5 Sektor Bisnis yang Bertahan & Meningkat di Masa Pandemi

Tertarik mau buka bisnis?
Sektor Bisnis

Tidak dipungkiri memang banyak sektor bisnis yang terpaksa berhenti beroperasi dan tutup di masa pandemi ini. Walau banyak jenis sektor usaha di Indonesia yang tutup, lima bidang usaha ini justru bertahan dan bahkan bisa terus meningkat. Kamu tahu apa saja?

Sektor bisnis ini bisa bertahan bukan tanpa alasan. Alasan yang paling utama berbagai usaha ini bisa bertahan ialah karena bisnis tersebut memproduksi barang konsumsi atau jasa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Karena merupakan sebuah kebutuhan, dalam masa krisis sekalipun orang-orang akan tetap membelinya. Selain itu, ada faktor lain, seperti menggunakan sumber daya manusia dan bahan baku lokal.

Nah, sektor bisnis apa saja yang bisa bertahan?

Sektor Bisnis Makanan & Minuman

Sektor Bisnis

Sektor bisnis terdampak corona memang banyak, tapi industri kuliner bukan salah satunya. Bidang usaha makanan dan minuman merupakan satu dari beberapa industri yang dibolehkan tetap beroperasi selama masa karantina pandemi.

Meski tidak dibolehkan untuk makan di tempat, orang-orang tetap bisa melakukan pemesanan secara online. Lebih cepat dan praktis pula sehingga orang-orang tidak perlu ke luar rumah. 

Alasan industri ini bertahan sudah sangat jelas, orang-orang tetap membutuhkan makanan serta minuman meski dalam keadaan karantina. Walau kamu bisa memasak sendiri, tidak sedikit orang yang tetap belanja makanan di luar untuk variasi atau menghilangkan kejenuhan selama di rumah.

Jenis Usaha yang Menjual Kebutuhan Pokok

Sektor Bisnis

Bidang usaha lainnya yang tetap bertahan dengan penjualan yang bisa saja meningkat di masa pandemi ini ialah usaha yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok. 

Pada awal masa pandemi banyak orang yang bahkan membeli kebutuhan pokok dengan jumlah dua kali atau lebih banyak daripada biasanya. Hal ini karena mereka merasa khawatir bahan dan barang kebutuhan pokok tersebut langka di pasaran.

Kini, meski kekhawatiran akan kelangkaan sudah mulai surut, bukan berarti orang-orang tidak membeli lagi kebutuhan pokok. Selama kehidupan masih berjalan, berbagai kebutuhan pokok ini masih akan terus dicari dan dibeli, termasuk dalam masa transisi dan ketika keadaan sudah normal kembali.

Sektor Bisnis Kesehatan

Sektor Bisnis

Industri kesehatan memegang peranan penting dalam menangani wabah virus corona ini. Mereka merupakan garda terdepan. Jadi, sudah sangat wajar jika industri akan tetap bertahan di masa sulit ini. 

Meski banyak orang yang juga menghindari ke rumah sakit karena khawatir terhadap penularan, orang-orang dengan penyakit tertentu tetap ke rumah sakit karena membutuhkan perawatan intensif.

Karena jasa yang ditawarkan dan tidak bisa digantikan dengan jasa lainnya inilah. salah satu alasan sektor bisnis bisa bertahan dan mungkin meningkat di masa pandemi ini. 

Sektor Pendidikan

Sektor Bisnis

Aktivitas banyak orang, termasuk anak-anak sekolah dan mahasiswa harus berubah selama masa pandemi ini. Namun, bukan berarti berhenti. Para pelajar tetap dituntut belajar dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini.

Benar sekali, seperti halnya orang yang kerja dari rumah, mereka juga harus belajar dari rumah. Sektor bisnis pendidikan tidak tutup dan tetap berjalan meski dalam masa pandemi ini.

Selain pendidikan, berbagai pelatihan dan kelas online juga menjadi pilihan banyak orang yang berdiam di rumah. Mereka menggunakan waktu luang di rumah untuk mengembangkan kemampuan baru atau mempelajari sesuatu yang bisa menjadi sumber penghasilan.

Oleh sebab itu, sektor bisnis pendidikan tidak banyak terdampak walau dalam masa pandemi.

Bisnis Online

Sektor Bisnis

Bisnis lainnya yang bertahan dan bahkan mulai semakin banyak digemari ialah berbagai bisnis yang berbasis online dan digital. Alasan utamanya tentu karena orang-orang tidak perlu bepergian untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan.

Selain karena kendala waktu dan jarak, membeli secara online lebih dirasa aman di masa karantina. Kamu tidak perlu bertemu banyak orang, tidak perlu mengantre lama, dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu di luar. Berbelanja secara online bisa memperkecil risiko penularan. 

Jadi, banyak orang yang beralih belanja secara online. Selain mereka merasakan manfaatnya, mereka juga tidak memiliki pilihan lain yang lebih baik. Barang yang menjadi kebutuhan didapat dan di saat bersamaan tetap bisa menjaga diri agar tidak ke luar rumah. 

 

Lima sektor bisnis di atas bisa menjadi ide untuk kamu yang ingin membuka usaha. Selain ide usaha, ingat juga untuk memulainya dari modalmu sendiri. Memiliki dan menjalankan bisnis dengan modal sendiri juga bisa menjadi salah satu faktor bisnismu bisa bertahan dalam keadaan ekonomi yang tidak menentu.

Kamu yang ingin mulai membuka usaha di masa pandemi ini bisa memulai dari sektor bisnis yang paling mudah, dibutuhkan, dan sesuai dengan kemampuan serta modal yang kamu miliki.

Jadi, punya rencana untuk membuka bisnis sendiri?

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *