Kembali Bekerja di Era New Normal? Perhatikan 10 Hal Ini!

Sudah siap kembali ke kantor?
Bekerja di Era New Normal

Sudah siap untuk bekerja di era new normal? Siap ataupun tidak, banyak orang tidak memiliki pilihan lain selain berangkat kerja ke kantor. Jika masih memungkinkan, akan lebih baik kamu tetap di rumah untuk kebaikan bersama.

Namun, jika tidak ada pilihan lain, pastikan kamu bekerja di era new normal ini persiapan yang matang. Perhatikan 10 hal ini untuk tetap aman selama di perjalanan dan di kantor saat bekerja!

Panduan Bekerja di New Normal

Bekerja di Era New Normal

Ada sejumlah aturan kerja di era new normal yang perlu kamu perhatikan dengan baik demi terciptanya kondisi yang aman. Aturan ini sangat penting untuk dilakukan secara disiplin jika ingin terhindar dari bahaya virus corona. 

Kondisi Tubuh Sehat

Kerja di era new normal pasti tidak mudah untuk banyak orang. Meski begitu, banyak orang tidak memiliki pilihan lain atau menghindar dari ketentuan ini. Jadi, yang harus dilakukan ialah menjaga tubuh kamu tetap sehat agar imun tubuh terjaga. 

Sebelum berangkat bekerja pun, pastikan kamu berada dalam kondisi tubuh yang fit dan tidak memiliki gejala seperti saat tertular virus corona. Ada baiknya juga, kamu menyiapkan termometer di rumah untuk mengecek suhu tubuh jika demam terjadi.

Selalu Menggunakan Masker

Masker wajib digunakan saat kamu beraktivitas di luar, apalagi untuk kamu yang bekerja di era new normal ini. Gunakan masker sejak keluar rumah dan tetap gunakan selama bekerja di kantor.

Banyak orang juga menyarankan untuk menyiapkan masker cadangan dan ganti masker setiap 4 jam sebagai antisipasi. Kamu juga perlu memilih masker kain berlapis tiga untuk perlindungan maksimal.

Gunakan Hand Sanitizer

Saat dalam perjalanan di bus atau naik ojek online, sediakan selalu hand sanitizer sebagai pengganti cuci tangan dengan sabun. Gunakan hand sanitizer setiap setelah memegang apa pun.

Usahakan untuk tidak menyentuh benda atau bagian mana pun saat kamu di bus atau naik ojek. Namun, jika tidak bisa dihindari, ingat untuk segera membersihkan tangan setelah turun dari bus atau setibanya di kantor. 

Cuci Tangan Setelah Tiba di Kantor

Kamu perlu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setibanya di kantor. Ini panduan bekerja dalam keadaan new normal yang perlu dilakukan dengan disiplin. Cara ini bisa membantu tanganmu tetap bersih dan terhindar dari bahaya virus corona. 

Pastikan kamu juga mencuci tangan secara rutin selama di kantor. Sediakan hand sanitizer di meja kerja agar kamu bisa membersihkan tangan sebelum atau setelah memegang sesuatu. 

Bawa Peralatan Ibadah & Makan Sendiri

Hal yang perlu diperhatikan lainnya saat bekerja di era new normal ini ialah kamu perlu membawa dan menggunakan semua peralatan sendiri, termasuk peralatan makan dan ibadah selama di kantor.

Jangan berbagi atau saling meminjamkan di masa pandemi ini. Ini sebagai langkah untuk menjaga tidak adanya kontak dengan orang lain dan demi meminimalkan potensi tertular oleh orang lain.

Tidak Berkerumun & Jaga Jarak

Aturan tidak berkerumun dan jaga jarak berlaku saat kamu mengantre naik transportasi umum ataupun selama di kantor. Meski dulu tidak begitu, saat ini akan lebih baik kamu tidak mengobrol terlalu lama, berdekatan, hingga berkerumun dengan teman lainnya. 

Usahakan tempat duduk dan kerja kamu berjarak hingga 2 meter dengan karyawan lain. Bisa juga atur jadwal kedatangan yang berbeda agar tidak menumpuk saat tiba atau pulang dari kantor. 

Bersihkan Meja Kerja Kamu

Sebelum memulai kerja, sebaiknya kamu membersihkan meja atau area kerja agar lingkungan lebih bersih. Bisa dengan menyemprotkan disinfektan untuk meja atau tas yang kamu bawa.

Banyak orang sering mengabaikan atau bahkan tidak ingat harus membersihkan meja mereka. Meski ini sepele, cara ini bisa menjadi bagian dari usaha kamu untuk menjaga diri dan tubuh tetap bersih dan terhindar dari virus. 

Kurangi Menyentuh Fasilitas Bersama

Salah satu cara penularan virus ialah melalui tangan, misalnya menyentuh benda yang memiliki virus di permukaannya. Oleh sebab itu, kurangi menyentuh benda-benda untuk fasilitas bersama selama di kantor atau perjalanan. 

Kamu juga bisa mengakalinya dengan membeli alat untuk untuk membuka pintu dan membawa peralatanmu sendiri ke kantor. 

Bawa Helm Sendiri

Jika naik ojek, baik yang dipesan secara online atau ojek kenalan pribadi, gunakan helm kamu sendiri. Sekali lagi, semua milik sendiri dan digunakan untuk diri sendiri ini cara agar tidak memiliki kontak dengan orang lain yang bisa saja membawa virus.

Pakai Layanan Nontunai

Nah, layanan nontunai bisa kamu gunakan untuk pembayaran selama masa new normal ini. Gunakan metode pembayaran ini untuk transaksi apa pun selama memungkinkan, termasuk transportasi online.

  

Semoga semua usaha dan antisipasi ini membuat kita tetap terlindungi dari bahaya virus corona!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *