10 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Milikmu!

Mau buka usaha online?
Bisnis Online

Bisnis online kini tampaknya menjadi pilihan banyak orang ketika ingin memulai usaha sampingan atau belajar berbisnis. Selain membuat usaha kamu lebih cepat dikenal, dana yang harus dikeluarkan juga bisa lebih hemat.

Kamu bisa berjualan tanpa perlu menyewa tempat dan bahkan tanpa harus membeli barang atau bahan baku. Meski terlihat mudah dan menguntungkan, bisnis online nyatanya tidak sesederhana yang kamu bayangkan.

Tidak sedikit ide bisnis online yang menarik mengalami perkembangan yang lambat dan tidak menghasilkan keuntungan yang diharapkan. Kamu tetap perlu belajar dan tidak cukup hanya mengandalkan modal atau ide yang dipunya.

Lalu, bagaimana caranya agar bisnis online milikmu bisa berkembang dan meningkatkan nilai penjualannya? Kamu bisa ikuti tips di bawah ini.

Apakah Kamu Menyukainya?

Bisnis Online

Peluang membuka usaha online saat ini sangat banyak dan beragam. Berbagai aspek kehidupan bisa menjadi ide bisnis yang menarik. Namun, masalahnya adalah apakah kamu menyukainya? Kemudian, apakah kamu mampu mewujudkan ide tersebut menjadi bisnis yang menarik dan dibutuhkan?

Meski masalah suka atau tidak bisa diabaikan, dalam banyak hal kesukaanmu pada sesuatu bisa memengaruhi banyak hal. Dalam hal bisnis, terutama untuk kamu yang pemula, memulai bisnis dari yang disuka bisa menambah semangatmu.

Semangat tersebut bisa membuat kamu bertahan dari banyaknya halangan bisnis dan terus belajar untuk meningkatkan bisnis yang dilakukan. Selain itu, jika itu sesuatu yang disuka, kemungkinan besar kamu memahami karakteristik produk dan para penggunanya lebih baik.

Jadi, kamu bisa memasarkannya kepada orang yang tepat dengan cara yang paling sesuai.

Perbarui Target Pemasaran

Bisnis Online

Salah satu cara meningkatkan penjualan online ialah memahami target pasarmu dengan baik. Bisa saja, karena belum berpengalaman, kamu memasarkan barang jualan kepada orang-orang yang salah.

Jadi, cobalah lakukan evaluasi mengenai target pasarmu selama ini. Apakah kamu sudah memasarkannya pada orang yang tepat dan dengan cara yang benar? Mumpung masih memulai, mengubah target pasar dari sekarang bisa membantu perkembangan bisnismu di masa depan.

Pilih Tim Kamu dengan Selektif

Bisnis Online

Bisnis online yang dijalankan sebagai usaha sampingan mungkin membuat kamu membutuhkan bantuan orang lain, entah itu satu, dua orang, atau lebih. Berapa pun jumlah orang yang kamu pekerjakan, pilihlah yang terbaik.

Terbaik tidak melulu tentang akademik. Dalam hal bisnis online, kamu perlu mencari orang yang memang bisa menghadapi pelanggan. Selain itu, carilah orang yang bisa berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik bersamamu.

Ke depannya, kamu perlu memastikan orang tersebut mengerti dengan baik keinginan dan tujuan yang ingin kamu capai terutama berkaitan dengan layanan kepada pelanggan. Oleh sebab itu, penting sekali kamu merasa cocok dan nyaman dengan karyawan yang kamu pilih.

Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Bisnis Online

Media sosial kini memainkan peran penting untuk meningkatkan keuntungan bisnis online milikmu. Apa pun bisnis online yang kamu lakukan, media sosial usahamu akan menjadi yang pertama dilihat oleh orang lain.

Begitu pun seandainya kamu tidak berjualan melalui media sosial, orang-orang akan tetap melihat akun media sosial usahamu sebagai acuan. Review produk, komentar pengikut atau pelangganmu, sekaligus info mengenai barang yang dijual, semua bisa memengaruhi keputusan orang-orang untuk lanjut membeli atau tidak.

Jadi, desainlah akun media sosial milikmu semenarik dan seinformatif mungkin. Pastikan semua info yang dibutuhkan oleh pelanggan baru ada di sana. Selain itu, usahakan kamu dan tim selalu responsif dalam membalas pesan ataupun komentar.

Perbaiki Interaksi dengan Pelanggan

Bisnis Online

Interaksi yang baik dengan pelanggan juga bisa menjadi salah satu faktor penting dalam bisnis online yang kamu jalankan. Semua orang tentunya tidak akan suka berbelanja jika orang yang menjual lama membalas pertanyaan atau bahkan terkesan dingin dalam menjawab.

Meski barang bagus, jika layanan pada pelanggan buruk, kamu hanya menunggu waktu pelanggan tersebut pergi. Bisa juga, mereka hanya membeli sekali dan tidak tertarik untuk membeli kembali.

Kepuasan pelanggan perlu menjadi perhatian kamu jika ingin bisnis online milikmu bertahan dan berkembang.

Perbanyak Media untuk Penjualan Online

Bisnis Online

Cara meningkatkan omset penjualan online shop berikutnya ialah cobalah membuka kanal-kanal penjualan baru. Jadi, kamu tidak hanya berjualan secara khusus di satu media. Orang-orang bisa membeli produk milikmu dari berbagai media.

Jika sebelumnya, kamu tidak memiliki akun di toko belanja online, cobalah buat. Seandainya kamu tidak melayani pelanggan melalui media sosial, tidak ada salahnya untuk membuka peluang tersebut.

Begitu pun dengan kemudahan akses lainnya. Jika belum ada nomor yang bisa dihubungi, cobalah buat kontak khusus untuk pelanggan yang memesan melalui pesan. 

Buka lebih banyak media dan luangkan waktu untuk membalas pertanyaan pelanggan. Bisnis online kamu kemungkinan besar bisa terus berkembang.

Lakukan Survei

Bisnis Online

Bingung apa yang diinginkan pelanggan terhadap bisnis online yang kamu jalani? Coba buat survei sederhana untuk pelanggan setiamu! Buat pertanyaan esai atau pilihan terkait kualitas produk, layanan, promosi, kekurangan, serta ketidakpuasan pelanggan.

Sebarkan di media sosial sebanyak mungkin dan jangan lupa berikan hadiah. Gratis satu produk atau voucher akan membuat pelanggan tertarik untuk mengisi survei. Setelah itu, kamu bisa melakukan perbaikan berdasarkan survei tersebut.

Perhatikan Tren yang Berkembang

Bisnis Online

Melihat apa yang menjadi tren juga bisa membuat produkmu tetap dalam ingatan pelanggan. Selain itu, apa yang menjadi tren juga bisa menjadi inspirasi untuk produk terbaru atau ide untuk meningkatkan layanan.

Kamu juga bisa menjadi lebih peka terhadap kebutuhan masyarakat saat itu. Jadi, jangan lupa perhatikan terus apa yang sedang menjadi tren.

Berikan Diskon

Bisnis Online

Siapa yang tidak tertarik dengan diskon atau promo lainnya? Salah satu alasan banyak orang memilih belanja online juga karena adanya berbagai penawaran menarik. 

Nah, untuk meningkatkan bisnis online atau sekadar menarik pelanggan baru, sesekali kamu bisa memberikan diskon. Misalnya, diskon gratis biaya pengiriman, potongan harga, atau beli dua gratis satu.

Kamu juga bisa memanfaatkan momen festival belanja online setiap tahunnya untuk memberi diskon dan mendapat lebih banyak keuntungan.

Tingkatkan Kualitas

Bisnis Online

Selain layanan dan aspek lainnya, yang tidak kalah penting tentunya kualitas barang yang dijual. Bagaimanapun kualitas barang menjadi alasan orang untuk selalu kembali ke tokomu. 

Jadi, pastikan kualitas barang merupakan yang terbaik dan jaga serta tingkatkan kualitas barang di masa depan.

========

Berbisnis merupakan proses yang panjang. Kamu akan mengalami banyak cobaan atau kegagalan. Namun, selama kamu mau belajar dan memperbaikinya, bisnis online milikmu masih bisa diselamatkan!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *