5 Tips Agar Kamu Tak Salah Beli Emas Online

Lima hal penting sebelum beli emas online!
Beli emas online

Saat ini benda apa yang tidak bisa dibeli secara online? Beli emas online pun kini bisa! Tidak percaya? Cobalah cari beberapa toko online yang menjual emas batangan, pasti akan mudah kamu temukan.

Namun, berbeda dengan barang lainnya, beli emas online barangkali bukan perkara yang sederhana. Jika beli baju atau gawai saja kamu cemas akan ada masalah, apa lagi beli emas online yang harganya tidak murah?

Meski begitu, bukan berarti kamu tidak boleh beli emas online. Kamu hanya perlu berhati-hati dengan memperhatikan 5 tips ini saat beli emas secara online.

1. Perhatikan Reputasi Penjual

Beli emas online

Beli emas, tapi tidak langsung memiliki emas tersebut tentu membuat kamu harus berhati-hati. Selain itu, selalu ada kemungkinan kejadian buruk terjadi, seperti toko online tersebut tutup secara tiba-tiba atau situs mengalami error. Oleh sebab itu, kamu perlu memastikan bahwa kamu membeli emas di tempat atau situs yang memang terpercaya.

Untuk tahu situs atau toko online tersebut terpercaya atau tidak, kamu dapat mengecek website-nya dan melihat kelengkapan profil perusahaan. Pastikan kontak dan alamat lengkap perusahaan. Kunjungi juga media sosial situs dan tanyakan langsung seputar jual beli emas di situs tersebut. [Baca: Belanja Online Lebih Aman dengan 6 Cara Ini ]

Sementara itu, keamanan toko online juga bisa lebih terjamin jika toko online itu merupakan bagian atau anak usaha dari sebuah perusahaan yang lebih terkenal. Jika perusahaan yang lebih besar atau terkenal ini memiliki reputasi yang baik, kamu bisa menjadikannya sebagai acuan meski tetap harus berhati-hati.

Selain melakukan pemeriksaan mengenai perusahaan, kamu juga bisa mencari tahu pengalaman orang lain, seperti temanmu ketika beli emas di situs tertentu. Informasi tersebut dapat kamu jadikan sebagai referensi dalam memilih situs atau toko online untuk beli emas.

2. Pastikan Kemurnian dan Keaslian Emas

Beli emas online

Pastikan emas batangan yang kamu beli memiliki kemurnian dengan kadar 99,99%. Hal ini karena emas dengan kadar tersebut akan lebih mudah untuk dijual kembali. Selain itu, pastikan pula emas batangan memiliki sertifikat jika tidak emas akan sulit untuk dijual kembali. [Baca: Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Membeli Emas ]

3. Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Beli Emas Online

Setiap situs atau toko online memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Sebelum memutuskan akan beli emas online di situs tertentu, pastikan kamu sudah membaca serta memahami syarat dan ketentuan yang berlaku. [Baca: Emas Asli, Ini Cara untuk Mengetahuinya ]

Syarat dan ketentuan penting untuk kamu pahami dengan baik agar tidak terjadi kesalahan yang berujung pada kerugian. Pahami cara beli, jual, dan ambil emas secara fisik di toko online tersebut. Selain itu, cari tahu juga informasi seputar metode pembayaran, jika transaksi gagal, harga cetak sertifikat, dan kontak yang harus dihubungi.

Ingat, kejelasan dalam bertransaksi emas harus menjadi prioritas kamu sebelum memutuskan untuk beli emas. Jika ada yang membingungkan, jangan ragu untuk bertanya pada kontak yang bisa dihubungi. Kemudian, pastikan kamu mendapatkan jawaban yang memuaskan. 

4. Perhatikan Keamanan

Beli Emas Online

Karena ini berkaitan dengan benda yang tidak murah, keamanan situs menjadi hal wajib jika kamu ingin beli emas online. Keamanan ini dapat kamu lihat dari beberapa faktor. Pertama, cek URL website untuk melihat apakah situs tersebut aman untuk bertransaksi atau tidak. Website dengan fitur keamanan yang baik dimulai dengan https:// dan terdapat gambar gembok atau kunci di address bar. [Baca: 3 Fitur Keamanan yang Bisa Kamu Manfaatkan di Aplikasi E-MAS ]

Kedua, keamanan di situs atau aplikasi itu sendiri. Misalnya, apakah situs atau aplikasi tersebut memiliki keamanan yang ketat dengan proses verifikasi, konfirmasi transaksi melalui SMS dan email, atau keharusan memasukkan PIN.

Ketiga, tanyakan seputar legalitas perusahaan. Ini penting untuk menghindari segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Dengan legalitas perusahaan yang terjamin, seandainya terjadi sesuatu, seperti perusahaan mengalami kebangkrutan, emas kamu dapat tetap diklaim.

5. Bandingkan Harga

Beli Emas Online

Sama halnya dengan toko emas biasa, toko emas online juga bisa memiliki harga yang berbeda-beda antara satu situs dan yang lain. Harga emas ANTAM barangkali menjadi patokan, tetapi tiap toko emas dapat memainkan harga sesuai dengan kebijakan perusahaan. Selain itu, perhatikan pula biaya-biaya lain yang mungkin timbul, seperti biaya cetak sertifikat, biaya admin, atau biaya titip. [Baca: Bagaimana Membeli Emas di E-mas? ]

 

Di antara beragamnya tempat beli emas online, kamu bisa memilih aplikasi e-mas, nih! Selain praktis, menggunakan aplikasi e-mas bisa lebih hemat. Aplikasi e-mas sendiri merupakan aplikasi jual beli emas online yang memungkinkan kamu beli emas mulai dari Rp10.000,-an.

 

A post shared by e-mas (@emas.apps) on

Emas yang kamu beli akan dititipkan pada aplikasi dan dapat diambil saat sudah mencapai berat yang tersedia di pasaran. Lebih mudah, bukan? Dengan begitu, kamu tidak perlu memikirkan tempat penyimpanan. Selain itu, di aplikasi e-mas bebas biaya titip dan tidak memiliki batas waktu ataupun minimal berat emas. Kamu juga bisa menjual emas tersebut jika ada kebutuhan mendesak.

Meski begitu, sebelum memilih situs atau aplikasi, ketahui dengan baik kebutuhan dan risikomu, ya! Selamat beli emas online dengan aman!

 

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *