5 Nasihat Keuangan dari Orang Tua Ini Bisa Saja Salah, Lho!

Nasihat ini mungkin pernah kamu dengar!
Nasihat Keuangan

Sebagai anak muda kamu tentu memerlukan nasihat keuangan. Ada yang mencarinya di internet, bertanya pada pakar, dan yang sudah umum terjadi, kamu menerima nasihat dari orang tuamu sendiri. 

Orang tua yang sudah berpengalaman dalam hal pekerjaan, pengelolaan uang, dan hidup tentunya bisa kamu jadikan contoh. Kamu bisa belajar dari mereka dalam hal keuangan.

Namun, jangan salah, tidak semuanya benar dan cocok diterapkan di zaman sekarang. Lima nasihat keuangan ini, misalnya, bisa jadi sudah tidak sesuai!

Tanpa Kuliah Tidak Mungkin Sukses

Nasihat Keuangan

Dengan tingkat pendidikan tertentu, orang-orang akan lebih mendapatkan pekerjaan yang bagus. Negosiasi gaji juga menjadi lebih mudah. Namun, bukan berarti kamu yang tidak bisa kuliah, tidak akan sukses.

Banyak orang sukses membuktikan, ijazah kuliah bukan satu-satunya penentu keberhasilan dalam hidup. Jika orang tuamu berpendapat bahwa kuliah adalah satu-satunya jalan, hal itu disebabkan pada zaman dahulu akses pendidikan sangat terbatas.

Orang dengan pendidikan tinggi lebih mudah mendapatkan tempat di masyarakat dan lebih terpandang. Namun, sekarang ini sudah banyak tersedia media belajar meski tanpa harus kuliah.

Kamu bisa menghasilkan uang dengan berbagai cara kreatif dan bahkan lebih besar dibandingkan mereka yang bekerja kantoran. Jadi, jangan khawatir jika saat ini kamu belum bisa kuliah. Kuasai apa yang menjadi hobi atau keahlianmu dan hasilkan uang dari sana. 

Jika nanti sudah ada uang, kamu bisa lanjut kuliah untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi untuk menunjang karirmu.

Beli Perhiasan untuk Investasi

Nasihat Keuangan

Pernah dengar saran nasihat keuangan untuk berinvestasi pada emas perhiasan? Kamu pasti bukan satu-satunya. Emas memang instrumen investasi yang terkenal sejak lama. 

Meskipun saran tersebut tidak salah, nasihat keuangan itu juga tidak sepenuhnya benar. Kamu memang perlu berinvestasi, tapi produk yang dipilih perlu diperhatikan kembali.

Selain ada banyak produk lain yang lebih menguntungkan, emas perhiasan tidak terlalu baik untuk dijadikan investasi. Hal ini karena emas perhiasan memiliki nilai potongan saat akan dijual kembali, berbeda dengan emas batangan yang harga jualnya bisa naik setelah beberapa waktu disimpan. 

Untuk investasi sendiri, kamu harus memerhatikan pengelolaan keuangan dalam rumah tangga atau pribadi. Kamu tidak perlu menginvestasikan semua pemasukan, cukup investasikan 20-30 persen dari penghasilan bulananmu.

Pilih Jurusan Kuliah Tertentu

Nasihat Keuangan

Zaman dahulu ada jurusan dan profesi tertentu yang dianggap sebagai profesi yang bagus dan menjamin kesuksesan. Oleh sebab itu, kamu dianjurkan untuk memilih jurusan itu saat kuliah.

Sebut saja, jurusan kedokteran atau ekonomi. Profesi yang menjamin penghasilan hingga tua, seperti pegawai negeri sipil dan guru juga menjadi favorit orang tua sejak dahulu. 

Namun, sekarang ini, ada banyak profesi baru yang tidak kalah menjanjikan. Meskipun tidak salah jika kamu ingin menjadi salah satu profesi di atas, jangan ragu untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba profesi baru jika memang passion kamu di sana. 

Daripada Investasi, Lebih Baik Uang Ditabung

Nasihat Keuangan

Investasi barangkali bukan hal yang umum bagi orang tua kita. Mereka masih cenderung tidak percaya karena dianggap tidak aman dan bisa menghasilkan kerugian besar, padahal saat ini tidak demikian.

Jika paham langkah investasi yang diambil, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang tidak sedikit dan bahkan untuk waktu yang lama. Besarnya risiko juga tergantung pada besarnya uang yang kamu investasikan. 

Kalau kamu takut rugi besar, pilih saja produk investasi dengan risiko kecil. Saat ini sudah tersedia banyak instrumen investasi dan kamu bisa menyesuaikannya dengan keuntungan yang diinginkan dan profil risiko yang dimiliki.

Nasihat Keuangan Orang Tua: Bertahan di Satu Kantor Saja

Nasihat Keuangan

Masalah keuangan dalam rumah tangga atau pribadi ialah ketika tidak memiliki penghasilan tetap. Lebih buruk lagi jika kamu tidak memiliki pekerjaan. Oleh sebab itu, orang tua selalu menyarankan agar kamu tidak mudah berpindah-pindah pekerjaan. 

Saran ini tidak sepenuhnya salah, tapi bukan berarti harus kamu terima mentah-mentah. Kamu perlu menyesuaikannya dengan keadaan yang kamu alami. Jika dengan pindah pekerjaan kamu mendapatkan dan ilmu lebih banyak, kenapa harus takut mencoba. 

Selain itu, jika kamu memiliki profesi yang membuat bisa berdiri sendiri tanpa harus terikat dengan perusahaan tertentu, jangan ragu untuk memulai usahamu sendiri. Apalagi jika pengalaman dan koneksi sudah mendukung.

 

============

Meskipun barangkali sudah tidak sepenuhnya sesuai dengan zaman, nasihat keuangan keluarga di atas tetap bisa kamu ingat. Karena walaupun tidak sepenuhnya tepat, saran tersebut juga tidak terlalu salah. 

Yang perlu kamu lakukan ialah sesuaikan saran tersebut dengan kondisi kamu sekarang ini. Dengan begitu, kamu tetap dapat mengambil keputusan terbaik untuk keuangan dan hidupmu!

Nasihat keuangan apa yang kamu terima dari orang tua kamu, nih?

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *