Ini yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Gaji Pertama Turun

Buat para fresh graduate yang baru mulai kerja, pasti sudah menantikan saat-saat gaji pertama turun. Mungkin beberapa dari kamu sudah menyiapkan daftar apa yang ingin kamu beli saat hari gajian tiba.

Meskipun mungkin kamu akan merasa kaya seketika saat gaji pertama sudah masuk rekeningmu, uang itu akan cepat lenyap juga kalau kamu tidak mengontrol diri. Jangan sampai gaji pertamamu yang berharga itu habis untuk hal-hal yang sebenarnya tidak penting.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, kamu harus merencanakan apa yang harus dilakukan sebelum gaji pertamamu turun. Nah, di bawah ini adalah panduan untuk mengatur gaji pertamamu, kita simak sama-sama, yuk!

Buat Anggaran yang Sederhana

Membuat anggaran adalah langkah pertama. Rencanakan pengeluaran dan pastikan kamu sudah bisa memenuhi kebutuhan penting terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa membeli hal-hal yang kamu inginkan yang masih di dalam budgetmu.

Kalau kamu bingung bagaimana cara membagi pendapatan, gunakan pendekatan 50/30/20 yang sudah cukup baik. Kamu bisa melakukan pembagian seperti berikut ini:

  • 50% untuk kebutuhan seperti sewa, makan, transport dan belanja kebutuhan bulanan.
  • 30% untuk hiburan seperti liburan, makan di luar bersama teman, atau tiket konser.
  • 20% untuk tabungan, membayar utang, dan investasi.

Buat Daftar Prioritas

Saat mengatur pemasukan dan pengeluaran, menabung dan membayar utang secara bersamaan bisa jadi hal yang sulit untuk dilakukan. Untuk lebih mudahnya, buat daftar prioritas yang bisa jadi pedoman pribadimu.

Misalnya, kebutuhan sehari-hari bisa kamu taruh pada bagian paling atas. Setelah itu, coba cek apakah ada utang yang jatuh tempo dalam waktu dekat. Kalau ada, taruh itu juga di urutan atas. Urutkan semuanya berdasarkan kepentingan dan urgensinya.

Daftar prioritas ini bukan hanya untuk saat itu saja, tapi juga untuk jauh ke depannya. Misalnya, simpan sebagian gajimu untuk dana darurat dan dana pensiun, yang harus terus menerus bertambah.

[Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Buat Anak Muda yang Baru Pertama Kerja]

Memahami Tentang Investasi

Penting untuk memahami tentang investasi secara dasar sejak awal. Kalau kamu masih baru pertama punya penghasilan, tidak perlu terburu-buru menginvestasikan uangmu untuk investasi yang berisiko besar seperti saham. Kamu masih belum punya keamanan finansial untuk ini.

Sebaiknya, carilah jenis investasi safe haven yang nilainya akan terus naik dan berisiko lebih rendah, contohnya emas batangan. Dengan menyimpan uang dalam bentuk emas, kamu tidak akan mudah menghabiskannya untuk belanja. Yang paling penting, emas juga  tidak akan termakan oleh inflasi seperti uang tunai.

Buat Rencana untuk Pensiun

Meskipun kamu akan bekerja untuk berpuluh-puluh tahun, ada saatnya di mana kamu harus berhenti dan menikmati masa tuamu. Untuk itu, kamu harus pastikan kehidupanmu setelah pensiun akan nyaman dengan tabungan yang sudah kamu simpan.

Perlu diketahui bahwa program dana pensiun lembaga keuangan (DPLK) dari perusahaan swasta hanya mengambil 3% dari gaji pokokmu. Ini tentu saja tidak akan cukup saat kamu sudah pensiun. Karena itu, coba sisihkan uangmu untuk investasi seperti reksa dana dan logam mulia untuk menambah tabungan di hari tua.

Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Setelah memiliki penghasilan tetap, pasti kamu tergoda untuk membuat kartu kredit. Sebenarnya tidak ada salahnya sih, tapi kamu tetap harus berhati-hati saat menggunakannya. Ingat bahwa saat kamu menggunakan kartu kredit, ini artinya kamu sedang berutang.

Sebaiknya, pasang limit di bawah yang disarankan oleh bank supaya kamu tetap bisa disiplin. Bayar penuh tagihan setiap bulannya supaya kamu tidak terlilit cicilan kartu kredit. Selain itu, hindari tarik tunai menggunakan kartu kredit karena kamu akan dikenai bunga 4-5% per bulan.

[Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Apply Kartu Kredit Pertama Kamu?]

Lakukan Pembelian dengan Cermat

Promo dan diskon memang mendorong kita untuk bersikap konsumtif, tapi kamu harus bisa memanfaatkan ini agar kamu lebih diuntungkan. Saat berbelanja kebutuhan misalnya, cobalah bandingkan harga di beberapa tempat dan pilih yang memberi penawaran paling menguntungkan.

Selain itu, manfaatkan juga promo e-wallet. Misalnya untuk membayar tagihan, kamu bisa mengecek mana yang menawarkan potongan atau cashback terbesar. Manfaatkan untuk hal-hal yang pokok terlebih dahulu, ya. Kalau hanya untuk keinginan semata, lebih baik pikir lagi 20 kali.

 

Mengatur keuangan sejak kamu menerima gaji pertama sangat penting demi masa depan kamu sendiri. Jangan ragu untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk mengenai keuangan kamu dari sekarang!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *