Mitos Seputar Investasi Emas & Kebenarannya yang Perlu Kamu Tahu

Mitos investasi emas apa yang pernah kamu dengar?
Investasi Emas

Mitos Seputar Investasi Emas & Kebenarannya yang Perlu Kamu TahuInvestasi emas sudah sangat terkenal sejak dahulu. Banyak orang yang menyebut emas sebagai instrumen investasi yang menguntungkan. 

Namun, selain hal positif tersebut, tidak jarang juga terdengar mengenai berbagai mitos seputar emas, nih. Seperti halnya cerita yang menakutkan, mitos seputar emas juga membuat orang menjadi ragu atau takut untuk memulai investasi.

Meski terdengar meyakinkan, ada baiknya sebelum memutuskan untuk tidak berinvestasi, kamu cari tahu terlebih dahulu kebenarannya. Nah, di bawah ini ada contoh mitos investasi emas sekaligus kebenarannya yang harus kamu tahu.

Seperti apa? Baca di sini selengkapnya.

1. Investasi Emas Perlu Uang yang Banyak

Investasi Emas

Emas batangan memang barang yang berharga dengan harga yang tidak murah. Namun, mahalnya harga emas tergantung pada besarnya ukuran berat emas yang kamu beli. Semakin berat gram emas yang dibeli pastinya semakin membutuhkan uang yang banyak.

[Baca: 5 Hal Penting yang Sering Dilupakan Saat Berinvestasi Emas Batangan ]

Sebenarnya, tidak ada keharusan untuk membeli emas bergram besar. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kemampuan finansial yang dimiliki. Misal, kamu bisa membeli emas batangan 1 gram secara rutin beberapa bulan sekali untuk investasi.

Jika ingin lebih ringan, investasi emas online juga bisa menjadi pilihan. Investasi emas secara online atau digital bahkan memungkinkan kamu membeli emas dalam nominal kecil, seperti 0,02 gram atau sekitar Rp12.000,-. 

Dengan membeli emas dalam nominal kecil, kamu memang jadi membutuhkan waktu lebih lama untuk mengumpulkan emas hingga mencapai ukuran yang bisa diambil secara fisik. Hal tersebut tergantung seberapa banyak dan sering kamu membeli emas.

Namun, berita baiknya, investasi emas menjadi lebih mudah dan terjangkau. 

2. Investasi Logam Mulia Berisiko Tinggi

Investasi Emas

Apakah investasi emas batangan berisiko tinggi? Yang benar, setiap investasi memiliki risiko dan besar risiko tersebut tergantung pada besarnya nilai uang yang ditanam.

[Baca: 3 Alasan untuk Membeli dan Tidak Membeli Logam Mulia ]

Berinvestasi emas juga memiliki risiko. Risiko pertama adalah keuntungan yang sangat bergantung pada harga emas yang naik dan turun dengan sangat cepat. Lalu, risiko lain seperti kehilangan dan membeli emas palsu. 

Tapi, semua risiko tersebut jangan sampai membuat kamu takut berinvestasi. Minimalkan risiko tersebut dengan rajin mencari informasi seputar investasi emas dan simpanlah emas di tempat yang aman.

3. Proses Investasi Emas Ribet

Investasi Emas

Jika belum pernah investasi, kamu pasti membayangkan proses investasi yang rumit dan sulit, termasuk untuk investasi emas.

Kebenarannya, emas batangan justru merupakan produk investasi yang cukup mudah dilakukan. Tidak memerlukan dokumen yang banyak dan tidak membutuhkan perantara siapa pun. 

[Baca: 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Investasi Emas ]

Kamu bisa langsung datang ke toko atau butik ANTAM dan membeli emas. Begitu pun ketika akan menjual emas, semua bisa kamu lakukan seorang diri.

Bahkan, kini kamu bisa membeli dan menjual emas secara online. Sama seperti membeli emas fisik, membeli emas online pun tidak sulit. 

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi lalu mendaftar. Setelah melengkapi data yang dibutuhkan, kamu bisa melakukan transaksi jual beli emas melalui ponsel. Mudah, bukan?

4. Investasi Saham Pertambangan Emas Lebih Menguntungkan

Investasi Emas

Investasi saham memang terdengar menjanjikan dengan untung yang mungkin sangat besar. Namun, bukan berarti investasi saham pertambangan emas lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan berinvestasi langsung pada emas batangan.

Dikutip dari americanbullion.com, dari tahun 2000 hingga 2014, nilai emas meningkat hampir 309% sementara saham pertambangan emas meningkat 122% dalam periode waktu yang sama.

Dilihat dari pertumbuhan tersebut, nilai emas batangan tidak kalah dengan saham, bahkan bisa tumbuh lebih besar. Jadi, investasi saham pertambangan emas lebih menguntungkan tidak cukup benar.

5. Emas Batangan Investasi yang Aman

Investasi Emas

Dibandingkan produk investasi yang lain, emas batangan terkenal sebagai produk yang aman dari risiko kerugian. Namun, bukan berarti investasi emas 100% aman dan tanpa risiko sama sekali.

Seperti yang sudah disebutkan, investasi apa pun itu selalu memiliki risiko. Begitu pun dengan emas batangan yang cenderung memiliki risiko rendah. Kamu bisa semakin meminimalkan risiko kerugian dengan memperhitungkan secara cermat kapan sebaiknya kamu beli dan jual emas.

Selain itu, usahakan untuk rajin memantau harga emas dan perkembangan situasi sosial politik terkini. Pastikan juga kamu melakukan transaksi jual emas di tempat yang terpercaya untuk menghilangkan risiko membeli emas palsu.

 

Tip Agar Investasi Semakin Menguntungkan

Investasi Emas

Investasi apa pun bisa mendatangkan keuntungan dengan besaran angka yang berbeda-beda sekaligus potensi kerugian. Karena banyak yang ingin diwujudkan dan didanai di masa depan, kamu harus cermat dalam menentukan langkah serta produk investasi. 

Untuk memastikan kamu mengambil langkah yang tepat dan mendapat keuntungan yang diinginkan, pelajari produk investasi yang dipilih serta lakukan juga dua tip di bawah ini.

Perbanyak Informasi & Pengalaman

Investasi emas dan investasi produk lain memerlukan pengetahuan dan kadang pengalaman. Meski berinvestasi emas tidak memerlukan banyak pengalaman, bukan berarti tidak butuh perencanaan yang baik.

Usahakan tetap mencari informasi serajin mungkin. Tukar pengalaman dengan investor lain juga bisa menambah pengetahuan mengenai kondisi nyata dunia investasi. Selain itu, yang terpenting jangan takut memulai investasi. 

Jangan lupa pilih produk investasi yang sesuai dengan kemampuan finansial dan kebutuhan kamu di masa sekarang ataupun masa depan. 

Diversifikasi 

Berinvestasi pada lebih dari satu jenis produk investasi bisa membawa keuntungan yang tidak sedikit, lho. 

Selain kamu bisa mendapat beragam keuntungan dari berbagai produk investasi, kamu juga bisa sedikit lebih tenang jika satu atau beberapa produk investasi tidak berjalan seperti yang diinginkan.

Keuntungan lain diversifikasi produk investasi, kamu bisa berinvestasi untuk banyak peruntukan, seperti investasi untuk jangka pendek, menengah, atau panjang. 

Misal, kamu bisa memiliki emas batangan untuk investasi jangka panjang dan reksa dana untuk investasi jangka pendek. 

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *