Tips Berhemat dengan Teori Buyerarchy Ini Patut Kamu Coba

Mau lebih berhemat? Teori ini bisa membantu!
Tips Berhemat

Ingin berhemat, tapi yang ada kamu justru terus beli ini dan itu? Tips berhemat ini bisa kamu gunakan sekarang sebagai cara baru untuk menghemat uang, terutama dalam hal berbelanja. 

Teori The Buyerarchy of Needs diperkenalkan oleh seorang illustrator Kanada, Sarah Lazarovic yang menempatkan “membeli” sebagai pilihan terakhir setelah berbagai cara lainnya dicoba.

Tujuan utama dari hierarki ini adalah menghemat uang dan menyimpannya untuk pembelian di masa depan karena tidak ada opsi lain selain membeli barang atau jasa yang dibutuhkan.

Nah, cara lain apa saja yang bisa kamu coba sebelum memutuskan untuk membeli berdasarkan teori ini?

Gunakan Apa yang Kamu Punya

Tips Berhemat

Sering kali ketika membutuhkan sesuatu kita langsung berpikir untuk membeli barang tersebut. Terkadang, kita menggunakan uang anggaran belanja bulanan atau menganggarkannya untuk bulan depan.

Padahal, sebelum membeli sebuah barang, ada cara lain yang bisa kamu tempuh. Level pertama di hierarki ini sebagai tips berhemat uang bulananmu ialah dengan memanfaatkan barang yang sudah dimiliki.

Tanpa kamu sadari, satu barang bisa saja dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli atau menganggarkan uang belanja bulanan, cobalah lihat kembali barang apa saja yang ada di rumah yang bisa saja kamu manfaatkan untuk kebutuhan saat itu. 

Pinjam Barang yang Dibutuhkan

Tips Berhemat

Jika ternyata barang yang kamu punya di rumah tidak bisa menggantikan fungsi yang diinginkan, jangan langsung membeli barang baru. Cara berhemat dan menabung berikutnya dari teori ini ialah meminjam barang yang kamu butuhkan pada orang lain. 

Jangan berpikir meminjam barang sebagai hal yang memalukan. Pinjam barang lebih efektif untuk menghemat uang apalagi jika barang tersebut hanya kamu gunakan sekali atau dua kali.

Jaga dan gunakan barang tersebut dengan baik lalu kembalikan tepat waktu. Kamu bisa meminjam barang pada keluarga dekat, tetangga, teman, atau saat ini juga sudah ada aplikasi atau situs pinjam barang online yang bisa dimanfaatkan. Berhemat bisa lebih mudah, bukan?

Tukar Barang Milikmu

Tips Berhemat

Tips berhemat dengan kedua cara di atas mungkin sudah terpikir olehmu saat berhemat. Namun, cara ini bisa saja terdengar asing, yakni menukar barang milikmu dengan barang orang lain yang dibutuhkan.

Walau tidak biasa, cara ini bisa kamu gunakan, lho dan yang pasti tips ini bisa menjadi cara menghemat uang gaji yang ampuh. Kamu bisa menukar barang milikmu yang masih bagus keadaannya, tapi tidak terlalu kamu butuhkan dengan barang orang lain yang memang kamu perlukan.

Kamu pastinya perlu menemukan orang dan barang yang tepat serta sesuai dengan kebutuhanmu. Meski tidak mudah, tidak ada salahnya mencoba cara ini. Kamu bisa mulai dengan menawari teman atau keluarga dan jika mereka setuju, kamu bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan tanpa mengeluarkan uang.

Beli Barang Bekas

Tips Berhemat

Tips berhemat berikutnya ialah membeli barang bekas dengan kualitas yang masih baik. Saat ini, juga sudah ada situs untuk membeli barang-barang bekas yang layak pakai dengan harga lebih terjangkau. 

Barang yang dijual juga bisa sangat beragam, mulai dari baju, alat-alat dapur, atau bahkan furnitur. Jadi, sebelum membeli barang baru, kamu bisa mencari barang-barang second hand yang masih bagus kualitasnya untuk menghemat uang. 

Meski tidak sebagus yang baru, selama kamu bisa mendapatkan barang yang masih layak pakai dengan keadaan yang baik, cara ini bisa menjadi pilihan agar uang yang dikeluarkan lebih sedikit.

Tips Berhemat Uang dengan Buat Sendiri

Tips Berhemat

Tips berhemat berikutnya ialah dengan membuat sendiri barang yang dibutuhkan. Meski membuat barang juga harus mengeluarkan uang untuk membeli alat dan bahan, cara ini bisa lebih menghemat uang belanjamu. 

Jangan khawatir mengenai kemampuan atau pengalaman yang minim, saat ini sudah tersedia banyak pelatihan, tips dan trik, atau video-video tutorial yang bisa kamu pelajari sebelum membuat barang yang dibutuhkan.

Selama kamu mau mencoba dan belajar, tidak ada yang tidak mungkin! 

Beli Barang Sebagai Pilihan Terakhir

Tips Berhemat

Nah, terakhir, membeli barang yang kamu butuhkan jika semua cara di atas sudah dicoba dan tidak berhasil. Membeli barang juga harus tetap menggunakan prinsip berhemat.

Misalnya, cari barang dengan penawaran harga terbaik, bandingkan harga dan kualitas di beberapa toko, buat daftar belanja, manfaatkan promo, atau diskon yang sedang ada, 

Selain itu, yang terpenting utamakan kebutuhan dan bukannya keinginan saat berbelanja. 

 

===============

Tips di atas bisa juga menjadi tips berhemat saat masa pandemi corona seperti sekarang. Saat pandemi kebutuhan mungkin meningkat, tapi berhemat juga tetap harus dilakukan sebagai persiapan.

Jadi, coba tips berhemat di atas sebelum kamu memutuskan membeli barang!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *