Persiapkan Finansial Sebelum Menikah dengan Membicarakan 6 Hal Ini!

Sudah bicarakan masalah finansial berikut ini?
Finansial Sebelum Menikah

Sudah ada rencana menikah? Selain masalah biaya menikah, finansial sebelum menikah pun perlu masuk prioritas kamu dan pasangan. Keuangan perlu dibicarakan tidak hanya di awal saat menyiapkan pernikahan, tapi juga untuk seterusnya.

Tidak sedikit orang yang tidak mau membicarakan masalah finansial karena merupakan topik yang sensitif dan takut menyinggung perasaan pasangan. Namun, kamu tidak bisa mengabaikannya terus menerus. 

Kamu dan pasangan akan hidup bersama dengan kebutuhan dan pengeluaran yang bisa jadi lebih besar. Semua itu membutuhkan dana yang jumlahnya tidak sedikit. Bagaimana kamu membiayainya? Karena itu, finansial sebelum menikah perlu didiskusikan.

Nah, setidaknya kamu dan pasangan perlu membicarakan enam hal ini sebelum menikah. Apa saja?

Pahami Kebiasaan Keuangan Pasangan

Finansial Sebelum Menikah

Setiap orang tentu memiliki kebiasaan hidup yang berbeda, termasuk kebiasaan mengelola uang. Kamu mungkin sudah bisa menduga pengeluaran dan gaya hidup pasangan dilihat dari pakaian dan pola jajan, tapi itu tidak cukup.

Kamu perlu membicarakan mengenai kebiasaan dia dalam menabung dan cara mengelola uang. Pandangan dan sikapnya terhadap keuangan masa depan juga bisa menjadi salah satu topik penting.

Mengetahui dengan baik kebiasaan pengeluaran serta pengelolaan uang bisa memberi gambaran mengenai keuangan masa depan kalian. Menentukan langkah selanjutnya yang perlu diambil juga bisa lebih mudah.

Lakukan Financial Check Up

Finansial Sebelum Menikah

Persiapan finansial sebelum menikah bisa kamu mulai dengan melakukan financial check up untuk kamu dan pasangan. Seperti halnya medical check up, financial check up merupakan pemeriksaan keuangan secara menyeluruh dalam jangka waktu tertentu.

Jadi, kamu dan pasangan melakukan pengecekan terhadap kesehatan keuangan kalian. Kalian akan mengevaluasi dana tunai yang dimiliki, utang dan piutang, serta nilai tabungan dan investasi. 

Setelah melakukan ini, masalah finansial sebelum menikah bisa lebih jelas. Berapa modal yang dimiliki untuk menikah dan seberapa baik keadaan keuangan kelak ketika sudah menikah. Setelah mengetahui keuangan kamu dan pasangan dengan baik, menentukan tujuan keuangan di masa depan juga bisa lebih terarah.

Bicarakan Masalah Uang untuk Pesta Pernikahan

Finansial Sebelum Menikah

Pesta pernikahan juga pastinya butuh dana tidak sedikit. Oleh sebab itu, kamu dan pasangan perlu membicarakannya dengan serius. Jika financial check up sudah dilakukan, kamu tidak akan kesulitan merencanakan pesta pernikahan.

Setidaknya, kamu sudah bisa mengetahui modal dana yang ada di tangan. Selanjutnya, kamu perlu membicarakan konsep pernikahan yang diinginkan dan berapa sisa dana yang dibutuhkan. 

Kamu dan pasangan bisa membicarakan rencana menabung untuk melengkapi sisa dana yang dibutuhkan. Buat tabungan khusus untuk menabung dana menikah sambil mencari kemungkinan penawaran harga yang lebih murah.

Bicarakan Juga Utang dan Tanggungan

Finansial Sebelum Menikah

Pembahasan finansial sebelum menikah yang tidak boleh dilewatkan juga ialah masalah utang dan piutang. Utang banyak atau sedikit akan menjadi beban keuangan di masa depan. Oleh sebab itu, kamu dan pasangan perlu saling terbuka membahas topik ini.

Meski masalah utang bukan topik yang mudah dibicarakan, kalian perlu mengetahui keadaan keuangan satu sama lain. Begitu pun dengan tanggungan yang kamu dan pasangan miliki, entah itu orang tua, adik, atau kakak.

Kamu dan pasangan perlu membahasnya dengan jujur demi perencanaan masa depan yang jelas dan tanpa hambatan. Karena dua hal ini bisa mengganggu rencana keuangan kalian di masa depan, membahasnya dari sekarang merupakan langkah yang tepat.

Menentukan Tujuan Keuangan Bersama

Finansial Sebelum Menikah

Apakah kamu ingin segera membeli rumah atau kendaraan? Atau berapa kali dalam setahun kamu dan pasangan pergi berlibur? Berapa anak yang ingin dimiliki? Bagaimana dengan pendidikannya?

Semua pertanyaan tersebut perlu dibahas ketika kalian menyusun rencana keuangan di masa depan. Kamu dan pasangan juga perlu membahas tujuan keuangan baik sebagai pasangan, ataupun pribadi. 

Kalian perlu membahas tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang serta cara untuk mewujudkannya. Misal, dengan menabung sejumlah uang bersama-sama setiap bulan atau berinvestasi pada sejumlah produk.

Perjanjian Pranikah

Finansial Sebelum Menikah

Prenuptial agreement atau perjanjian pranikah adalah perjanjian yang dibuat oleh calon pengantin pria dan wanita sebelum mengadakan upacara pernikahan. Perjanjian ini membagi harta kekayaan kedua calon pengantin sehingga bisa dibedakan jika terjadi perceraian atau kematian.

Dengan adanya perjanjian pranikah membuat harta dan utang pribadi kedua belah pihak menjadi terpisah. Tanpa perjanjian ini harta dan utang selama masa pernikahan adalah milik bersama.

Meski banyak orang yang tidak menganggap penting perjanjian ini, perjanjian pranikah membuat harta kamu dan pasangan lebih aman. Jika kamu atau pasangan memiliki masalah keuangan seperti utang dalam jumlah besar, pasangan kalian tidak perlu menanggung beban utang tersebut.

Jadi, walaupun anggapan yang sering diberikan buruk, perjanjian pranikah tidak seburuk yang dibayangkan. Dampaknya justru bisa lebih menguntungkan untuk kamu dan pasangan. Namun, tentunya dibutuhkan keterbukaan antara kamu dan pasangan untuk mau membuat perjanjian ini.

 

=======

Membahas masalah keuangan mungkin membuat pasangan tidak merasa nyaman, tapi sampai kapan mau membiarkannya? Meskipun bukan segalanya, uang memainkan peranan penting untuk kehidupan kalian di masa depan.

Jadi, sampingkan rasa tidak nyaman tersebut dan mulailah membahas masalah yang penting sebelum tanggal pernikahan semakin dekat. Jika dibicarakan, beban keuangan pun bisa dibagi dua dan membuat rencana menikah bisa lebih cepat terwujud.

Membicarakan finansial sebelum menikah juga membuat langkah ke depan lebih ringan. Kamu dan pasangan tahu kondisi keuangan berdua dengan baik sehingga rencana masa depan bisa disusun lebih matang.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *