Apa Saja Pengeluaran yang Kamu Lupakan dalam Anggaran Bulanan? Ini Jawabannya!

Jangan lupa masukan pengeluaran ini dalam anggaran kamu!
Anggaran Bulanan

Membuat anggaran bulanan memang tidak semudah yang dibayangkan. Meski kamu sudah membuat data pengeluaran dan pemasukan dengan rinci, tidak menutup kemungkinan selalu ada yang terlewat.

Jika hanya pengeluaran kecil dan satu kali, barangkali tidak terlalu mengganggu anggaran yang sudah dibuat. Namun, jika terjadi berkali-kali dan memerlukan dana yang besar, pengeluaran yang tidak dianggarkan bisa mengacaukan anggaran bulanan yang sedang berjalan.

Untuk menghindarinya, kamu perlu memahami semua pengeluaran, termasuk pengeluaran yang terjadi tiba-tiba. Bagaimana caranya? Kamu bisa mendatanya dari pengeluaran yang sering dilupakan di bawah ini.

Anggaran untuk Makan di Luar

Anggaran Bulanan

Cara mengatur keuangan bulanan salah satunya ialah kamu mendata pengeluaran setiap harinya. Namun, apakah kamu setiap hari makan di luar? 

Jawabannya mungkin tidak atau bahkan kamu tidak ingin makan di luar sama sekali. Oleh sebab itu, kamu tidak merasa perlu untuk menganggarkannya.

Lalu, bagaimana jika ada ajakan makan di luar dadakan? Uang yang dikeluarkan bisa saja tidak sedikit. Dengan terpaksa kamu mungkin harus mengambil uang untuk keperluan lain. Anggaran bulanan berjalan pun bisa tiba-tiba menjadi berantakan.

Karena kamu tidak bisa menduganya, ada baiknya anggarkan uang untuk satu atau dua kali makan di luar. Seandainya tidak ada kebutuhan untuk makan di luar, uang tersebut bisa kamu anggarkan untuk kebutuhan yang sama di bulan berikutnya atau ditabung.

Anggaran untuk Jajan

Anggaran Bulanan

Apakah kamu termasuk yang senang jajan setiap harinya? Uang untuk jajan mungkin tidak banyak, tapi jika dikeluarkan hampir setiap hari jumlahnya bisa mengambil porsi yang cukup besar.

Jika sudah dianggarkan, mungkin tidak terlalu masalah. Namun, jika kamu tidak menyadari pengeluaran untuk jajan bisa hampir setiap hari, kebutuhan jajan tersebut bisa membuat anggaran bulanan tidak berhasil.

Jadi, ada baiknya ketahui kebutuhan kamu untuk jajan, entah itu beli kopi, beli aksesoris, atau makanan. Hitung jumlahnya dan anggarkan sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Dengan begini, anggaran bulanan bisa diselamatkan.

Anggaran untuk Hiburan

Anggaran Bulanan

Siapa bilang uang untuk nonton film atau nongkrong dengan teman tidak perlu dianggarkan? Justru pengeluaran ini bisa memakan jumlah uang yang tidak sedikit. Meski nongkrong dengan teman tidak bisa selalu diprediksi, uang untuk kebutuhan tersebut bisa disiapkan jauh-jauh hari.

Misal, buat rencana bertemu dengan beberapa pekan sebelumnya atau alokasikan uang untuk hiburan setiap bulan. Jika tidak terpakai, akumulasi dana tersebut bisa digunakan saat ada ajakan dari temanmu.

Belanja Pakaian

Anggaran Bulanan

Belanja pakaian memang tidak setiap bulan? Namun, bagaimana jika kamu tiba-tiba ingin membeli baju? Dari mana uangnya? Jika masih bisa menahan diri, uang dan anggaran tidak akan terganggu. 

Bagaimana jika sebaliknya? Oleh sebab itu, jika sudah berniat untuk tidak belanja yang tidak perlu, usahakan menghindari info-info promo atau iklan toko langganan. Sebaliknya, jika ada kebutuhan, anggarkan uang di bulan sebelumnya.

Dana untuk Keadaan Darurat

Anggaran Bulanan

Mobil tiba-tiba rusak atau ponsel kamu hilang, kejadian seperti itu memang tidak terduga dan bisa saja menguras uang belanja. Namun, semua itu tidak akan terlalu berpengaruh jika kamu memiliki dana darurat.

Jadi, agar anggaran setiap bulannya berjalan tanpa ada kendala, jangan lupa alokasikan dana darurat dalam persentase pembagian gaji. Saat ada kejadian tidak terduga, kamu tidak perlu takut kejadian tersebut akan mengganggu keuangan bulananmu.

Uang Beli Hadiah

Anggaran Bulanan

Beli hadiah untuk teman atau keluarga memang tidak setiap bulan, tapi bagaimana jika kamu lupa menganggarkannya? Anggaran uang untuk keperluan lain bisa terganggu. Untuk menghindarinya, sebelum mengelola gaji, ada baiknya periksa kalender.

Catat siapa saja yang berulang tahun atau kejadian penting yang mengharuskan kamu untuk membeli hadiah. Setelah itu, uang bisa dibagi dengan mudah dan tidak perlu khawatir tidak membeli kado untuk orang tersayang.

Dana untuk Menghadiri Undangan

Anggaran Bulanan

Cara mengatur keuangan pribadi memang bisa menjadi menyulitkan jika ada undangan yang datang tiba-tiba, saat bulan sudah berjalan dan semua uang sudah dialokasikan. Kamu harus memutar otak.

Sebagai solusi, kamu bisa menganggarkan sejumlah uang tunai untuk uang jaga-jaga atau uang cadangan setiap bulan. Keperluan yang tidak terduga bisa menggunakan uang ini, termasuk untuk menghadiri undangan pernikahan atau undangan lainnya. 

Dana untuk Keperluan Keluarga

Anggaran Bulanan

Meski sudah mandiri secara finansial, tidak menutup kemungkinan kamu masih harus bertanggung jawab untuk keperluan keluarga. Minimal, kamu merasa wajib membantu keluargamu ketika ada masalah.

Kejadian seperti ini mungkin sulit untuk diprediksi sehingga kamu tidak punya pilihan lain selain mengambil uang yang dianggarkan untuk keperluan lain. Namun, jika memiliki dana darurat atau dana cadangan, kamu bisa memanfaatkannya untuk menjaga anggaran bulanan milikmu.

Rencana Liburan Dadakan

Anggaran Bulanan

Stres dengan pekerjaan dan tiba-tiba ingin liburan? Baiknya, kamu menyiapkan uang liburan jauh-jauh hari agar keuanganmu tidak terganggu. Namun, selalu ada kebutuhan yang mendesak.

Kalau bisa menunda, kamu bisa menganggarkannya bulan depan. Jika tidak, usahakan untuk mencari penawar stres tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak. Bisa juga, cari liburan murah di sekitar rumahmu.

Hal ini karena biaya liburan membutuhkan uang yang banyak. Jika dipaksakan, bukan hanya anggaran bulanan yang bisa terganggu, melainkan juga tabungan kamu. Kamu pastinya tidak mau harus menabung dari awal, bukan?

Bisa juga, manfaatkan dana darurat atau dana cadangan jika memang sangat mendesak. Usahakan jangan sampai mengganggu anggaran bulanan pribadi atau rumah tangga, tabungan, serta dana pensiunmu.

Dana Ketika Sakit

Anggaran Bulanan

Sakit juga bukan kejadian yang bisa diprediksi. Uang yang dikeluarkan pun bisa jadi tidak sedikit. Oleh sebab itu, kamu perlu memiliki perencanaan keuangan yang baik.

Minimal, jika tidak ingin anggaran bulanan berantakan, pastikan kamu memiliki dana darurat. Dana darurat perlu dialokasikan setiap bulan untuk kejadian tidak terduga, termasuk ketika kamu sakit.

Adanya dana darurat merupakan salah satu cara membuat anggaran bulanan pribadi menjadi lebih ringan. Karena ada banyak kejadian yang tidak direncanakan, dana yang diperlukan perlu selalu disiapkan.

 

=========

Nah, karena pengeluaran semua orang tidak sama, selain daftar di atas, jangan lupa mengecek pengeluaran harian kamu sendiri untuk hasil yang lebih baik. Selain itu, selalu lakukan evaluasi untuk perbaikan anggaran setiap bulannya!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *