Perbedaan Pinjaman Online Legal dan Ilegal yang Perlu Kamu Tahu

Mau pinjam uang online?
Pinjaman Online Legal

Di antara banyaknya pinjaman online, kamu harus jeli mencari pinjaman online legal dan ilegal. Jangan sampai salah pilih karena risikonya bisa berkepanjangan. Tidak hanya untuk keuangan, tapi juga kehidupan sosialmu.

Jadi, pahami dengan jelas ciri-ciri penyedia pinjaman online legal dan ilegal lalu pilih dengan cermat. Jika kamu tidak tahu apa saja perbedaan di antara keduanya, baca di sini agar kamu tidak salah tempat saat mengajukan pinjaman!

Pinjaman Online Legal

Pinjaman Online Legal

Pinjaman online yang legal akan memberi kamu lebih banyak kemudahan dan yang pasti rasa tenang saat meminjam uang. Dengan peraturan yang ketat dan diawasi oleh pemerintah, kamu bisa merasa aman meminjam uang berapa pun.

Nah, pastikan perusahaan atau aplikasi pinjaman online legal yang kamu pilih memiliki ciri-ciri sebagai berikut. Ingat, selalu waspada dan berhati-hati sebelum, selama, atau sesudah meminjam uang.

Perizinan

Perusahaan pinjaman online yang legal tentunya terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nama perusahaan bisa kamu temukan di situs resmi badan pemerintah tersebut.

Untuk mengetahui terdaftar atau tidak, selain mengecek ke situs OJK, kamu juga bisa melihat di situs perusahaan bersangkutan memiliki logo OJK atau tidak. Perusahaan Pinjaman online legal yang diawasi oleh OJK tentunya terikat oleh peraturan yang akan melindungi hak-hak konsumen sehingga terjamin aman.

Identitas Perusahaan

Karena terdaftar, perusahaan pinjaman online legal akan memberikan informasi yang jelas perihal perusahaan. Informasi mengenai pengurus perusahaan serta alamat kantor dapat mudah ditemukan.

Kamu bahkan juga bisa menemukan akun media sosial, layanan surat elektronik, atau kontak perusahaan. Layanan pengaduan konsumen tersedia untuk memudahkan pengguna ketika menghadapi kendala atau masalah.

Pencairan Pinjaman

Perusahaan pinjaman online legal tidak memiliki ketentuan yang harus dilengkapi sebelum pinjaman seseorang diberikan. Kamu akan diseleksi ketat dan dimintai data mengenai identitas diri, pekerjaan, hingga nilai penghasilan.

Jika kriteria dan nilai pinjamanmu cocok, kamu baru akan diberikan pinjaman. Jadi, meminjam uang online tidak semudah mendaftar lalu mendapatkan uang. Perusahaan yang resmi dan terdaftar memiliki sejumlah peraturan untuk pengguna.

Bunga

Perusahaan pinjaman online yang legal akan memberikan informasi yang jelas terkait dengan bunga atau biaya pinjaman lainnya. Umumnya, bunga atau biaya pinjaman berkisar antara 0,05% sampai dengan 0,8% per hari dengan maksimum pengembalian (termasuk denda) 100% dari pinjaman pokok.

Penagihan Pinjaman

Di perusahaan yang resmi jika telat atau tidak membayar maksimum penagihan dilakukan selama 90 hari. Risiko bagi yang tidak melunasi pinjaman setelah 90 hari akan masuk dalam daftar hitam (blacklist) Pusdafil. 

Akses Ponsel

Perusahaan pinjaman online legal memiliki akses yang terbatas pada ponselmu. Perusahaan hanya dapat mengakses fitur kamera, mikrofon, dan lokasi. Tidak meminta akses ke seluruh perangkat ponsel milik pengguna. Hal ini karena mereka tunduk pada peraturan yang berlaku.

Pinjaman Online Ilegal

Pinjaman Online Legal

Pinjaman online ilegal berarti pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK. Namun, ciri-ciri perusahaan pinjaman online ilegal tidak hanya sebatas itu. Karena mereka tidak terdaftar, banyak peraturan yang tidak diterapkan yang pastinya akan menyusahkan penggunanya.

Nah, apa saja ciri-ciri yang harus kamu waspadai? Ini dia.

Perizinan

Perusahaan atau aplikasi pinjam uang ilegal tentunya tidak memiliki izin OJK sehingga tidak diawasi oleh badan tersebut. Karena tidak terdaftar, mereka bisa saja tidak mengikuti peraturan yang seharusnya sehingga bisa merugikan pengguna.

Kerugian yang didapat bisa saja tidak hanya dalam hal materi, tapi juga sosial. Nah, untuk menghindarinya, teliti dengan baik perusahaan tempat kamu akan meminjam uang. Pastikan sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Identitas Perusahaan

Umumnya, perusahaan pinjaman online yang ilegal tidak menyertakan identitas pengurus yang jelas. Alamat kantor pun tidak mudah ditemukan, bahkan bisa tidak dicantumkan. Selain itu, layanan pengaduan konsumen pun tidak tersedia.

Jika alamat kantor, kontak, dan identitas perusahaan tidak jelas lebih baik jangan dilanjutkan. Hindari perusahaan seperti itu karena hanya akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Pencairan Pinjaman

Jika melihat atau mengetahui seseorang meminjam uang online tanpa membutuhkan data yang banyak, kamu perlu curiga. Umumnya, perusahaan pinjaman online yang ilegal memberi iming-iming pencairan dana yang cepat dan mudah.

Kamu hanya perlu mengunggah foto dan KTP untuk mendapatkan pinjaman, padahal data yang dibutuhkan tidak hanya itu. 

Bunga

Perusahaan pinjaman online yang tidak terdaftar resmi jarang memberikan informasi yang jelas mengenai bunga dan biaya pinjaman lainnya. Bunga yang dibebankan juga bisa lebih besar dan berkali-kali lipat dari pinjaman pokok.

Maksimum pengembalian (termasuk denda) juga tidak terbatas. Informasi seperti ini umumnya tidak diberitahukan di awal sehingga kamu tidak sadar kemungkinan kerugian yang akan dialami setelah meminjam uang.

Penagihan Pinjaman

Pinjam uang online di perusahaan yang ilegal bisa memberi masalah jika kamu telat atau bahkan tidak melunasi pinjaman. Hal ini karena masa penagihan tidak memiliki batas waktu. Lebih buruk, penagihan umumnya diikuti dengan ancaman kekerasan, penghinaan, pencemaran nama baik, hingga menyebarkan foto atau video pribadi. 

Akses Ponsel

Untuk perusahaan yang tidak terdaftar, akses yang diminta bisa tidak terbatas atau keseluruhan data yang ada di ponsel. Karena ini jugalah, perusahaan bisa mengakses kontak yang ada di ponselmu.

Dengan begitu, ketika kamu telat membayar, penagihan dilakukan dengan cara mengirimkan pesan ke semua kontak yang ada dalam ponselmu. 

 

========

Setelah tahu perbedaan antara pinjaman online legal dan ilegal, kamu bisa mengajukan pinjaman lebih aman dan tenang. Ingat, jangan mengajukan pinjaman di luar batas kemampuan finansialmu. 

Selain itu, usahakan hanya meminjam uang secara online ketika kamu terdesak dan tidak memiliki pilihan lain!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *