Kerja Sambil Kuliah? Ini Cara Mengatur Uang Kamu

Atur uang jadi gampang.
Kerja Sambil Kuliah

Kerja sambil kuliah? Kenapa tidak! Sekarang ini, semakin banyak anak muda yang bekerja sambil kuliah. Ada banyak alasan kenapa orang-orang memilih menyelesaikan pendidikan mereka ketika sudah bekerja.

Namun, yang pasti kerja sambil kuliah membutuhkan usaha yang luar biasa. Tenaga, waktu, juga keuangan kamu bisa habis hanya untuk melakukan dua kegiatan tersebut. Dalam hal keuangan, kamu juga perlu menaruh perhatian lebih agar biaya kuliah dan hidup sehari-hari bisa tetap terpenuhi.

Tidak dipungkiri lagi, kuliah membutuhkan modal yang tidak sedikit, belum lagi biaya kuliah sambil kerja. Ada banyak pos pengeluaran dan kebutuhan. Pengelolaan yang tepat diperlukan agar kamu bisa kuliah tanpa masalah dan bekerja tanpa hambatan.

Pengelolaan keuangan yang seperti apa? Seperti di bawah ini.

1. Rapikan Keuanganmu

Kerja Sambil Kuliah

Jika rencana kerja sambil kuliah belum direalisasikan, sebaiknya rapikan terlebih dahulu keuanganmu. Sebaliknya, kalau kamu sudah bekerja dan kuliah, tapi belum pernah merapikan keuangan, ini saat yang tepat.

Merapikan keuangan bisa berarti juga melakukan evaluasi terhadap aset milikmu. Perhitungkan tabungan, utang, dan pengeluaran penting lainnya. Hitung juga tabungan dan jika ada investasi milikmu. Berapa banyak yang harus kamu siapkan dan keluarkan untuk dana kuliah serta cara terbaik untuk mengelolanya.

Datalah pengeluaran yang bisa ditunda, yang wajib dilakukan, dan yang bisa kamu hapuskan. Tentukan prioritas dan bahkan kamu juga bisa membuat rekening khusus yang menyimpan dana kuliah milikmu.

Dengan melakukan evaluasi menyeluruh, kamu bisa mengetahui dengan pasti keadaan keuanganmu. Berapa banyak penghasilan dan pengeluaran, serta kesanggupanmu dalam membiayai kuliah selama beberapa tahun ke depan.

2. Siapkan Anggaran Kuliah Setiap Bulan

Kerja Sambil Kuliah

Cara mengatur keuangan kerja sambil kuliah berikutnya ialah menyiapkan anggaran kuliah. Seperti yang disebutkan, buatlah rekening khusus untuk dana kuliahmu. Kemudian, pisahkan uang setiap bulannya ke rekening tersebut.

Meskipun tidak membayar setiap bulan, menyiapkannya dengan perlahan bisa meringankan beban pengeluaran. Selain itu, biaya kuliah tidak hanya uang SPP, kamu juga membutuhkan uang untuk membiayai keperluan aktivitas kuliah.

Misalnya, transportasi untuk ke kampus, biaya mencetak laporan, membeli buku, atau biaya internet jika ada kuliah online. Pengeluaran seperti ini bisa terencana dan tidak terencana. Untuk yang terencana seperti biaya transportasi bisa dianggarkan dengan perkiraan yang jelas.

Sementara, untuk biaya mencetak laporan atau membeli buku kadang bisa banyak atau sedikit. Karena itu, memiliki tabungan untuk dana kuliah bisa sangat membantu.

3. Kurangi Jajan yang Tidak Perlu

Kerja Sambil Kuliah

Cara mengatur uang hasil kerja untuk kuliah salah satunya hentikan pengeluaran yang tidak penting. Kerja sambil kuliah akan membutuhkan banyak uang dalam periode waktu yang tidak sebentar.

Oleh sebab itu, semua pengeluaran yang menghambat kamu untuk mengumpulkan dana kuliah sebaiknya dihilangkan. Kamu bisa mendata pengeluaran bulanan dan harian lalu eliminasi pengeluaran yang tidak dirasa penting.

Namun, bukan berarti kamu menghilangkan biaya hiburan, seperti bertemu teman. Kamu tetap bisa menganggarkannya, tapi kurangi frekuensi dan serta nilainya. Jika sebelumnya bertemu dan makan di luar semaunya, kini cobalah pesan makanan paket hemat agar sesuai dengan anggaran

4. Buat Prioritas Pengeluaran Setiap Bulan

Kerja Sambil Kuliah

Setiap bulan tentunya ada pengeluaran wajib dan pengeluaran tak terduga. Di antara semua pengeluaran tersebut tentukan prioritas keuanganmu. Dengan begitu, keuangan bisa dikelola dengan lebih maksimal.

Ketika tidak kuliah pun, membuat prioritas tetap perlu dilakukan sehingga tujuan keuanganmu bisa lebih cepat terwujud. Apalagi ketika kamu bekerja sambil kuliah. Dana kuliah bisa jadi menjadi prioritas jika ada tugas yang membutuhkan biaya besar. 

Sebaliknya jika kuliah dan kegiatan sehari-hari tidak ada masalah, kamu bisa memprioritaskan tabungan atau dana darurat. 

Untuk tahu mana yang penting dan tidak serta pos pengeluaran mana yang bisa dihapus, lakukan seleksi pada pengeluaranmu. Tunda atau hentikan pengeluaran yang tidak penting. Kemudian, alokasikan uang lebih banyak untuk pengeluaran yang menjadi prioritas. 

5. Cari Beasiswa

Kerja Sambil Kuliah

Salah satu yang membuat biaya kuliah lebih ringan ialah beasiswa. Meskipun tidak semua orang bisa mendapatkannya, jangan putus asa. Saat ini, ada banyak lembaga yang menyediakan beasiswa dengan nilai yang beragam juga. 

Jika beruntung, kamu bahkan bisa mendapatkan dua beasiswa dari dua lembaga yang berbeda. Keuntungannya tentu bisa meringankan keuanganmu. Kamu tidak perlu khawatir mengenai biaya kuliah dan bisa kuliah gratis. Selain itu, uang beasiswa juga bisa dipakai untuk berbagai keperluan saat menempuh pendidikan. 

Kamu perlu mencari info cara mendapatkan beasiswa dengan serius dan teliti. Bisa mulai dari kantormu sendiri, lho karena ada beberapa perusahaan yang memberikan sedikit dana untuk mendukung pendidikan karyawannya.

Manajemen Waktu Juga Penting

Kerja Sambil Kuliah

Selain mengelola uang, mengelola waktu tidak kalah penting. Efisiensi dalam menggunakan waktu akan menentukan berhasil tidaknya kamu menyelesaikan semua pekerjaan dan tugas kuliah. Ikuti tips berikut ini untuk memudahkan membagi waktu agar tidak ada tugas dan pekerjaan yang terbengkalai.

Buatlah Jadwal Harian

Tugas dan pekerjaan bisa menumpuk dalam hari atau pekan yang sama. Agar kamu tahu mana yang perlu diselesaikan terlebih dahulu, buatlah jadwal harian. Tuliskan semua tugas dan pekerjaan di hari tersebut dan mulai dari yang paling mendesak.

Beri Tahu Perusahaan

Informasikan pada perusahaan tempat bekerja mengenai pendidikan yang kamu tempuh. Perusahaan mungkin tidak bisa membantu banyak, tapi setidaknya ada kelonggaran yang bisa didapatkan jika memang kamu membutuhkan, seperti pulang lebih cepat beberapa kali dalam sepekan.

Jangan Menunda Pekerjaan dan Tugas Kuliah

Sebaiknya jika ada tugas, segera kerjakan dan selesaikan di hari yang sama. Begitu pun dengan pekerjaan di kantor. Dengan begitu, kamu bisa menjalani aktivitas lebih ringan dan tidak stres karena dikejar deadline.

 

=========

Kerja sambil kuliah atau tidak kamu perlu mengatur uang dengan baik. Namun, saat bekerja sambil kuliah kamu perlu ekstra teliti, perlu lebih banyak menyimpan uang, dan berhemat. Tidak perlu takut akan ada masalah keuangan jika kamu sudah menyiapkannya dengan baik.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *