5 Tip Merapikan Keuangan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Marie Kondo

Sebaik apa keuanganmu?
Merapikan Keuangan

Kamu semua pasti sudah tahu metode KonMari dari Marie Kondo, benar nggak? Metode tersebut ternyata juga berguna untuk merapikan keuangan kamu, lho. 

Meskipun Marie Kondo mengenalkannya untuk membuat rumah dan barang-barang kamu lebih rapi, nyatanya kamu bisa menerapkannya untuk mengelola keuangan.

Kamu mungkin berpikir metode yang digunakan terlalu sederhana, hanya memilah dan membuang barang. 

Namun, ternyata ada banyak pelajaran dari metode tersebut yang bisa dimanfaatkan, terutama untuk kamu yang ingin menyimpan uang lebih banyak dan keuangan yang lebih rapi.

Masih tidak percaya? Baca sejumlah langkah di bawah ini untuk memahami lebih jauh bagaimana konsep metode KonMari bisa diterapkan untuk merapikan keuanganmu.

1. Membuat To Do List Keuangan

Merapikan Keuangan

Melalui acara Tidying Up with Marie Kondo, kita bisa tahu bahwa mengorganisasi benda merupakan hal yang sangat penting dalam metode KonMari. Oleh sebab itu, jika kamu ingin merapikan keuangan, mulailah dengan membuat to-do list

[Baca: 5 Alasan Kenapa Tips Marie Kondo Bisa Membuat Hidup Lebih Baik ]

Dalam daftar ini kamu mungkin akan mengubah, menganalisis, atau mengeliminasi banyak hal dalam keuanganmu. Misalnya saja, kamu akan mulai membuat daftar pengeluaran baru, membuat tujuan jangka menengah dan panjang dalam hidup, atau membandingkan anggaran dengan pengeluaran yang sebenarnya kamu lakukan.

Untuk keuangan yang lebih sehat di masa depan, kamu juga perlu menentukan berapa banyak uang yang perlu kamu simpan setiap bulannya, menyiapkan dana darurat, atau mulai menginvestasikan uang. 

Selain itu, pikirkan juga utang kartu kredit. Kamu bisa merencanakan agar tanggal jatuh tempo untuk membayar semua tagihan pada tanggal yang sama untuk memudahkan kamu mengingat. Jika memungkinkan, kamu juga bisa meminta bunga utang yang lebih rendah untuk meringankan pengeluaran.

2. Mengalokasikan Keuangan

Merapikan Keuangan

Salah satu dalam tip metode KonMari menyebutkan, “Kumpulkan semua barang-barang milikmu dalam satu tempat untuk mengetahui dengan akurat apa saja yang kamu miliki”. Nah, terapkan juga saran ini untuk merapikan keuanganmu.

[Baca: Bagaimana Para Seleb Menghabiskan Gaji Pertama Mereka? Intip di Sini!]

Setelah mendata semua to-do list dalam keuanganmu, sekarang mulailah untuk mengalokasikan pendapatan ke dalam pos-pos pengeluaran. Dengan mengetahui secara pasti total pendapatan dan pengeluaran bulanan, kamu bisa mengalokasikan uang lebih efektif.

Dengan begini, setiap pengeluaran bisa memiliki anggarannya sendiri. Setelah cara ini berjalan, kamu bisa memeriksa apakah kamu menghabiskan terlalu banyak uang untuk satu jenis pengeluaran. 

Selain itu, kamu juga bisa melacak pengeluaran apa saja yang paling boros sebanyak apa pun kamu sudah menganggarkan uang. Jika sudah mengetahui semua biaya dan pengeluaran terbanyak, kamu bisa mulai memikirkan cara untuk mulai berhemat.  

Jangan lupa juga, anggarkan uang untuk dana hiburan, seperti berlibur atau berkumpul dengan teman-temanmu. Salah satu yang terpenting dalam metode KonMari adalah mendatangkan banyak kebahagiaan dalam hidupmu. Tanpa adanya berlibur dan bertemu dengan orang tersayang, kamu mungkin bisa lebih stres dibanding sebelumnya.

3. Apakah Pengeluaranmu “Spark Joy”?

Merapikan Keuangan

Jangan lupakan “spark joy” yang memiliki peran penting dalam memilah barang-barang di rumah. Kamu juga perlu menerapkan cara ini untuk menentukan mana pengeluaran yang penting dan tidak.

[Baca: Begini Cara yang Tepat Mengelola Keuangan Berdasarkan Tipe Kepribadian ]

Setelah membagi pengeluaran dan menentukan tujuan keuangan, kamu bisa mulai memilah pengeluaran yang baik dan berguna untukmu. Coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah sejumlah pengeluaran, selain pengeluaran bulanan yang wajib, memang berguna. Kemudian, eliminasi pengeluaran yang tidak penting dari anggaran bulananmu.

Misalnya saja, kamu mungkin sudah waktunya mengeliminasi satu atau dua langganan platform hiburan yang kamu miliki. Biaya jajan sehari-hari juga mungkin sudah waktunya untuk dikurangi karena menghabiskan terlalu banyak uang.

4. Bekerja Sama dengan Pasangan

Merapikan Keuangan

Untuk kamu yang sudah berkeluarga, bekerja sama dengan pasangan dalam mengurus keuangan menjadi kunci keuangan yang berhasil. Bekerja sama dengan pasangan juga merupakan salah satu prinsip dalam metode KonMari.

Apalagi jika kamu termasuk pasangan yang berbagi sumber keuangan. Kamu perlu membicarakannya untuk tahu karakter keuangan yang dimiliki. Apakah kalian berdua memiliki pola dan konsep keuangan yang sama atau bahkan mungkin kalian memiliki cara dan pemahaman yang berbeda dalam hal manajemen keuangan.

Dengan membicarakannya, kamu dan pasangan bisa menentukan tujuan keuangan yang ingin dicapai dan cara terbaik untuk mewujudkannya, termasuk untuk pengeluaran, tabungan, dan dana pensiun.

5. Jadikan Kebiasaan untuk Mengelola Keuangan

Merapikan Keuangan

Tujuan akhir dari metode KonMari pada akhirnya kamu akan membuat perubahan secara permanen dalam hidupmu. Ini artinya, kamu harus menjaga rumah tetap bersih sepanjang waktu, bukan hanya ketika ada tamu atau dalam kesempatan tertentu.

Dalam hal keuangan, kamu juga harus menciptakan sebuah kebiasaan dalam mengelola uang yang berguna dan dilakukan secara terus menerus. Seperti, memeriksa rencana keuangan secara rutin, menyisihkan dana darurat setiap bulan, menambah aset kekayaan, dan menyiapkan dana pensiun.

Dengan begini, kamu bisa merasakan perubahan dalam keuangan yang kamu harapkan. Kuncinya adalah disiplin untuk terus melakukan kebiasaan keuangan yang sudah kamu mulai setiap bulannya.

 

==========

Jika saran keuangan lain sulit dilakukan, apakah metode KonMari ini membuat kamu tertarik untuk mengatur kembali keuanganmu? Cara mengatur keuangan di atas juga bisa kamu sesuaikan kembali dengan kondisi finansial milikmu.

Jika masih berat menerapkan semua metode secara bersamaan, cobalah untuk mulai secara perlahan. Kamu bisa mulai dengan membuat to-do list dan mengeliminasi pengeluaran yang tidak berguna.

Kamu juga bisa mulai berhemat dari pengeluaran sehari-hari agar kamu punya lebih banyak uang untuk ditabung dan diinvestasikan. Jangan lupa, terus tingkatkan kebiasaan baik dalam mengelola keuangan hingga akhirnya kamu menemukan pola terbaik untuk mengatur uangmu.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *