10 Tips Berhemat Saat Belanja Bulanan

Habis gajian, hal yang pasti kamu lakukan adalah belanja untuk kebutuhan bulanan. Belanja bulanan memang tidak salah, tapi jangan sampai kamu kebablasan dan menghabiskan lebih dari yang kamu butuhkan gara-gara lapar mata.

Ada hal yang kamu butuhkan dan hal yang kamu inginkan, jadi kamu harus cermat untuk membedakan keduanya. Jangan sampai ketika kamu menelusuri pusat perbelanjaan, tanpa kamu sadar kamu sudah menghabiskan sebagian besar gajimu.

Nah, supaya kamu bisa menahan hasrat untuk berbelanja hal yang tidak kamu butuhkan, simak beberapa tips belanja hemat ini! 

Buat Daftar Belanja 

Sebelum kamu pergi berbelanja, buatlah daftar berisi semua yang kamu rencanakan untuk beli. Aturannya, kamu tidak diperbolehkan membeli apa pun di luar daftar belanjamu. Ini akan membantu mengurangi sifat impulsif saat belanja kebutuhan bulanan.

Bawa Uang Secukupnya Saja

Jangan menghabiskan uang melebihi dari yang kamu anggarkan. Sebelum pergi belanja, taruh uang tunai secukupnya di dompetmu untuk membeli hal-hal yang sudah kamu rencanakan. Kalau uang tunaimu sudah habis, jangan mengambil uang lebih lagi untuk berbelanja.

Bandingkan Harga Saat Belanja

Jangan buru-buru termakan harga yang tertera di label. Misalnya kamu mau membeli mesin cuci baru, jangan hanya melihat di satu toko saja. Bandingkan dulu di beberapa toko elektronik di daerahmu. Meskipun mesin cucinya sedang promo di tempat itu, belum tentu harganya lebih murah.

[Baca juga: Tips Hemat Pengeluaran dengan 5 Langkah Ini]

Jangan Termakan Tren

Hal ini biasanya terjadi saat kamu membeli pakaian yang trennya silih berganti. Meskipun kelihatannya bagus, belum tentu kamu bisa memakainya sesering itu. Lebih baik, kamu membeli baju dengan model klasik yang bisa kamu padu padankan dengan aksesoris berbeda.

Jangan Belanja Saat Kamu Bosan

Pembelian yang paling tidak penting biasanya terjadi ketika kamu mungkin seharusnya tidak pergi belanja. Kalau kamu dan temanmu sedang bosan, jangan otomatis pergi ke mal. Lebih baik, kamu lakukan hal lain yang tidak memakan banyak biaya seperti nonton film dan masak sendiri di rumah.

Pilih Teman Belanja dengan Bijak

Tidak semua teman belanja akan sama. Beberapa dari mereka bisa jadi senang berbelanja dan senang saat kamu menghabiskan uang karena itu membuat mereka merasa lebih baik. Daripada kamu pergi dengan mereka, carilah teman yang akan memberi pendapat jujur dan tidak akan memaksa kamu untuk membeli sesuatu.

[Baca juga: Bingung Cara Membagi Uang Gaji? Ikuti Aturan Ini!]

Temukan Penawaran Murah Secara Online

Kamu biasanya dapat menemukan penawaran belanja online kalau benar-benar mencari. Dapatkan penawaran dari merek favorit kamu dengan memeriksa situs web mereka. Lebih bagus lagi kalau kamu berlangganan newsletter dari mereka supaya tidak ketinggalan promo.

Jangan Tergoda Diskon

Jujur deh, pasti kamu sering tergoda untuk membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan hanya karena harganya sangat murah. Mau murah atau mahal, tidak ada gunanya mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak akan pernah kamu gunakan. Pikirkan lagi baik-baik sebelum kamu membelinya.

Simpan Bukti Pembelanjaan

Jangan mencopot label pakaian atau mengeluarkan barang baru dari kotaknya sampai kamu siap memakainya. Beri dirimu sendiri kesempatan kalau-kalau kamu berubah pikiran bahkan setelah kamu membeli barang tersebut.

Beli Barang Bekas

Membeli barang bekas lebih ramah lingkungan dan lebih ramah di kantong daripada membeli yang baru. Kunjungi toko barang bekas di kotamu, toko-toko vintage, toko buku bekas dan lainnya. Kamu juga bisa berhemat dengan berbelanja di situs-situs e-commerce yang menjual barang bekas yang terpercaya.

 

Belanja itu tidak salah, kok. Malah, kamu bisa membantu perekonomian negara dengan berbelanja. Tapi jangan keenakan, ingat kalau kamu juga harus menyisihkan uangmu untuk ditabung demi masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *