5 Pertanyaan Seputar Investasi Emas yang Perlu Kamu Tahu

Ini jawabannya!
Investasi Emas

Sebelum memulai investasi, kamu perlu mencari informasi, termasuk saat akan memulai investasi emas. Kamu pasti memiliki banyak pertanyaan seputar emas batangan. 

Dari banyaknya pertanyaan, lima pertanyaan ini pasti terlintas dalam pikiranmu juga. Daripada bingung kelamaan, lebih baik temukan jawaban dari pertanyaanmu seputar investasi emas di sini.

Dengan panduan pertanyaan ini, pahami investasi seputar emas dengan baik lalu rencanakan investasi masa depanmu dengan yakin.

Bagaimana Memulai Investasi Emas Batangan?

Investasi Emas

Bingung bagaimana mau memulai investasi emas batangan? Apakah sulit dan ribet? Jawabannya, memulai investasi emas batangan sangat mudah. Berinvestasi emas justru lebih mudah dibandingkan produk investasi lainnya.

Kamu bisa membeli emas batangan sendiri, menyimpan di rumah, dan menjualnya jika menurutmu waktunya sudah tepat. Semua bisa kamu tentukan sendiri dan tidak memerlukan banyak dokumen. 

Belilah emas di tempat tepercaya, seperti butik ANTAM atau toko yang bekerja sama dengan badan negara tersebut. Kini kamu juga bisa cek keaslian emas dengan adanya teknologi CertiEye. Sekadar info, sertifikat emas kini sudah menyatu dengan emas sebagai pembungkusnya. 

Sesuaikan juga berat dan banyaknya emas yang dibeli dengan kemampuan finansial serta tujuan investasi kamu di masa depan. Berat emas yang kamu bisa beli sendiri beragam mulai dari yang terkecil 0,5 gram.

Untuk lebih yakin, pastikan kamu menghindari tujuh kesalahan ini saat berinvestasi emas.

Apakah Investasi Emas Membutuhkan Modal yang Besar?

Investasi Emas

Emas batangan merupakan barang berharga dan pastinya mahal. Namun, harga emas batangan sangat beragam tergantung pada berat emas yang kamu beli.

Jika harga emas dengan berat 5 gram terlalu besar, kamu bisa mulai berinvestasi emas dengan membeli emas berukuran 1 atau 2 gram. Tidak ada keharusan berat minimal emas yang kamu beli untuk memulai investasi.

Semua tergantung pada kemampuan finansial dan tujuan investasi kamu. Lagi pula, saat ini sudah banyak platform online yang menyediakan jasa jual beli emas sehingga kamu bisa membeli emas dalam nominal kecil.

Membeli nominal kecil berarti kamu bisa membeli emas secara perlahan dan minimal biaya yang perlu dikeluarkan juga bisa lebih ringan. 

Lebih Baik Investasi Emas Online atau Beli Langsung?

Investasi Emas

Berhubung saat ini cukup banyak platform jual beli emas online, orang-orang banyak yang terbelah dalam menentukan mana yang lebih baik di antara kedua cara membeli emas.

Apakah lebih baik membeli emas secara langsung di toko atau membelinya secara online? Kembali lagi, keduanya baik dan bisa kamu lakukan sesuai dengan kebutuhan. Jika punya uang yang cukup, kamu bisa membeli emas langsung di toko tepercaya.

Sebaliknya, jika dana terbatas atau masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, kamu bisa membeli emas dalam nominal kecil melalui platform online. Yang terpenting, kamu perlu memastikan toko online tersebut aman dan emas yang dijual pun asli.

Nah, penjelasan lebih lengkap antara membeli emas langsung atau secara online bisa kamu lihat di sini, nih. Kamu bisa membandingkan keduanya dan tentukan mana yang lebih sesuai dengan keadaan finansialmu.

Lebih Baik Emas Batangan atau Produk Investasi Lain?

Investasi Emas

Ragu memilih investasi emas atau investasi pada produk lain? Meskipun produk investasi lain juga bagus dan disarankan melakukan diversifikasi, emas batangan memang memiliki kelebihan yang tidak bisa kamu abaikan.

Dibandingkan dengan produk investasi lain, emas batangan termasuk produk investasi safe haven yang berarti merupakan produk investasi aman walaupun dalam kondisi ekonomi dan sosial yang memburuk. 

Emas batangan juga tahan terhadap inflasi dan nilainya secara signifikan selalu mengalami kenaikan. Meski kamu tetap harus waspada dengan penurunan harga, harga emas cenderung naik dari tahun ke tahun.

Investasi emas pun tidak membutuhkan proses yang sulit. Untuk kamu yang malas ribet, emas batangan bisa dijadikan salah satu pilihan. Kamu hanya perlu membeli, menyimpan, lalu menjualnya kapan pun dibutuhkan.

Apakah Beli Emas Menguntungkan?

Investasi Emas

Juga menjadi pertanyaan orang-orang ketika berinvestasi emas adalah apakah investasi emas menguntungkan. Investasi tentunya memiliki tujuan untuk mendapat untung entah itu saat ini atau di masa depan.

Nah, masalah harga kamu tidak perlu khawatir karena harga emas cenderung naik setiap tahunnya.  Dikutip dari pegadaiansyariah.co.id, rata-rata kenaikan harga emas sekitar 20% per tahun pada tahun 2008-2010. Selain itu, emas memiliki karakter yang tahan terhadap inflasi. Jadi, tidak perlu khawatir. 

Lagi pula, investasi emas tidak akan membuat kamu bangkrut. Karena saat kamu membeli emas batangan, itu artinya uang sudah kamu alihkan pada emas. Emas tersebut tidak akan menyusut atau menghilang.

Di antara banyaknya produk investasi, emas batangan juga memiliki risiko yang cenderung kecil. Selama kamu bisa memperhitungkan dengan baik kapan waktu yang tepat untuk menjual emas, kamu bisa meminimalkan kerugian. 

Risiko yang perlu kamu perhatikan ialah kehilangan atau mendapat emas palsu. Namun, risiko tersebut bisa kamu hindari dengan menyimpan emas di tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau oleh banyak orang serta hanya membeli emas di tempat yang dianjurkan.

Baca lebih lanjut keuntungan investasi emas di sini agar kamu semakin paham karakter emas batangan dan apa yang harus kamu lakukan saat berinvestasi emas.

 

==========

Kamu masih punya pertanyaan? Ada lima pertanyaan penting lainnya yang bisa kamu baca di sini. Selain itu, jika kamu butuh informasi lain seputar emas, kamu bisa kunjungi artikel lain di blog e-mas.

Setelah paham dan mendapat informasi yang cukup, jangan lupa segera beli emas, terutama ketika harga emas sedang turun seperti akhir-akhir ini. Lebih cepat, lebih baik!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *