Sudahkah Kamu Memiliki Kebebasan Finansial?

Sudah bebas secara finansial?
Kebebasan Finansial

Apakah kamu bermimpi memiliki kebebasan finansial?

Di bulan yang penuh nuansa kemerdekaan dan kebebasan ini, tidak ada salahnya untuk menilai sejauh mana kamu memiliki kebebasan secara finansial. 

Orang-orang yang merdeka secara finansial akan lebih mudah mewujudkan impiannya, apa pun itu. Setiap orang pasti memiliki impian atau mimpi dalam berbagai bentuk, bukan?

Namun, semua impian itu akan lebih sulit terwujud jika kamu tidak memiliki kemampuan finansial yang baik. Karena itu, selagi kamu mewujudkan cita-cita masa depan, usahakan juga kamu mencapai kebebasan finansial agar langkah menuju impian semakin mudah.

Namun, jangan salah. Meskipun namanya kebebasan finansial, apa yang dicapai tidak melulu soal uang. Uang yang dimiliki juga tidak berarti dalam jumlah yang miliaran. 

Setiap orang bisa mencapai kebebasan finansial dalam kapasitas yang berbeda-beda. Jadi, jangan khawatir kamu tidak bisa mencapai kebebasan finansial di masa depan.

Apa itu Kebebasan Finansial?

Kebebasan Finansial

Orang-orang mengartikan kebebasan finansial secara berbeda-beda. Ada yang mengatakan, memiliki jumlah uang yang cukup besar sehingga kamu tidak perlu bekerja lagi. 

[Baca: 6 Tanda Keuangan Sehat yang Harus Kamu Miliki ]

Ada pula yang mengartikan, kamu memiliki penghasilan hingga tiga kali lebih besar daripada pengeluaran bulanan. Kedua pernyataan tersebut barangkali tidak salah dan mencakup makna kebebasan finansial. 

Namun, yang perlu kamu perhatikan, memiliki kebebasan finansial berarti kamu tidak lagi memiliki kekhawatiran mengenai biaya-biaya hidup di masa sekarang ataupun masa depan.

Kamu tidak memiliki kekhawatiran tentunya karena kamu memiliki uang yang menurut kamu cukup membiayai hingga tua. 

Oleh sebab itu, jumlah uang yang harus dimiliki sehingga bisa disebut bebas finansial bisa berbeda-beda untuk setiap orang. 

Begitu pun dengan waktu mencapainya. Ada yang sudah bebas finansial di usia muda atau saat mendekati usia pensiun. 

Bebas secara finansial juga tidak berarti menjadi kaya raya karena yang terpenting kamu memiliki sumber uang yang bisa memenuhi kebutuhanmu hingga tua.

Bagaimana Cara Mencapai Bebas Finansial?

Kebebasan Finansial

Setelah tahu definisinya, setiap orang tentu ingin mencapai financial freedom di usia muda. Namun, keadaan tersebut barangkali akan sulit untuk diwujudkan oleh semua anak muda. 

[Baca: Ingin Pensiun Muda? Segera Siapkan 8 Sumber Penghasilan Pasif Ini ]

Nah, meski mencapai bebas finansial atau financial freedom di usia muda tidak semudah yang diharapkan, kamu perlu memulainya dari sekarang. Jika kamu memulai menyiapkan masa depan dari sekarang, kebebasan finansial bisa dicapai lebih cepat.

Untuk mencapainya, kamu perlu menyiapakan sejumlah penghasilan pasif. Adanya penghasilan pasif bisa mempercepat kamu bebas secara finansial, lho. Contoh penghasilan pasif dan sumber uang lain yang harus disiapkan bisa kamu lihat di sini.

1. Investasi. Penghasilan pasif bisa kamu siapkan dari sejumlah investasi, baik yang jangka menengah, maupun yang jangka panjang. Kamu bisa mulai berinvestasi reksa dana, obligasi, atau membeli emas batangan sebagai persiapan.

Usahakan untuk berinvestasi di banyak bentuk produk investasi agar kamu bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan. Selain itu, dengan punya banyak jenis produk investasi, kamu tidak perlu khawatir jika salah satu investasi tidak berjalan seperti yang diinginkan.

2. Mulai berbisnis. Punya bisnis bisa membantu kamu merdeka secara finansial lebih cepat. Selain kamu tidak bergantung lagi pada orang lain, kamu juga bisa mendapatkan nilai uang yang lebih besar. 

Namun, membangun bisnis sendiri tentu saja tidak mudah. Kamu perlu memulainya sekarang dan mengembangkannya selagi muda untuk menikmati hasilnya di hari tua.

3. Miliki aset produktif. Penghasilan pasif lain bisa kamu dapatkan dari aset produktif. Setiap orang pasti memiliki aset, tapi hanya aset produktif yang bisa menghasilkan atau minimal nilai barang bertambah setiap tahun, seperti rumah atau produk investasi.

Jadi, daripada uang habis untuk belanja yang tidak perlu mulailah menabung untuk membeli rumah atau aset lain yang bisa menghasilkan uang di masa depan.

 

Selain cara untuk mengembangkan uang di atas, kamu juga perlu mulai mengelola keuangan dengan baik. Untuk bisa berinvestasi dan membuka bisnis sendiri, tentunya dibutuhkan pengelolaan uang yang baik. 

Kamu perlu mengatur pengeluaran dan membagi uang dengan jumlah yang tepat agar semua rencana keuanganmu terpenuhi.

Ini Tandanya Jika Kamu Sudah Merdeka Secara Finansial

Kebebasan Finansial

Percaya nggak banyak orang yang sebenarnya sudah bisa disebut bebas finansial, tapi mereka tidak menyadarinya. 

Nah, untuk tahu kamu sudah bebas finansial atau belum hanya kamu yang bisa menjawabnya karena kebutuhan tiap orang berbeda. Namun, sejumlah tanda ini bisa membantu kamu untuk menganalisa.

1. Tidak lagi khawatir dengan biaya hidup di masa depan. Kamu sudah punya cukup tabungan, simpanan, aset, dan sumber keuangan pasif yang bisa menghasilkan dan memenuhi kebutuhan.

Sebagai contoh, kamu tidak lagi takut akan masa pensiun karena kamu sudah menyiapkan dana pensiun. Kamu juga tidak khawatir lagi dengan biaya pendidikan anak di masa depan karena sudah ada dana pendidikan.

2. Bebas dari utang. Punya utang tidak selalu buruk selama merupakan utang baik. Utang baik merupakan utang yang menghasilkan dan bersifat progresif, seperti rumah atau utang untuk berbisnis. [Baca: Tentang Utang Baik dan Utang Buruk yang Harus Kamu Tahu ]

Akan lebih baik lagi, jika kamu tidak lagi memiliki utang sehingga bisa bebas merencanakan keuangan untuk masa depan.

3. Tidak hanya tentang uang. Bebas finansial berarti kamu juga tidak perlu khawatir jika nanti kamu jatuh sakit atau mengalami musibah. Kamu perlu menyiapkan dana untuk proteksi diri, seperti asuransi atau dana darurat.

 

========

Jadi, berdasarkan pembahasan di atas, kamu sudah memiliki kebebasan finansial belum nih? Jika menurutmu sudah, terus tingkatkan dan jaga aset agar bisa menguntungkan hingga hari tua. Jika belum, masih belum terlambat untuk merencanakan dan memulainya dari sekarang. 

Mari merdeka secara finansial!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *