Jelang New Normal, Ini Tips Belanja di Pusat Perbelanjaan

Sudah siap memasuki new normal?
Tips Belanja

Bagaimana cara berbelanja yang baik di masa transisi ini? Jika kamu ingin mengunjungi mal atau pusat perbelanjaan, tips belanja ini perlu kamu lakukan dalam rangka menjaga badan tetap aman dan bersih dari virus atau kuman lainnya.

Seperti yang diketahui, mal dan pusat perbelanjaan akan beroperasi kembali per Senin (15/6/20) ini. Kamu yang sudah kangen ingin ke sana, harus tetap berhati-hati dan melakukan protokol keamanan saat berada di luar.

Ini tips belanja di mal atau pusat perbelanjaan lainnya untuk kamu!

Tips Belanja Saat New Normal

Tips Belanja

New normal sudah di depan mata. Keadaan ini tampaknya tidak bisa dihindari dan harus dihadapi dengan persiapan yang matang. Termasuk untuk kamu jika ingin bepergian atau sekadar belanja ke mal dan pusat perbelanjaan lainnya.

Agar kamu dan keluarga tetap aman, pastikan kamu memperhatikan saran dan anjuran pemerintah serta melakukan tips belanja di bawah ini. Usahakan juga tidak perlu terlalu sering pergi ke mal atau pusat keramaian lainnya jika tidak ada yang penting sebagai langkah antisipasi.

Buat Daftar Sebelum Belanja

Dulu dan sekarang, berbelanja ke pusat perbelanjaan akan lebih baik jika memiliki daftar belanjaan. Ini juga bisa menjadi tips belanja mingguan kamu. Kenapa? Karena dengan memiliki daftar belanja, kamu bisa berbelanja dengan lebih fokus.

Kamu akan langsung mencari barang yang dibutuhkan dan tidak ada waktu untuk melihat hal lainnya. Dalam hal belanja di era new normal, cara ini bisa membuat kamu tidak berlama-lama di mal. Cukup datang, belanja, lalu pulang. 

Selalu Gunakan Masker

Tips belanja lainnya yang sangat penting ialah gunakan masker. Masker wajib dipakai saat kamu bepergian, ke mana pun itu, termasuk ke mal. Benda ini menjadi alat kamu untuk melawan bahaya virus corona.

Gunakan masker dengan benar dan menutupi hidung dan pilih masker yang memiliki tiga lapis kain agar lebih aman. Kamu juga bisa menggunakan face shield atau pelindung lainnya agar lebih aman dan nyaman saat berbelanja.

Bawa Hand Sanitizer

Rajin mencuci tangan juga menjadi cara kita melawan bahaya virus corona. Namun, jika sedang bepergian, cuci tangan dengan sabun bisa menjadi agak sulit. Jadi, kamu perlu menyiapkan hand sanitizer di tas kamu.

Gunakan sesering mungkin, terutama setelah memegang benda atau barang. Kamu juga bisa menggunakan sarung tangan jika tidak ingin menyentuh langsung berbagai barang. Pastikan kamu melepas sarung tangan dengan benar lalu mencuci tangan.

Bayar dengan Cara Nontunai

Sebelumnya bertransaksi secara cashless juga sudah banyak dilakukan orang lain karena kepraktisannya. Sekarang, kamu bisa menggunakan cara nontunai untuk menghindari adanya kontak dengan orang lain saat berbelanja.

Cara ini dinilai lebih aman karena kamu tidak perlu memberikan atau menerima uang yang bisa saja memiliki virus atau kuman lainnya. Jadi, kamu bisa mengurangi risiko tertular virus saat berbelanja di pusat perbelanjaan.

Tetap Jaga Jarak

Tips belanja berikutnya, pastikan kamu selalu menjaga jarak dengan orang lain. Mal atau pusat perbelanjaan umumnya pasti akan menjalankan protokol ini. Namun, seandainya tidak ada, kamu harus disiplin dengan menjaga jarak saat berbelanja. 

Jaga jarak hingga 2 meter dan hindari berkomunikasi atau mengobrol dengan pengunjung lain. Dengan begini, kamu bisa lebih aman dan terhindari dari bahaya virus corona.

Hindari Toko yang Ramai

Ini juga merupakan tips belanja yang perlu kamu perhatikan. Walau murah dan ada diskon, hindari toko atau tempat yang banyak orang berkumpul di dalamnya. Kamu bisa pergi mencari barang lain sambil menunggu area tersebut lebih sepi. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena mal seharusnya menjalani protokol keamanan dengan memastikan jumlah pengunjung maksimal 35% dari jumlah kunjungan di kondisi normal. 

Hindari Memegang Barang-Barang

Kamu juga perlu ekstra hati-hati saat membeli atau memilih barang. Usahakan sesedikit mungkin menyentuh benda atau area toko. Oleh sebab itu juga, memiliki daftar belanjaan sangat penting.

Kamu hanya akan mengambil barang yang memang ingin kamu beli. Selain itu, ingat untuk membersihkan tangan dengan hand sanitizer atau cuci tangan setelah memegang barang atau berbelanja. 

Ikuti Protokol Pusat Perbelanjaan

Mal dan berbagai pusat perbelanjaan tentunya memiliki ketentuan yang mendukung amannya pengunjung saat berbelanja. Kamu perlu mengikuti protokol ini agar keadaan tertib dan semua orang bisa berbelanja dengan nyaman.

Jadi, jangan abaikan pemakaian masker, hand sanitizer, pengukur suhu, serta aturan jaga jarak saat kamu di mal atau pusat perbelanjaan lainnya.

   

Meski aktivitas di luar sudah berangsur normal, ingat wabah virus corona belum berakhir. Jadi, tetap disiplin menjaga diri dan hindari urusan di luar sebisa mungkin jika tidak mendesak!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *