Siapkan Dana Pensiun dengan Menabung Emas

Sudah menyiapkan dana pensiun?
Dana Pensiun

Menyiapkan dana pensiun sangat dianjurkan dimulai dari sekarang, sejak kamu masih muda dan memiliki penghasilan setiap bulannya. Selain kamu bisa memulai dengan nominal yang tidak terlalu besar, menyiapkannya dari sekarang juga memberi kamu waktu lebih lama.

Itu artinya, kamu bisa mengumpulkan lebih banyak uang dan di saat bersamaan memberi kesempatan uang yang dikumpulkan untuk berkembang. Jika hanya ditabung, uang tentu tidak bisa bertambah dengan sendirinya, bahkan nilainya bisa berkurang karena inflasi.

Untuk menjaga agar nilai uang tetap sama, kamu perlu mencari cara menabung yang berbeda. Salah satunya, dengan mengalihkan uang kamu dalam bentuk yang berbeda, yakni emas batangan. Dengan emas, nilai uang kamu tidak akan berkurang karena inflasi. Mengalihkannya pada emas justru bisa menjaga nilai uangmu.

Selain itu, jika memilih instrumen investasi lain mungkin sulit dilakukan, menabung emas atau logam mulia untuk dana pensiun dapat dilakukan dengan mudah. Selain sudah akrab di kalangan masyarakat, emas batangan memiliki kelebihan untuk dijadikan simpanan jangka panjang.

Seperti apa penjelasannya? Lihat di sini selengkapnya.

Kenapa Menabung Emas untuk Dana Pensiun?

Dana Pensiun

Dana pensiun adalah dana yang kamu siapkan untuk masa setelah kamu tidak lagi bekerja. Dana pensiun juga mengacu pada lembaga yang mengurusi uang pensiunan karyawan, baik negeri ataupun swasta.

Keuntungan menyiapkan dana pensiun sendiri yang pasti akan membuat masa pensiun dan hari tua kamu lebih mudah. Kamu bisa menggunakan uang itu untuk biaya hidup sehari-hari dan memenuhi kebutuhan lainnya.

Pengelolaan dana pensiun sendiri bisa kamu tabung, investasikan, atau kamu alihkan dalam bentuk emas batangan. Jika menabung dana pensiun dalam bentuk emas batangan, kamu bisa mendapatkan manfaat dan kemudahan berikut ini. 

Bisa Menabung Emas dengan Nominal Kecil

Emas batangan atau logam mulia memang barang berharga yang cukup mahal. Namun, di era sekarang membeli emas bisa dengan berbagai cara. Ada banyak kemungkinan yang bisa mempermudah kamu untuk memiliki emas batangan.

Salah satunya, saat ini kamu bisa menabung emas secara digital yang membolehkan kamu membeli dalam nominal kecil. Dengan kata lain, kini kamu bisa membeli emas dengan cara mencicil.

Tidak hanya itu, kamu bisa mendapatkan keuntungan lain dengan adanya layanan lain yang disediakan, seperti penitipan emas yang bebas biaya atau memantau harga emas setiap saat. Layanan ini tentunya bisa mendukung proses menabung emas yang kamu lakukan.

Bisa Didapatkan dengan Mudah

Emas secara khusus merupakan logam mulia yang akrab di kalangan masyarakat. Meski masih banyak yang memilih emas perhiasan, mendapatkan emas batangan untuk simpanan bukanlah hal yang sulit.

Ada banyak lembaga resmi dan toko perhiasan terpercaya yang bisa kamu datangi untuk membeli atau menjual emas. Kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan emas apalagi saat ini sudah tersedia layanan digital. Begitu pun ketika akan menjualnya, kamu bisa mendapatkan dana tunai dengan cepat.

Dengan adanya lembaga resmi dan toko-toko terpercaya ini, kamu juga tidak perlu khawatir mendapatkan emas palsu. Selama kamu membeli di tempat yang dianjurkan, emas yang didapat pun terjamin. 

Emas Tahan Terhadap Inflasi

Keuntungan lain menabung emas adalah kamu tidak perlu khawatir inflasi akan mengurangi nilai emas milikmu. Saat inflasi, orang-orang justru akan sibuk memindahkan sejumlah aset mereka ke emas batangan.

Dengan begitu, permintaan emas akan meningkat dan harga emas pun melambung. Dari sini kamu juga bisa melihat emas merupakan penjaga aset yang aman. Jadi, menabung emas untuk dana pensiun bisa kamu jadikan salah satu pilihan.

Menabung emas juga bisa lebih menguntungkan dibandingkan jika semua uang ditabung. Kenapa? Karena uang yang ditabung jumlahnya tidak bertambah dan secara nilai bisa berkurang dengan adanya inflasi setiap tahunnya. 

Tidak Memerlukan Proses yang Sulit

Menabung emas untuk dana pensiun juga tidak menyita banyak waktu dan tenaga kamu karena prosesnya yang mudah dan cepat. Jika beli langsung, kamu bisa mendatangi toko atau butik ANTAM. Begitu pun ketika akan menjual kembali.

Jika ingin membeli secara digital pun kamu bisa membelinya seperti kamu berbelanja di situs belanja online lainnya. Cukup lakukan pembelian secara online di aplikasi atau website, transfer uang, dan saldo emas bertambah.

Lebih mudah lagi, emas tidak membutuhkan banyak surat atau dokumen. Kamu juga tidak memerlukan pengetahuan tertentu untuk memulainya dan setiap prosesnya bisa kamu lakukan sendiri.

Mudah Dicairkan Kapan Saja

Seperti halnya membeli, menjual emas pun bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Ketika sudah tua nanti, kamu mungkin akan lebih malas berurusan dengan proses jual yang lama. Nah, menjual emas batangan tidak akan membuat kamu kesulitan.

Yang perlu dilakukan ialah menjaga emas milikmu tetap dalam kondisi yang baik, pantau harga terbaik, dan jika memang sudah waktunya bisa dijual kembali di toko atau butik ANTAM. Kamu juga bisa membandingkan terlebih dahulu harga jual kembali di beberapa toko untuk mendapatkan harga terbaik.

Sebagai pengingat, memiliki aset yang likuid sangat penting, terutama ketika pensiun nanti. Selain kamu mungkin tidak memiliki penghasilan lain, kamu bisa saja membutuhkan lebih banyak uang tunai. Oleh sebab itu, memiliki aset yang bisa dijual kapan saja merupakan salah satu yang perlu kamu persiapkan.

 

==========

Selain menabung emas, siapkan juga investasi pada produk lain untuk menunjang biaya hidupmu pada masa pensiun. Pilihlah instrumen investasi yang paling menguntungkan yang sesuai dengan kemampuan finansial kamu saat ini. 

Kamu bisa memulai menabung emas dan investasi dana pensiun dengan nominal kecil setiap bulannya lalu meningkat seiring dengan bertambahnya pendapatan. Yang terpenting, mulai siapkan dana pensiun kamu dari sekarang sekecil apa pun itu!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *