Perlukah Punya Beberapa Rekening Tabungan untuk Mengelola Uang?

Kamu punya berapa rekening tabungan, nih?
Rekening Tabungan

Berapa akun rekening tabungan yang kamu punya? Seperti yang kamu tahu, menyimpan uang di bank lebih dianjurkan karena lebih aman dengan semua fasilitas dan layanan yang ditawarkan.

Namun, berapa normalnya seseorang perlu memiliki akun rekening bank untuk menyimpan dan mengelola uang mereka? Saat ini, setidaknya setiap orang memiliki satu akun rekening bank. Walau satu akun bank sudah biasa, bukan berarti kamu tidak boleh memiliki lebih dari satu akun rekening bank.

Untuk mengelola uang, memiliki lebih dari satu rekening mungkin lebih baik sehingga kamu bisa menyimpan uang sesuai dengan fungsinya. Pengelolaan uang pun menjadi lebih mudah serta tercatat rapi. 

Seperti apa penjelasan lengkapnya? Baca terus sampai selesai.

Kenapa Harus Menggunakan Lebih dari Satu Rekening Tabungan?

Rekening Tabungan

Sekalipun menggunakan satu akun rekening bisa sangat bermanfaat untuk kamu, memiliki akun kedua bisa lebih memudahkan dalam mengatur keuangan. 

[Baca: Gunakan 7 Cara Mudah Ini untuk Mengatur Keuangan Keluarga]

Tidak hanya itu, dengan akun rekening yang terbagi-bagi sesuai fungsi dan tujuan uang, kamu bisa merasakan manfaat rekening tabungan seperti berikut ini.

1. Bisa sisihkan uang untuk tujuan yang berbeda. 

Menyimpan uang dalam satu rekening tabungan, tapi dengan fungsi yang berbeda-beda bisa menyulitkan kamu di masa depan. Jika tidak teliti, kamu mungkin menggunakan uang dengan fungsi A untuk membayar keperluan B. 

[Baca: Apa Itu Sinking Fund?]

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mengatur uang menggunakan dua rekening bank atau lebih. Jadi, uang dapat dianggarkan dengan jelas dan fungsinya tidak akan tertukar.

2. Lebih mudah dengan Autodebit. 

Dengan membuat akun rekening lain, kamu juga bisa menggunakan layanan autodebit untuk menabung. Jadi, kamu bisa membuat akun khusus untuk menabung sehingga tidak mengganggu sumber uang yang lain. 

Selain itu, cara ini bisa membantu kamu memastikan untuk menabung setiap bulan secara rutin. 

3. Membuat uang lebih aman dari godaan belanja. 

Uang yang dipisahkan seharusnya tidak untuk digunakan, tapi disimpan. Dengan konsep pemikiran tersebut, kamu bisa lebih mudah menahan diri untuk tidak menggunakan uang simpanan tersebut. 

Kamu juga mungkin tidak akan mau “memecah” uang tersebut karena sayang dengan usaha yang sudah kamu lakukan untuk mengumpulkannya.

[Baca: Apa Itu Dana Darurat & Seberapa Penting Menyiapkannya?]

4. Lebih mudah memantau perkembangan tabungan. 

Berapa banyak tabungan kamu? Hal ini lebih mudah diketahui jika kamu punya akun khusus untuk menabung. 

Selain itu, ketika kamu menabung untuk tujuan tertentu di masa depan, dengan adanya rekening khusus kamu lebih mudah mengetahui berapa banyak sisa uang yang perlu kamu kumpulkan. 

5. Bisa menjadi sumber motivasi. 

Siapa yang tidak senang memiliki uang tabungan yang banyak? Memiliki rekening tabungan yang terpisah dengan uang lain bisa membuat kamu tahu dengan pasti jumlah uang yang sudah dikumpulkan. Kamu bisa merasa senang dan lebih bersemangat dalam menabung untuk mencapai tujuan kamu.

6. Melatih diri lebih disiplin dan tanggung jawab. 

Bagaimana pun juga jumlah uang dalam rekening kamu bisa menunjukkan seberapa banyak uang yang sudah kamu simpan untuk mencapai tujuanmu. 

Jadi, jika uang tabungan kamu tidak juga bertambah, ini saatnya untuk memeriksa apa yang salah dengan penggunaan uangmu. Teliti kembali pengeluaran yang dilakukan dan hambatan lain yang menyulitkan kamu untuk menyimpan uang.

7. Membantu kamu dalam menentukan pengeluaran. 

Rekening tabungan yang terpisah bisa membantu kamu untuk menganggarkan uang untuk berbagai pengeluaran penting. 

Misal, jika kamu harus membayar biaya sekolah anak tahun depan dengan jumlah yang cukup besar, kamu bisa mengumpulkan uang setiap bulan dan memantau perkembangannya. 

Begitu pun untuk pengeluaran sehari-hari, kamu bisa memisahkan akun rekening khusus untuk mendanai aktivitas sehari-hari dan akun untuk mencapai tujuan kamu dalam waktu dekat.

8. Memisahkan uang suami dan istri. 

Setelah berkeluarga, kamu dan suami mungkin perlu menggabungkan uang untuk mengatur keuangan di masa kini dan masa depan. Namun, jika ingin memiliki akun khusus yang hanya kamu yang tahu dan menguasai, buatlah akun rekening baru. 

Dengan begini, uang keluarga dan uang pribadi tidak akan tercampur. Rencana masa depan keluarga juga tidak terganggu dengan pengeluaran pribadi pasangan.

9. Memisahkan fungsi uang dengan jelas. 

Uang perlu dibagi untuk pos-pos pengeluaran berbeda tiap bulannya. Dengan memisahkan rekening, kamu akan bisa memisahkan fungsi setiap uang. 

Penggunaannya pun menjadi lebih jelas dan teratur. Tidak akan ada pengeluaran yang melebihi anggaran dan kamu pun bisa lebih disiplin dalam menggunakan uang.

Bagaimana Mengelola Beberapa Rekening Tabungan?

Rekening Tabungan

Dengan manfaat yang akan kamu dapatkan ketika memiliki beberapa rekening tabungan, kamu perlu mengelola setiap rekening dengan baik. Kamu perlu memikirkan tabungan untuk apa saja yang diperlukan dan cara terbaik untuk mengumpulkannya.

1. Manfaatkan bank dan layanan keuangan lainnya. 

Saat ini, selain bank konvensional, ada pilihan bank lain, seperti bank digital. Selain itu, khusus uang untuk pengeluaran harian bisa juga langsung kamu alokasikan ke uang elektronik sehingga lebih praktis. 

Dalam memilih bank, kamu juga bisa memilih dengan layanan biaya administrasi terkecil atau bunga yang lebih besar untuk kamu yang ingin keuntungan lebih ketika menabung.

2. Langsung Pisahkan Sesuai dengan Kebutuhan. 

Uang yang dimaksudkan untuk ditabung, diinvestasikan, atau disimpan untuk tujuan tertentu di masa depan, sebaiknya segera disisihkan sejak kamu menerima gaji. 

Kamu bisa menggunakan layanan autodebit atau transfer langsung ke rekening tabungan kamu. Intinya, jangan menunda untuk menyimpan uang karena kamu bisa saja tergoda untuk memakainya.

3. Buat akun rekening untuk setiap keperluan. 

Kamu mungkin bertanya-tanya berapa banyak akun yang perlu dibuat, jawabannya kamu bisa buat akun untuk setiap tujuan keuanganmu. Misal, buat rekening khusus untuk dana pendidikan anak, biaya pernikahan, liburan, atau tabungan untuk beli rumah. 

Meski bisa buat sebanyak mungkin rekening, kamu juga harus ingat apakah kamu bisa mengelola setiap akun dengan baik. Jangan sampai terlalu banyak akun hingga kamu lupa untuk memantau perkembangannya.

4. Prioritaskan tujuan keuanganmu. 

Tips ini bisa membantu kamu dalam menentukan berapa banyak rekening yang perlu dibuat. Jika kemampuan finansialmu saat ini baru bisa memprioritaskan satu atau dua tujuan, lebih baik buat rekening sesuai dengan kesanggupan finansialmu. 

Ini lebih baik daripada kamu buat banyak akun, tapi hanya dua yang bisa kamu isi dengan rutin.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *