Mau Pinjam Uang Online? Ini 10 Tips Aman untuk Kamu!

Langkah aman saat butuh dana cepat.
Pinjam Uang Online

Pinjam uang online sudah sangat umum saat ini. Kebanyakan orang sudah tidak ragu lagi meminjam uang secara online jika ada kebutuhan. Meski ada berita dan pengalaman buruk dari orang lain, tidak menyurutkan keinginan sebagian orang untuk melakukan pinjaman online.

Pinjam uang online memang memiliki kelebihan yang disukai oleh banyak orang, seperti dana pinjaman online cepat cair dan yang terpenting tidak perlu malu pada orang lain ketika meminjam uang. Namun, bukan berarti, kamu bisa mengabaikan pengalaman buruk orang lain.

Dari pengalaman orang-orang tersebut, kita bisa belajar untuk berhati-hati dan selektif ketika meminjam uang online. Caranya? Pastikan kamu meminjam uang dengan memperhatikan tips aman berikut ini!

Pilih Perusahaan Pinjaman Online yang Resmi

Pinjam Uang Online

Untuk memastikan transaksi pinjam uang online yang kamu lakukan aman, pastikan perusahaan atau aplikasi pinjam uang yang menjadi pilihanmu terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kamu bisa mengecek langsung ke situs OJK untuk mengetahui perusahaan tersebut terdaftar atau tidak. Bisa juga, cek di situs perusahaan pinjaman online tersebut karena yang terdaftar umumnya menyertakan lambang OJK.

Memilih aplikasi pinjam uang yang resmi menjadi langkah penting untuk memastikan tidak ada masalah di kemudian hari. Karena perusahaan yang terdaftar, akan mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, baik cara penagihan, besaran bunga pinjaman, maupun data pribadi pengguna yang boleh diambil.

Pahami Cara Pinjam Uang Online dengan Baik

Pinjam Uang Online

Pinjaman dana cepat merupakan salah satu yang membuat banyak orang tergiur dengan pinjaman online. Namun, untuk memastikan pinjaman aman dan tidak ada masalah, kamu jangan mudah tergoda dengan iming-iming tersebut.

Baca syarat dan ketentuan yang berlaku di perusahaan tersebut dan pahami dengan baik prosedur meminjam uang. Tidak hanya itu, pahami juga ketentuan bunga, pembayaran, dan denda jika telat membayar.

Semua itu perlu kamu ketahui agar kamu bisa memilih perusahaan pinjaman online terpercaya dan terbaik. Selain itu, jika paham dan tahu prosedur yang berlaku, kamu bisa merasa lebih tenang saat meminjam uang.

Pilih Perusahaan Pinjaman Online dengan Bunga Rendah

Pinjam Uang Online

Perusahaan pinjam uang online yang terdaftar tunduk pada ketentuan besaran bunga yang ditetapkan oleh pemerintah, yakni tidak boleh lebih dari 30%. Itu artinya banyak perusahaan yang akan bersaing menawarkan nilai bunga pinjaman paling rendah.

Jadi, sebelum meminjam uang, ada baiknya kamu melakukan perbandingan beberapa perusahaan atau aplikasi pinjaman online. Pilih perusahaan dengan nilai bunga dan denda yang lebih rendah serta sistem keamanan yang lebih terjamin.

Pinjam Sesuai dengan Kebutuhan

Pinjam Uang Online

Meski kamu boleh pinjam uang berapa pun, akan lebih bijak jika kamu pinjam uang sebanyak yang dibutuhkan. Pinjam uang berlebihan akan membebani keuangan dan kamu pun memiliki masa bayar utang yang lebih lama.

Berbulan-bulan hanya fokus membayar utang jelas bukan hal yang menyenangkan, lagi pula akan banyak tujuan dan rencana keuangan yang tertunda. Lebih buruk lagi, jika tidak sanggup membayar, kamu akan menghadapi masalah yang lebih besar.

Catat Tanggal Jatuh Tempo

Pinjam Uang Online

Meski saran ini terdengar sepele, jangan remehkan dampaknya jika kamu lupa membayar utang. Kamu pastinya tidak mau membayar denda dan mengeluarkan uang lebih banyak, bukan?

Oleh sebab itu, catat tanggal jatuh tempo pembayaran pinjaman setiap bulannya. Kamu bisa membuat pengingat di ponsel atau catat manual di kalender. Dengan begitu, kamu tidak akan telat membayar pinjaman.

Pisahkan Uang Setiap Bulan untuk Membayar Pinjaman

Pinjam Uang Online

Mau tidak mau, kamu harus memasukkan alokasi bayar utang dalam pos keuanganmu hingga pinjaman lunas dibayar. Pisahkan dana untuk membayar pinjaman sejak kamu terima gaji. Dengan begitu tidak ada alasan kamu tidak bisa membayar utang.

Karena dipisahkan sejak awal, itu artinya kamu terpaksa mengorbankan pengeluaran lainnya. Kamu bisa mengeliminasi pengeluaran yang tidak terlalu penting dan terapkan gaya hidup hemat agar uang cukup untuk mencukupi kebutuhan pembayaran.

Meski berat, jika kamu fokus utang bisa lunas lebih cepat. Setelah itu, kamu tidak lagi memiliki beban. Jadi, bersusah-susah dahulu agar kamu bisa bersenang-senang kemudian.

Bayar Pinjaman Tepat Waktu

Pinjam Uang Online

Pinjam uang online tidak sama dengan pinjam uang ke teman atau keluarga yang jika lupa bisa dilunasi besok atau bulan depan. Pinjam uang online mengharuskan kamu disiplin dan bayar utang tepat waktu.

Karena jika telat satu atau dua hari, kamu bisa saja dibebankan dengan denda atau bunga tambahan. Sudah pasti kamu tidak mau mengeluarkan uang lebih banyak dari yang seharusnya, bukan?

Jadi, lakukan pencegahan dengan tips sebelumnya, yakni catat tanggal pembayaran dan pisahkan uang untuk bayar pinjaman sejak terima gaji. Dengan begini, kamu bisa melunasi pinjaman tepat waktu dan terhindari dari kemungkinan masalah lain.

Pinjam Hanya Saat Terdesak

Pinjam Uang Online

Meski pinjaman mudah didapatkan, bukan berarti kamu dianjurkan berutang setiap saat. Kebutuhan yang tidak terlalu mendesak akan lebih baik direncanakan untuk bulan depan. Bisa juga, siapkan dana dengan membuat rekening khusus sinking fund.

Dengan begitu, kamu tidak akan terjebak dengan banyaknya utang. Ingat, utang terlalu banyak bisa memberatkan keuanganmu. Bukan hanya uang habis untuk bayar pinjaman, melainkan juga uang bisa saja tidak mencukupi kebutuhan.

Jadi, jika bisa menghindari berutang, lebih baik jangan mengambil pinjaman.

Jangan Pinjam Uang Melebihi Penghasilan

Pinjam Uang Online

Ini juga poin penting agar pinjaman uang online kamu tetap berada di jalan yang aman. Usahakan untuk meminjam nominal uang yang tidak melebihi pemasukanmu. Ingat, selain membayar utang pokok, kamu juga masih harus membayar bunga pinjaman.

Selain itu, masih ada kebutuhan pokok lainnya yang harus dibiayai setiap bulan. Belum lagi dana untuk kejadian yang tidak terduga. Jadi, sebisa mungkin ajukan pinjaman dengan angka yang masih dalam batas kemampuanmu. 

Cari Alternatif Lain yang Lebih Baik

Pinjam Uang Online

Pinjam uang online tidak buruk dan mungkin jalan keluar terbaik untuk sebagian orang. Namun, kamu juga jangan sampai menutup kemungkinan yang lain. Bisa saja alternatif lain lebih baik dan menguntungkan keuanganmu.

Misalnya saja, kamu bisa mencoba meminjam pada keluarga atau teman terdekat. Bisa juga memanfaatkan fasilitas pinjaman karyawan jika tersedia di kantor tempatmu bekerja. Jika pengeluaran masih bisa ditunda, lebih baik alokasikan untuk bulan berikutnya daripada mengambil pinjaman online.

=========

Meski punya utang boleh, akan lebih baik jika keuanganmu bebas dari utang. Jadi, jika tidak dalam kondisi mendesak, usahakan tidak berutang!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *