Bersiap Hadapi New Normal, Ini Cara Mengatur Ulang Keuangan

Sudah siap jalani kehidupan di era new normal?
Mengatur Keuangan

Apakah kamu sudah berencana mengatur keuangan di babak baru masa pandemi ini? Benar sekali, kita mungkin memasuki era new normal lebih cepat dari yang dibayangkan.

Untuk bersiap menghadapinya, bukan hanya cara dan pola hidup yang harus diubah, tapi juga caramu mengatur keuangan. Akan banyak kebutuhan baru, pos pengeluaran baru, dan di saat bersamaan keadaan yang masih belum menentu.

Nah, apa yang harus kamu lakukan dengan keuanganmu?

Ketahui dengan Baik Keadaan Keuangan Saat Ini

Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan di masa pandemi barangkali sudah cukup sulit untuk sebagian orang. Namun, kamu harus bertahan hingga wabah ini selesai. Di era new normal, keuangan banyak pihak diharapkan membaik, termasuk keuanganmu.

Sebelum memasuki keadaan kenormalan baru atau new normal, ada baiknya kamu melakukan evaluasi mengenai keuanganmu selama ini, termasuk dalam masa pandemi. Hitung pemasukan serta ketahui pengeluaran yang dilakukan.

Tidak hanya pemasukan, hitung juga aset kamu yang lain, seperti berapa sisa tabungan, dana darurat, dan investasi. Setelah mengetahui porsi pemasukan dan pengeluaran, kamu akan mudah menentukan pengeluaran penting dan mengalokasikan uang.

Dana Darurat Selalu Sedia

Mengatur Keuangan

Salah satu cara mengatur keuangan pribadi ialah memastikan kamu selalu menyiapkan dana darurat. Dana darurat akan sangat dibutuhkan terutama di kondisi yang masih belum menentu ini.

Oleh sebab itu, alokasikan lebih besar untuk kebutuhan dana darurat. Selain dalam bentuk uang tunai, kamu juga bisa mengalihkan dana dalam bentuk asuransi kesehatan, terutama yang menawarkan biaya pengobatan secara luas. 

Kamu juga bisa menyimpannya dalam bentuk investasi. Namun, usahakan pilih produk investasi yang bisa dicairkan dalam waktu cepat atau setidaknya tidak lebih dari 1 tahun. Misalnya saja, deposito, reksa dana, atau emas batangan.

Pos Pengeluaran Baru

Mengatur Keuangan

Era new normal menuntut masyarakat untuk hidup lebih sehat dengan protokol aktivitas yang ketat. Kamu diharuskan selalu jaga jarak, menjaga kebersihan tangan dan tubuh, serta makan dan minuman bergizi untuk menjaga imun. 

Semua tuntutan ini juga perlu kamu wujudkan dalam pola gaya hidup, pilihan makanan yang sehat, vitamin, serta alat penunjang lainnya. Misalnya saja, masker, hand sanitizer, atau sabun. 

Meski terlihat tidak banyak, nyatanya kebutuhan ini membuat kamu harus mengalokasikan uang belanja lebih. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mulai mencicilnya dari sekarang. 

Ini juga akan menjadi tantangan sendiri untuk mengatur keuangan keluarga karena pengeluaran bisa lebih banyak. Oleh sebab itu, selain mulai mencicil membeli kebutuhan alat penunjang, mulailah berhemat agar kamu memiliki dana lebih yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga. 

Manfaatkan untuk Berhemat

Mengatur Keuangan

Masa pandemi dan new normal bisa membantu kamu lebih berhemat. Kenapa begitu? Selain karena keadaan ekonomi yang berdampak pada keuanganmu, banyak kebiasaan yang menjadi hilang karena wabah ini.

Kebiasaan bertemu dengan teman, hobi nonton atau pergi ke mal, hobi makan di luar, atau jajan makanan bisa berubah atau bahkan berhenti. Saat ini, kamu dan teman sulit bertemu dan jauh lebih aman tinggal di rumah. 

Orang-orang juga dianjurkan masak makanan sendiri agar lebih aman. Dana untuk hobi dan kegiatan ini akhirnya bisa kamu hemat dan alihkan untuk sesuatu yang lain yang lebih penting.

Sebut saja, untuk alokasi dana darurat, tabungan, atau modal untuk buka usaha. Jadi, jika ada kesempatan untuk lebih banyak berhemat, manfaatkan agar dana juga bisa selamat.

Siapkan Alternatif Penghasilan

Mengatur Keuangan

Selain merapikan alokasi pembagian dan pengeluaran uang, kamu juga perlu mencari alternatif penghasilan. Jika penghasilan yang ada saat ini tidak bermasalah, kamu bisa mulai menyiapkan diri mencari penghasilan tambahan.

Meski mungkin bagimu saat ini tidak perlu, kamu tetap saja tidak tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Jadi, menyiapkan penghasilan cadangan bisa menjadi salah satu aktivitas penting yang harus disiapkan.

Selain itu, ini juga waktu yang tepat karena kamu lebih banyak di rumah dan ada waktu tersisa. Cobalah gali kemungkinan usaha baru atau pekerjaan baru yang bisa menambah penghasilanmu di masa pandemi dan new normal ini. 

 

Mengatur keuangan selalu menjadi tantangan untuk banyak orang, terutama di masa sulit saat penghasilan berkurang, tetapi pengeluaran bertambah. Walaupun sulit, usahakan untuk tetap tenang.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui dengan baik potensi yang kamu miliki dan mengambil keputusan yang tepat. Gunakan waktumu untuk menyiapkan diri untuk menghadapi apa saja yang mungkin berubah. 

Sebelum keadaan memburuk, tidak ada salahnya untuk segera menerapkan tips di atas agar kamu semakin siap menghadapi new normal. Menyiapkan dari sekarang bisa membantu kamu beradaptasi lebih cepat untuk kehidupan yang baru!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *