Milenial, 7 Soft Skills Ini yang Perlu Kamu Miliki Sebagai Profesional Muda

Sudah siap masuk dunia kerja?
Soft Skills

Pernah dengar istilah soft skills? Pastinya sudah tidak asing lagi, bukan? Lawan dari istilah ini adalah hard skill yang biasa dipahami sebagai kemampuan spesifik yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan. Kemampuan hard skill biasanya apa yang kamu peroleh di dunia pendidikan, pelatihan, atau kursus.

Sementara soft skills adalah kemampuan yang berkaitan dengan karakter pribadi seseorang. Soft skill merupakan atribut personal yang bersifat “bawaan”. Setiap orang memilikinya walau tidak semua orang memiliki kemampuan soft skill yang baik. Meski begitu, soft skill masih bisa dipelajari, dilatih, dan dikembangkan oleh setiap individu.  

Tanpa mengecilkan peran hard skills, soft skill merupakan aspek yang tidak kalah penting untuk dimiliki. Kemampuan soft skill kamu, bahkan bisa menentukan keberhasilan di masa depan. Kenapa begitu? Karena ketika bekerja, kamu harus selalu berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain.

Jadi, apa soft skill yang perlu kamu miliki? 

1. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Soft Skills

Contoh soft skill pertama yang perlu dimiliki ialah kemampuan berkomunikasi. Semua orang tentunya bisa berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain. Namun, dalam dunia kerja kemampuan berkomunikasi yang dibutuhkan lebih dari sekadar bisa berbicara.

Berkomunikasi dengan baik menitikberatkan pada kemampuan untuk mampu menempatkan diri dalam berbagai situasi yang dihadapi. Apa yang harus diucapkan, kapan harus berbicara sopan, formal, atau lebih santai. Termasuk di dalamnya juga, kamu harus bisa melihat kapan waktu yang tepat untuk menyampaikan sesuatu atau tidak.

Tidak hanya itu, kemampuan berbicara ini juga perlu dilengkapi dengan keinginan mau menjadi pendengar yang baik. Selain itu, termasuk di dalam kemampuan ini: kemampuan bernegosiasi, persuasi, serta membaca body language.

2. Kemampuan Beradaptasi

Soft Skills

Soft skill yang dibutuhkan berikutnya ialah kemampuan untuk bisa beradaptasi. Memasuki dunia kerja itu artinya kamu akan mulai berkenalan dengan pekerjaan, rutinitas, dan lingkungan baru. Jika tidak bisa beradaptasi dengan cepat, kamu akan sulit bertahan di kantor tersebut.

Kamu mungkin juga akan mengalami tekanan, stres, atau beban mental lainnya saat tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja. Selain lingkungan dan pekerjaan, tren yang berkembang saat ini juga berperan untuk mempercepat atau memperlambat kamu dalam beradaptasi.

Teknologi yang berkembang dengan cepat dengan segala macam aplikasi dan kemudahan lainnya memang memudahkan bagi sebagian orang. Namun, bagi sebagian lainnya, teknologi mungkin bisa menjadi alasan mereka tidak menyukai lingkungan atau pekerjaannya.

3. Bisa Bekerja Sama dengan Tim

Soft Skills

Seperti yang disebutkan, ketika bekerja, kamu akan selalu berurusan dengan orang lain, entah itu atasan, teman sesama divisi, atau teman yang berbeda divisi. Setiap divisi di kantor meski terpisah, sejatinya saling berhubungan. Oleh sebab itu, kamu tidak mungkin tidak berinteraksi dengan orang lain.

Jika kamu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, hal tersebut akan membantu untuk proses kerja dalam tim. Hingga akhirnya, kamu dan tim bisa berkarya bersama dan menyelesaikan target pekerjaan. Jadi, ini salah satu soft skill yang harus dimiliki oleh semua karyawan.

Dalam kerja sama tim ini kamu harus melatih diri bisa menerima masukan dan kritik dari orang lain, menerima perbedaan pendapat dan keberagaman yang ada, melatih empati, serta kemampuan untuk bersosialisasi dengan orang lain.

4. Pandai Mengelola Emosi 

Soft Skills

Siapa kira mengelola emosi juga merupakan soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja? Namun, soft skills ini memang dibutuhkan, terutama ketika bekerja, orang-orang mungkin akan dihadapkan pada situasi yang penuh tekanan.

Belum lagi, kamu akan berurusan dengan banyak orang dan belum tentu orang-orang tersebut bisa bekerja sama dengan baik. Lingkungan yang tidak menyenangkan juga akan menjadi beban tersendiri. Tuntutan pekerjaan juga tidak selalu mudah dan sesuai dengan ekspektasimu.

Semua keadaan tersebut bisa membebani hati dan jiwa kamu. Jika tidak memiliki pengendalian emosi yang baik, kamu mungkin tidak bisa bekerja dalam waktu yang lama di tempat tersebut. 

5. Berpikir Kritis

Soft Skills

Kemampuan berpikir kritis diperlukan apa pun pekerjaan yang dilakukan. Hal ini karena kamu akan selalu dituntut untuk menganalisa keadaan dan mengambil keputusan yang tepat di berbagai situasi. 

Selain menganalisa, kemampuan yang terkait dengan berpikir kritis di antaranya, kreativitas dan keinginan untuk selalu belajar. Karena tuntutan pekerjaan bisa saja terus meningkat, kamu juga terus mempelajari hal-hal baru demi mendapatkan hasil yang lebih baik.

6. Manajemen Waktu

Soft Skills

Manajemen waktu perlu dimiliki tidak hanya oleh karyawan, tapi semua orang. Manajemen waktu yang baik membuat kamu bisa merencanakan dan memanfaatkan waktu dengan maksimal dan efektif.

Dalam kaitannya dengan pekerjaan, memiliki manajemen waktu yang bagus membantu kamu menyelesaikan setiap tugas tepat waktu. Apalagi tugas yang diberikan bisa lebih banyak dari waktu yang dimiliki. Karena itu, manajemen waktu penting untuk dilakukan dan dimiliki.

Manajemen waktu yang baik bisa dilatih, lho. Kamu bisa mulai dengan membiasakan diri mendata semua pekerjaan dalam satu hari dan tentukan prioritas. Mulai dari tugas yang paling mendesak atau yang paling mudah diselesaikan.

7. Memiliki Perilaku Baik

Soft Skills

Semua orang dituntut untuk memiliki perilaku yang baik. Namun, dalam hal pekerjaan perilaku baik bisa memberi pengaruh yang besar. Selain hal tersebut bisa menentukan kamu diterima bekerja atau tidak, perilaku baik juga bisa membuat kerja sama sesama tim lebih baik.

Hal ini karena dalam soft skills perilaku baik termasuk di dalamnya kejujuran, kesabaran, percaya diri, antusiasme, dan sifat yang kooperatif. Semua karakter baik ini tentunya bisa memberi efek yang positif ketika berinteraksi dengan orang lain.

 

========

Meski tidak semua orang bisa memiliki semua soft skills secara sempurna, kamu bisa melatih dan memperbaikinya bersamaan dengan proses kerja itu sendiri. Namun, sebagai permulaan, berlatihlah untuk bertemu lebih banyak orang dan mendengar lebih banyak lagi!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *