Bingung Pilih Produk Asuransi? Ini Asuransi yang Penting Dimiliki

Sudah punya asuransi?
Asuransi

Bagian dari proteksi diri dan keuangan saat ini ialah dengan memiliki asuransi. Nah, jika berencana untuk memilikinya, tentukan bagian dari hidup kamu yang penting nilainya. Dengan kata lain, bagian dari diri yang perlu dilindungi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun, jangan sampai salah membedakan risiko yang perlu diatasi dengan asuransi atau cukup hanya dengan dana darurat. Meski semua yang pada dasarnya memiliki potensi kehilangan atau kerusakan bisa diasuransikan, kamu tetap harus mempertimbangkannya dengan cermat.

Nah, produk asuransi apa saja yang perlu kamu miliki? Berikut ini beberapa di antaranya.

Asuransi Kesehatan

Asuransi

Asuransi kesehatan merupakan salah satu yang terpenting. Dengan asuransi ini, kamu bisa lebih terlindungi saat menderita penyakit tertentu, cedera, ataupun  saat mengalami cacat permanen.

Ada banyak variasi lain yang berkaitan dengan kesehatan. Asuransi kesehatan keluarga, misalnya jika kamu ingin menyertakan seluruh anggota keluarga. Jika ingin yang syariah pun, saat ini sudah banyak tersedia asuransi kesehatan syariah.

Dengan gaya hidup dan kualitas udara juga makanan, menyiapkan terbaik untuk kesehatanmu seharusnya menjadi prioritas. Terlebih lagi, biaya kesehatan akan terus meningkat di masa depan. Nah, asuransi kesehatan bisa menjadi jawaban.

Asuransi Perjalanan

Asuransi

Suka bepergian? Membuat asuransi perjalanan bisa menjadi salah satu kebutuhan. Asuransi jangka pendek ini berlaku ketika kamu melakukan perjalanan ke suatu tempat. Adanya asuransi ini bisa memberikan perlindungan dalam perjalanan seandainya terjadi sesuatu yang diinginkan.

Sekalipun tidak ada yang menginginkannya, jika terjadi kecelakaan dalam perjalanan tersebut, asuransi bisa menutupi biaya untuk pengobatan. Selain itu, perlindungan kerugian juga akan berlaku jika ada barang yang hilang atau rusak.

Asuransi ini mungkin tidak semuanya membutuhkan, terlebih jika hanya perjalanan dalam negeri. Namun, karena kejadian buruk tidak ada yang tahu, kamu bisa membuat asuransi ini sebagai persiapan.

Asuransi Kendaraan

Asuransi

Kendaraan seperti mobil dan motor tampaknya sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang saat ini. Belum lagi harganya yang tidak murah. Oleh sebab itu, kendaraan menjadi aset penting yang perlu dijaga. 

Karena itu juga, tidak sedikit orang yang mengasuransikannya. Asuransi kendaraan bisa memberikan manfaat yang bervariasi, seperti memberi perlindungan cedera, kerusakan kendaraan, ataupun risiko kehilangan kendaraan.

Asuransi Rumah

Asuransi

Tidak dipungkiri rumah untuk tinggal merupakan bagian penting dalam kehidupan seseorang. Meski saat ini harga tanah semakin mahal, tidak membuat orang mundur untuk memiliki rumah atas nama sendiri.

Oleh sebab itu, tidak heran jika kamu merasa perlu untuk mengasuransikannya. Asuransi akan memberikan perlindungan untuk kamu sebagai pemilik dan rumah dari risiko, seperti kerusakan, kebakaran, atau musibah lainnya.

Jika kamu mengasuransikan rumah, tidak perlu merasa khawatir jika terjadi kerusakan atau musibah lainnya. Berhubung biaya bahan bangunan juga tidak murah, asuransi ini bisa berlaku sebagai tindakan pencegahan.

Asuransi Pendidikan

Asuransi

Tidak hanya biaya kesehatan, biaya pendidikan anak bisa semakin mahal setiap tahunnya. Apalagi jika kamu berniat memasukan anak ke sekolah dengan standar yang tinggi. Tentunya perlu dana yang tidak sedikit.

Kamu bisa menyiapkannya dari sekarang dengan asuransi pendidikan. Asuransi ini bisa membantu kamu menyiapkan dana pendidikan anak hingga jenjang perkuliahan. Dengan menyiapkannya dari sekarang, kamu tidak perlu khawatir ketika di masa depan anak membutuhkan biaya sekolah.

Program asuransi sendiri saat ini sudah sangat beragam, ada pula asuransi pendidikan yang disertai dengan modal usaha ataupun dana investasi. Hasilnya, kamu tidak hanya menerima dana pertanggungan, tapi juga keuntungan investasi. 

Asuransi Hari Tua

Asuransi

Dana hari tua juga perlu dipikirkan dari sekarang. Asuransi ini bisa sebagai penambah dana pensiun kamu kelak. Meski hari tua dan pensiun masih lama, menyiapkannya dari sekarang jauh lebih baik.

Dengan menyiapkan lebih cepat, waktu yang dimiliki lebih panjang dan dana yang terkumpul juga bisa lebih besar. Semakin banyak dana yang terkumpul tentu lebih baik untuk mendukungmu di hari tua.

Asuransi ini bisa memberi perlindungan hingga umur tertentu. Dengan begitu, kamu bisa menjaga gaya hidup atau minimal menjamin kebutuhan selama menjalani hari pensiun atau hari masa tua.

Asuransi Jiwa

Asuransi

Asuransi ini bisa memberikan bantuan finansial untuk keluarga yang ditinggalkan. Oleh sebab itu, kamu yang menjadi kepala keluarga bisa mempertimbangkan membuat asuransi ini. Anggap saja dengan asuransi ini kamu menyiapkan kemungkinan terburuk jika meninggal muda sementara anak-anakmu masih butuh biaya.

Dana asuransi ini akan diterima oleh pihak keluarga jika kamu atau pihak tertanggung meninggal dunia. Ada juga yang memberikan dana sebelum kematian terjadi. Intinya, dana ini akan membantu pihak keluarga yang ditinggalkan secara finansial.

Asuransi jiwa termasuk salah satu yang penting meski banyak yang tidak terlalu memedulikannya. Namun, sebagai antisipasi kejadian terburuk, kamu bisa memilih asuransi jiwa terbaik untuk menjamin kehidupan keluarga kelak saat kamu meninggal dunia.

 

==========

Pilihan asuransi murah ataupun asuransi online terpercaya saat ini sudah banyak. Jadi, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa memilikinya. Jika bingung menentukan produk yang harus dipilih, ada banyak informasi di internet atau bertanya langsung ke pakarnya.

Meski tidak semua asuransi di atas perlu dimiliki, pilihlah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhanmu. Misal, tidak semua orang memiliki mobil, kamu bisa mengasuransikan kesehatan atau hari tua kelak.

Selain itu, tidak perlu merasa terbebani untuk memiliki banyak asuransi, cukup pilih satu yang paling penting dan sesuai dengan kemampuan finansial. Kamu bisa menambah asuransi di masa depan ketika kamu merasa sudah membutuhkannya.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *