Apa Itu Sinking Fund?

Sudah punya sinking fund?
Sinking Fund

Apa itu sinking fund? Apakah kalian pernah dengar istilah keuangan yang satu ini? Sebelumnya, kalian pernah dengar dana darurat, dana pensiun, atau dana cadangan. Nah, fungsi sinking fund tidak berbeda jauh dengan fungsi dana di atas.

Sinking fund sendiri merupakan sejumlah uang yang kamu pisahkan secara rutin setiap bulannya yang tidak termasuk ke dalam tabungan ataupun dana darurat. Dana ini bisa digunakan untuk membiayai perbaikan rumah, ditabung untuk membeli mobil, sumber dana liburan, atau untuk biaya berobat.

Dengan memisahkan uang sebelum digunakan, kamu tidak perlu menggunakan dana darurat. Di saat bersamaan, memberi kamu waktu untuk mempertimbangkan lebih lama sebelum melakukan pengeluaran. 

Keuntungan lainnya, sinking fund bisa mengamankan keuanganmu, membuat kamu terhindar dari utang, sesuai dengan anggaran, dan tidak mengganggu tujuan finansialmu di masa depan.

Jadi, yuk cari tahu lebih lanjut mengenai sinking fund! 

Kapan Sebaiknya Kamu Menggunakan Sinking Fund?

Sinking Fund

Ada banyak alasan dan cara untuk menggunakan sinking fund. Jika kamu memiliki pengeluaran yang sudah direncanakan, seperti liburan atau pengeluaran tahunan (misalnya biaya sekolah anak), kamu bisa mulai menyiapkan sinking fund.

[Baca: Seperti Apa Kebiasaan Belanja Tiap Generasi?]

Sekalipun kamu tidak mengetahui dengan pasti jumlah uang yang harus dikumpulkan, mengumpulkan sinking fund tetaplah rencana yang baik untuk menutupi pengeluaran tersebut. Dengan begitu, setidaknya sebagian dana dari total pengeluaran sudah terpenuhi.

Meski tidak tahu angka pastinya, kamu tetap harus menentukan berapa uang yang harus dialokasikan. Setelah itu, bagi jumlah uang tersebut dalam beberapa bulan sebelum tiba jatuh tempo untuk menggunakannya. 

Kemudian, masukan dana ini ke dalam anggaran kamu. Pastikan dana untuk sinking fund tidak mengganggu pengeluaran bulanan dan pengeluaran penting lainnya.

Jika ternyata alokasi dana untuk sinking fund terlalu besar, kamu mungkin perlu melakukan penyesuaian agar tidak mengganggu keuangan sehari-hari. Karena itu juga, ada baiknya persiapkan sinking fund sejak jauh-jauh hari sehingga kamu punya lebih banyak waktu. 

Dengan waktu yang lebih panjang, total uang yang harus dipisahkan tiap bulannya bisa lebih kecil sehingga tidak mengganggu pos pengeluaran lainnya.

Jenis Akun Rekening yang Digunakan untuk Sinking Fund

Sinking Fund

Sinking fund yang kamu simpan harus mudah diambil kapan pun. Kenapa? Karena uang ini memang akan kamu pakai dalam waktu yang sudah ditentukan.

[Baca: 5 Mitos Keuangan Ini Ternyata Tidak Benar]

Kamu bisa menyimpannya di rekening bank dengan jangka waktu yang sesuai dengan tujuanmu. Di mana kamu menyimpan uang ini juga tergantung pada kegunaan uang nantinya.

Jika memiliki tujuan yang cukup besar untuk beberapa bulan atau bahkan dalam hitungan tahun di masa depan, kamu mungkin perlu menyimpan uang ke dalam bank yang tidak bisa diambil dengan mudah, tapi memiliki keuntungan yang lebih besar.

Sebagai saran, jangan investasikan uang kamu di pasar saham. Jika ingin mendapat keuntungan yang lebih besar untuk simpanan sinking fund kamu, sebaiknya simpan uang ke dalam akun tabungan atau deposito yang menawarkan bunga lebih besar.

Kamu juga bisa membuat beberapa rekening untuk beberapa sinking fund dengan tujuan yang berbeda. Misal, sinking fund untuk mobil bisa dipisahkan dengan dana yang dibutuhkan untuk membeli rumah. 

Uang untuk mobil harus bisa kamu ambil kapan pun karena mobil bisa rusak setiap saat tanpa kamu duga. Sementara dana untuk membeli rumah, bisa didepositokan karena uang ini tidak dibutuhkan dalam waktu cepat. 

Kamu tahu kapan akan membutuhkan dana ini dan dengan mendepositokannya kamu bisa mendapat keuntungan lebih banyak.

Perbedaan Sinking Fund dengan Tabungan

Sinking Fund

Dengan uang yang ditabung, kamu sedang membangun aset dan kekayaan. Pelan, tapi pasti tujuan kamu bisa terwujud. Jadi, kamu pasti tidak mau “memecah” uang tersebut untuk keperluan lain.

[Baca: Hindari 5 Kesalahan Ini Agar Kamu Tidak Menjadi Korban Penipuan e-Wallet]

Lalu bagaimana dengan pengeluaran masa kini yang harus kamu lakukan? Di sinilah sinking fund dapat diguankan. 

Dengan adanya sinking fund, kamu bisa menabung uang untuk pengeluaran lain yang harus dilakukan dalam waktu dekat. Itu artinya uang tersebut memang dimaksudkan untuk dipakai. 

Sinking fund tidak untuk menambah aset atau kekayaanmu, tapi merupakan jenis uang yang digunakan untuk membiayai hal-hal yang kamu inginkan dan butuhkan dalam masa kini, seperti liburan, kebutuhan rumah, atau gadget terbaru.

Perbedaan Sinking Fund dengan Dana Darurat

Sinking Fund

Sinking fund disiapkan secara khusus untuk pengeluaran yang sudah direncanakan. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakannya untuk memperbaiki bagian rumah yang rusak, seperti atap atau jendela. 

Pengeluaran terencana lainnya seperti liburan yang bisa kamu rencanakan setiap tahun. Contoh lainnya, kacamata baru yang juga bisa diganti setiap tahun. Pengeluaran-pengeluaran ini merupakan sedikit contoh yang kamu rencanakan sejak jauh-jauh hari.

Namun, jika mobil tiba-tiba rusak dan harus diperbaiki, kamu bisa menggunakan dana darurat yang sudah kamu siapkan. Sebaliknya, untuk ban mobil yang harus diganti, kamu bisa merencanakannya dan menggunakan sinking fund.

Jadi, sinking fund untuk pengeluaran terencana, sementara dana darurat untuk pengeluaran dadakan. 

 

==========

Bagaimana, apakah kamu mau mulai menyiapkan sinking fund untuk pengeluaran terencana berikutnya?  

Sebenarnya, kamu bisa saja menggunakan dana darurat atau menganggarkan uang bulanan untuk biaya-biaya tersebut. 

Namun, dengan adanya sinking fund, uang bisa dikelola lebih baik, fungsi setiap uang menjadi lebih jelas, dan kamu bisa lebih fokus meraih tujuan keuangan di masa depan.

Selain itu, jangan lupa saat menyiapkan sinking fund, pastikan pengeluaran wajib yang dimiliki tetap terpenuhi setiap hari dan bulannya.

Selamat mengelola uang dengan lebih rapi!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *