15 Pengeluaran “Kecil” Ini Ternyata Menghabiskan Banyak Uang

Apa saja pengeluaran kecil versi kamu?
Pengeluaran “Kecil”

Setiap harinya, kita pasti mengeluarkan uang untuk berbagai keperluan kecil. Namun, yang sering tidak disadari belum tentu pengeluaran kecil tersebut tidak membutuhkan dana yang besar.

Karena dilakukan hampir setiap hari, kamu jadi lupa lupa bahwa uang tersebut bisa menumpuk menjadi total yang sangat besar dan justru mengambil jatah terbesar dalam pengeluaran bulananmu.

Nah, pengeluaran “kecil” apa saja yang setiap hari kamu lakukan, tapi ternyata memakan porsi uang cukup banyak? Ini contohnya.

1. Air Minum Kemasan

Pengeluaran “Kecil”

Pengeluaran ini terlihat sangat sederhana, tapi jika dihitung bisa menghasilkan total yang cukup besar. Coba bayangkan berapa banyak botol air kemasan yang kamu perlukan setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan? 

[Baca: 15 Cara Jitu Memangkas Pengeluaran ]

Nah, daripada uang habis untuk membeli air minum, lebih baik kamu siapkan tempat minum dan bawa air dari rumah. Jika air tersebut habis, bisa isi ulang dengan air minum yang ada di kantor. Lebih irit dan uang juga bisa digunakan untuk keperluan lain.

2. Biaya Langganan 

Pengeluaran “Kecil”

Saat ini, banyak layanan yang menawarkan jasa langganan atau subscription, seperti aplikasi nonton film, baca buku, atau aplikasi self-learning. Biaya langganan ini mungkin tidak termasuk pengeluaran besar buat kamu, tapi pengeluaran ini bisa diminimalkan.

[Baca: Tip Jitu Menentukan dan Mencapai Tujuan Keuangan ]

Jika hanya nonton film sesekali atau masih lebih suka baca buku cetak, sebaiknya tidak perlu berlangganan. Aplikasi tersebut biasanya juga menyediakan film, buku, atau jasa lain yang bisa dinikmati secara gratis. 

Manfaatkan promo tersebut untuk mendapat hiburan dan simpan uang untuk sesuatu yang lebih penting.

3. Biaya Transportasi

Pengeluaran “Kecil”

Biaya transportasi pastinya dibutuhkan setiap hari. Meski mungkin biaya transportasi sehari-hari tidak terasa mahal, kamu masih bisa mencoba opsi lain untuk meminimalkan pengeluaran.

[Baca: Begini Cara yang Tepat Mengelola Keuangan Berdasarkan Tipe Kepribadian ]

Jika masih naik taksi, cobalah beralih ke transportasi umum seperti kereta api atau bus. Mungkin tidak senyaman taksi, tapi yang pasti bisa jauh lebih ringan dari segi biaya. 

Bisa juga, kamu mengaktifkan e-wallet di aplikasi transportasi online untuk menikmati banyak promo dan penawaran menarik lain. Dengan begitu, pengeluaran transportasi sehari-hari bisa lebih dihemat.

4. Biaya Jajan

Pengeluaran “Kecil”

Pengeluaran untuk jajan kopi atau camilan juga mungkin terasa kecil. Tapi, coba kamu hitung berapa banyak kamu jajan dalam satu pekan. Mungkin jumlahnya akan cukup besar. 

Dengan total uang yang cukup banyak itu, apa kamu tidak sayang hanya habis untuk jajan kopi atau makanan? Kamu bisa mulai mengurangi jajan, nih agar uang bisa ditabung atau diinvestasikan untuk masa depan.

Kamu bisa buat kopi sendiri atau bawa camilan dari rumah sebagai alternatif. Bisa juga anggarkan budget untuk jajan dalam satu bulan. Jadi, jajan kamu bisa lebih terkendali setiap bulannya.

5. Makan Siang

Pengeluaran “Kecil”

Makan siang di luar juga bukan hal yang salah, terutama bersama dengan teman-teman. Namun, jangan sampai keseringan, ya karena biaya yang kamu keluarkan bisa menggerogoti keseimbangan kondisi finansialmu. 

Cobalah untuk mulai membawa bekal dan nikmati makan siang yang lebih sehat. Kamu bisa belanja bahan makanan untuk beberapa hari lalu masak sendiri. Kamu pasti bisa menghemat lebih banyak uang!

6. Biaya Listrik

Pengeluaran “Kecil”

Penggunaan listrik juga tanpa disadari bisa menjadi salah satu pengeluaran terbesar setiap bulannya. Meskipun tidak terasa, penggunaan listrik yang boros bisa menghasilkan biaya tagihan yang lebih besar.

Cobalah amati penggunaan listrik di rumah, apakah kamu selalu mencabut kabel saat tidak menonton televisi atau mematikan listrik saat di luar ruangan? Kebiasaan-kebiasaan kecil seperti ini tidak hanya bisa mengurangi tagihan bulanan kamu, tapi menyelamatkan bumi kita.

7. Biaya Air

Pengeluaran “Kecil”

Seperti halnya listrik, air juga mungkin tanpa disadari sering kita gunakan dengan boros. Periksa kembali pemakaian air kamu sehari-hari di rumah dan kebiasaan mana yang bisa kamu ubah untuk penghematan.

Usahakan untuk mematikan air setelah digunakan dan jangan biarkan air terus menyala hingga terbuang percuma. Dengan menggunakan air secara bijak, kamu tidak hanya menguntungkan diri sendiri, tapi juga berkontribusi untuk lingkungan.

8. Paket Internet

Pengeluaran “Kecil”

Untuk menghemat paket internet, kamu bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Jangan biarkan paket internet terus menyala, bahkan saat tidak kamu pakai. 

Jika begitu, paket internet bisa cepat habis dan sebelum akhir bulan mungkin kamu bisa mengisi ulang beberapa kali.

Jika ada sumber internet gratis yang aman, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menghemat paket internet. Selain itu, usahakan untuk berhenti berselancar untuk sesuatu yang tidak penting.

Ganti kebiasaan tersebut dengan pekerjaan atau hobi lain yang lebih bermanfaat sehingga kamu bisa memaksimalkan waktu dan menghemat uang.

9. Rokok

Pengeluaran “Kecil”

Jika kamu seorang perokok, cobalah untuk berhenti merokok. Saran ini pasti dengan mudah kamu abaikan. Namun, tidak bisa dipungkiri, seperti halnya biaya jajan kopi atau makanan, rokok bisa menyedot uang kamu tanpa disadari.

Pengeluaran kecil sehari-hari ini bisa menjadi besar jika ditotal dan yang lebih buruk menciptakan efek ketagihan yang membuat siapa pun sulit untuk meninggalkannya. Selain tidak baik untuk keuangan, juga berefek buruk untuk kesehatan. Jadi, selagi muda berhentilah mengonsumsinya.

10. TV Kabel

Pengeluaran “Kecil”

Saat ini, siapa yang masih suka nonton televisi? Sekalipun televisi kabel, kebanyakan orang hanya menonton melalui ponsel mereka. 

Jika kamu salah satunya, ini saatnya untuk berhenti berlangganan TV kabel.Gunakan uang untuk mengisi paket internet atau kebutuhan lain yang memang mendesak.

11. Belanja Online

Pengeluaran “Kecil”

Belanja online untuk sesuatu yang memang dibutuhkan tidak ada masalah. Namun, jika kamu terus menerus belanja bahkan ketika tidak membutuhkan barang tersebut, kebiasaan tersebut harus segera kamu hentikan.

Berhentilah melihat iklan atau mengikuti akun belanja online agar tidak tergoda. Bisa juga, segera simpan uang untuk ditabung agar tidak bisa kamu belanjakan. Nantinya, uang tersebut bisa digunakan untuk berbelanja barang yang penting atau keperluan lain di masa depan.  

12. Gadget

Pengeluaran “Kecil”

Gadget atau gawai selalu ada versi terbaru yang lebih canggih daripada tipe sebelumnya. Untuk penggemar gadget dan teknologi terbaru, pastinya sulit menahan diri, benar nggak?

Meskipun tidak salah, terus menerus mengikuti keinginan seperti inilah yang bisa menghabiskan uang kamu, nih. Gadget tidak seperti barang investasi lain yang nilainya semakin lama semakin naik, justru yang terjadi nilainya semakin berkurang.

Jadi, tidak ada gunanya menumpuk barang-barang elektronik hanya untuk kesenangan atau investasi. Yang pasti, kamu tidak akan mendapat keuntungan untuk waktu yang lama.

Akan lebih baik, jika uang digunakan untuk berinvestasi pada produk investasi yang sudah jelas dan gunakan uang secukupnya untuk membeli gawai terbaru.

13. Produk Perawatan Wajah & Make Up

Pengeluaran “Kecil”

Barang-barang kecantikan, seperti perawatan kulit dan make up menjadi produk yang penting untuk perempuan masa kini. Apalagi dengan semakin tingginya tren kecantikan, berbagai produk untuk wajah dan tubuh pun semakin menjamur.

Tapi, tahu nggak nih, biaya untuk kecantikan tersebut tidak murah, lho. Jadi, jika kamu sering tidak sadar uang habis untuk apa, coba lihat alat make up terbaru milikmu. Bisa saja uang habis untuk keperluan itu.

Kalau kamu mau mengerem kebiasaan ini, cobalah pilih produk yang benar-benar cocok di kulit. Jangan membeli semua produk kecantikan karena selain mahal belum tentu cocok untuk kamu. Cobalah lebih selektif agar kulit dan uang kamu selamat.

14. Buku

Pengeluaran “Kecil”

Suka baca buku? Membaca buku meski baik juga bisa menjadi salah satu pengeluaran terbesar kamu. Apalagi saat ini harga kertas semakin mahal, harga buku yang dijual pun bisa naik. 

Untuk hobi ini, kamu bisa mulai beralih ke buku elektronik, nih. Biasanya buku elektronik atau e-book dijual lebih murah. Bisa juga kamu pinjam di perpustakaan, lebih hemat kamu tidak perlu mengeluarkan uang.

Namun, jika keduanya bukan cara favorit kamu untuk membaca buku, untuk meminimalkan pengeluaran kamu bisa membatasi pembelian buku setiap bulannya. Kamu juga bisa mendata buku pilihan yang harus dibeli sehingga bisa lebih hemat.

15. Barang-Barang Bermerk

Pengeluaran “Kecil”

Ada yang bilang beli barang bermerk biar awet dan tahan lama, tapi sekarang motif membeli barang-barang bermerk tidak hanya kualitas. Tidak sedikit orang yang membeli barang bermerk hanya untuk gengsi dan sebagai tuntutan gaya hidup.

Jika kamu mampu secara finansial untuk mengeluarkan uang berjuta-juta hanya untuk membeli tas, sepatu, atau pakaian, pastinya tidak ada masalah. Namun, jika membelinya dengan kartu kredit atau menghabiskan semua gaji, kamu perlu mempertimbangkan kembali perlu atau tidaknya membeli barang tersebut.

Sebelum membeli barang-barang tersebut, sebaiknya pastikan pengeluaran tersebut tidak mengganggu tabungan, dana investasi, dana darurat, dan keuangan selama satu bulan. Jika tidak bisa, untuk sementara tidak ada salahnya membeli produk dalam negeri yang berkualitas baik dan tidak kalah bagus dibandingkan produksi luar.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *