Plus Minus Titip Emas di Bank

Ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan.
Titip Emas di Bank

Karena emas batangan bukan barang murah, tempat penyimpanannya juga perlu diperhatikan.

Untuk tempat penyimpanan, ada beberapa pilihan yang bisa digunakan, seperti menyimpan emas di rumah atau titip emas di bank.

Kedua tempat tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jika simpan di rumah, emas mudah dilihat kapan pun.

Namun, umumnya orang-orang akan tetap merasa khawatir mengenai keamanannya.

Berbeda jika kamu titip emas di bank. Orang-orang akan merasa lebih aman dan terjamin, tapi jangan berpikir titip emas di bank tidak memiliki risiko.

Tetap ada ketentuan yang perlu kamu pertimbangkan dengan baik.

Oleh sebab itu pula, tidak ada salahnya mengenali lebih baik setiap kelebihan serta kekurangan menyimpan emas di bank sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa dari bank.

[Baca: Gaji Kecil Juga Bisa Investasi, Ini 4 Pilihan Produknya! ]

Kelebihan

Titip Emas di Bank

Jika ingin menyimpan emas di bank, jasa yang ditawarkan ialah dengan menyewa Safe Deposit Box.

Jasa ini umumnya disediakan oleh berbagai bank besar di Indonesia.

[Baca: 10 Tips Investasi Emas yang Perlu Kamu Tahu! ]

Safe Deposit Box sendiri merupakan kotak berpengaman dengan ukuran tertentu.

Nasabah bank bisa menggunakannya untuk menyimpan berbaga barang berharga, seperti dokumen, sertifikat, surat perjanjian, obligasi, hingga perhiasan berlian dan logam mulia.

Untuk kelebihannya, ada beberapa poin yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

  1. Cenderung jauh lebih aman. Safe Deposit Box terbuat dari baja tahan api dan ditempatkan pada ruangan dengan sistem keamanan yang dipantau selama 24 jam.
  2. Tersedia dalam bermacam ukuran. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan ukuran kotak dengan jumlah emas atau barang yang dimiliki.
  3. Bank akan menjaga kerahasiaan barang. Meski terkadang barang juga harus diperlihatkan jika diperlukan oleh bank, secara keseluruhan barang yang disimpan akan terjamin keamanan dan kerahasiaannya.
  4. Menyewa Safe Deposit Box tergolong mudah. Pastikan kamu sudah memiliki akun rekening atau tabungan dan kamu bisa menggunaka jasa tersebut.

Kekurangan

Titip Emas di Bank

Meski terkenal aman, beberapa poin di bawah ini perlu menjadi bahan pertimbanganmu juga.

[Baca: Kapan Waktu Terbaik untuk Jual Emas Batangan? ]

  1. Tarif sewa cukup mahal. Tarif sewa Safe Deposit Box bisa berbeda-beda antara satu dan lain bank. Meski begitu, tarif sewa bisa dibilang tergolong cukup mahal sehingga tidak terlalu efektif jika hanya digunakan untuk menyimpan emas dengan berat kecil. Biaya yang dibebankan di antaranya, uang sewa, uang jaminan kunci, dan denda keterlambatan pembayaran sewa.
  1. Perlu diperhatikan, bank tidak bertanggung jawab jika ada kehilangan atau kerusakan barang yang terjadi bukan karena kesalahan bank. Jadi, bank tidak bertanggung jawab jika ada kerusakan yang disebabkan oleh adanya bencana alam, seperti tsunami atau banjir.
  1. Tidak semua yang menurutmu berharga bisa dititipkan. Setiap bank memiliki ketentuan mengenai barang yang boleh dan tidak boleh dititipkan di Safe Deposit Box. Jadi, jika ingin menitipkan barang selain emas, ada baiknya tanyakan terlebih dahulu mengenai ketentuan barang yang boleh disimpan ke bank yang bersangkutan.
  1. Ada risiko jika kunci Safe Deposit Box hilang. Saat menyewa Safe Deposit Box, nasabah akan mendapatkan kunci. Kamu perlu berhati-hati agar kunci tidak hilang atau berpindah tangan.

 

=========

Jika memutuskan untuk menitipkan emas di bank, perhatikan dengan baik syarat dan kententuan yang berlaku untuk menghindari berbagai situasi yang tidak menyenangkan. Selain itu, perhatikan pula tingkat keamanan Safe Deposit Box yang disewakan.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *