamu suka dan pahami. Kamu bisa mulai dari hobi yang sering dilakukan atau apa yang menarik untukmu.

Misal, jika hobi memasak, kamu bisa mulai membuat menu sendiri dan menjualnya. Memulai dari yang disuka, akan membuat langkah usaha kamu lebih ringan. Selain sudah tahu apa yang perlu dikerjakan, kamu juga bisa lebih semangat dalam mengembangkannya.

Mulai Usaha Lebih Dini

Usaha Setelah Pensiun

Meski niat kamu membuka usaha setelah pensiun, bukan berarti kamu baru benar-benar memulainya ketika sudah pensiun. Memang kamu bisa membukanya setelah berhenti bekerja, tapi akan lebih baik jika kamu memulai bisnis beberapa tahun sebelumnya.

Kamu bisa memulai dari sekarang atau ketika modal sudah terkumpul walaupun masih bekerja. Hal ini karena bisnis membutuhkan waktu untuk berkembang. Memulainya dari sekarang akan membuat usaha lebih stabil dari sisi keuntungan dan operasional saat kamu pensiun kelak.

Dengan begitu, bisnis bisa menjadi kegiatan mengisi masa pensiun sekaligus sumber pendapatan untuk hari tua. Kamu tidak perlu khawatir jika dana pensiun tidak mencukupi karena sudah ada pendapatan tetap dari usaha yang dilakukan.

Hindari Mengambil Pinjaman

Usaha Setelah Pensiun

Memulai bisnis dengan mengambil pinjaman memang tidak dilarang, tapi untuk kamu yang sudah pensiun risiko akan semakin besar. Bisnis yang dijalankan belum tentu akan menghasilkan keuntungan dalam waktu cepat dan dalam jumlah besar.

Mengambil pinjaman hanya akan menambah masalah keuanganmu seandainya bisnis tidak berjalan lancar. Oleh sebab itu, memulai usaha setelah pensiun dengan modal kecil lebih disarankan daripada harus mengambil pinjaman.

Selain itu, cara lain yang bisa ditempuh ialah mengumpulkan modal dari sekarang. Dengan begini, kamu bisa mendapat modal yang cukup ketika pensiun. Jadi, tidak harus berutang dan membebankan keuanganmu.

Perhatikan Risiko Gagal

Usaha Setelah Pensiun

Seperti yang disebutkan, sebuah usaha tidak selalu berjalan seperti yang diharapkan. Entah itu kamu memulainya selagi mudah atau setelah pensiun. Tidak ada jaminan bisnis akan berhasil dan meraih kesuksesan.

Yang bisa dilakukan hanya berusaha sebaik mungkin dan merencanakan langkah bisnis dengan tepat. Selain itu, pilihlah usaha yang tidak memiliki risiko terlalu besar yang bisa disesuaikan dengan kemampuan finansialmu.

Karena itu juga, dianjurkan memilih usaha yang memang kamu pahami dan sukai. Jadi, kamu bisa memulai dengan langkah kecil dari sekarang dengan modal yang tidak terlalu besar. Kemudian, mengembangkannya hingga kamu pensiun.

Ubah Pola Pikir

Usaha Setelah Pensiun

Membuka usaha setelah pensiun, selain membutuhkan dana juga membutuhkan tekad yang kuat. Memulainya dari muda juga memerlukan kesungguhan. Namun, untuk kamu yang sudah pensiun akan dihantui dengan pikiran-pikiran, seperti sudah tidak produktif, tenaga tidak sekuat dulu, atau tubuh mulai dihinggapi penyakit.

Mungkin tidak sedikit juga berpandangan, kamu sudah tidak sekreatif dulu dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengembangkan usaha. Semua pikiran dan komentar seperti itu harus kamu lawan dengan pola pikir yang tepat dan tekad yang kuat.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai dan meski ada keterbatasan, bukan berarti kamu tidak bisa meraih kesuksesan. Orang-orang sebelumnya sudah banyak yang membuktikan. Seperti Harland David Sanders atau yang lebih dikenal dengan sebutan Colonel Sanders mendirikan usahanya Kentucky Fried Chicken (KFC) di usia 65 tahun.

Jadi, bukan tidak mungkin kamu juga bisa melakukannya.

Minta Bantuan Keluarga

Usaha Setelah Pensiun

Saat usia mulai lanjut tentu akan menghadapi banyak kendala. Nah, untuk mengatasinya, selain terus belajar, kamu juga bisa meminta bantuan keluarga, seperti anak-anak atau saudara.

Mereka yang lebih mudah tentu bisa memberi saran yang kekinian sehingga proses usaha bisa lebih mudah. Bukan tidak mungkin bisnis yang kamu mulai akan dilanjutkan oleh anakmu. Jadi, melibatkan mereka bisa menjadi awal untuk langkah mereka di masa depan.

=========

Jadi, siapa punya rencana buka usaha setelah pensiun? Jangan lupa, rencanakan langkahmu dari sekarang!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *