Sudahkah Kamu Melakukan Financial Check Up?

Ada banyak manfaatnya, lho!
Financial Check Up

Keuangan yang sehat merupakan salah satu faktor penting jika kamu ingin menjalani hidup bebas masalah. Karena tanpa keuangan yang sehat, kamu bisa menghadapi berbagai macam masalah, mulai dari utang yang menumpuk, tidak adanya cadangan uang, hingga masa depan yang tidak terjamin.

Lalu, bagaimana mencapai keuangan yang sehat? Pastinya kamu perlu mengelola uang dengan bijak. Rencanakan setiap pengeluaran, rencanakan juga tabungan serta investasi, dan disiplin dalam mengatur keuangan.

Selain tindakan harian dalam menggunakan uang, kamu juga bisa mengetahui keadaan keuanganmu dengan melakukan financial check up. Pernah dengar? Mirip-mirip dengan medical check up, bedanya kali ini yang diperiksa ialah keuangan kamu.

Sudah mendapat gambaran? Yuk, simak penjelasan selanjutnya di sini.

Apa Itu Financial Check Up?

Financial Check Up

Secara sederhana, financial check up adalah pemeriksaan kondisi keuangan. Sama halnya dengan medical check up, kamu melakukan pemeriksaan menyeluruh pada keuanganmu dalam jangka waktu tertentu.

[Baca: Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Menyiapkan Dana Pensiun dari Sekarang]

Financial check up dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kesalahan serta kekurangan yang mungkin kamu lakukan. Setelah mengetahui keadaan keuangan yang berjalan, dengan adanya financial check up, kamu bisa mencari jalan keluar terbaik untuk mengatasi masalah dalam keuanganmu.

Pemeriksaan keuangan ini dilakukan secara rutin seperti halnya pemeriksaan kesehatan pada tubuh. Jika sudah melakukan pemeriksaan keuangan lebih dari satu kali, pemeriksaan selanjutnya selain untuk mengetahui kesehatan keuangan, dapat juga dijadikan sebagai proses evaluasi terhadap langkah keuangan yang sudah kamu ambil.

Apa Saja yang Harus Diperiksa?

Financial Check Up

Pertanyaan selanjutnya, tentu saja apa yang perlu kamu periksa dengan teliti. Contoh sederhana financial check up, kamu perlu melakukan pendataan terhadap pengeluaran dan pemasukan harian serta bulanan. Namun, tidak hanya itu. Sejumlah faktor di bawah ini perlu kamu periksa untuk mengetahui keadaan keuanganmu saat ini.

[Baca: Perlukah Punya Beberapa Rekening Tabungan untuk Mengelola Uang?]

Seberapa Likuid Keuanganmu?

Likuiditas berkaitan dengan uang tunai yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Memiliki aset dalam bentuk saham, emas batangan, atau properti memang bukan hal yang salah, tapi jangan sampai kamu mengalihkan semua uang dalam bentuk tidak lancar. 

Uang tunai entah itu di bank atau yang kamu simpan di rumah diperlukan untuk aktivitas apalagi jika terjadi kejadian yang tidak diduga. Bagaimana pun aset investasi akan membutuhkan waktu untuk dijual, sementara uang tunai bisa langsung kamu gunakan tanpa menunggu.

Cek Utang & Piutang yang Kamu Punya

Utang dianjurkan hanya untuk keperluan yang bersifat progresif atau yang memberi kamu keuntungan baik di masa sekarang, ataupun di masa depan. Namun, bagaimana pun untuk bisa merencanakan dan mencapai tujuan keuangan di masa depan, akan lebih baik jika kamu terbebas dari utang.

Oleh sebab itu, segera lunasi utang konsumtif dan sebisa mungkin tidak lagi berutang untuk tujuan yang tidak menguntungkan. Sementara untuk utang progresif, lakukan yang terbaik untuk mendapatkan keuntungan dan di saat bersamaan kelola dengan baik agar kamu bisa membayar utang.

Selain utang, kamu juga perlu memeriksa berapa banyak uang kamu yang ada di orang lain. Uang tersebut juga milikmu yang perlu direncanakan penggunaannya. Sambil menunggu jatuh tempo pengembalian piutang, ada baiknya uang tersebut dialokasikan untuk sesuatu yang tidak mendesak atau masukan ke dalam tabungan.

Berapa Banyak yang Tabungan & Investasi yang Dipunya?

Jangan lupa juga hitung berapa banyak tabungan serta aset investasi yang kamu punya. Sudah cukupkah nilai tersebut? Berapa banyak lagi yang perlu didapatkan untuk bisa mencapai tujuan keuangan atau keinginanmu di masa depan?

Dengan pemeriksaan ini juga bisa terlihat apakah tabungan dan investasi kamu mengalami kemajuan, stabil, atau justru penurunan. Jadi, kamu bisa membuat rencana yang lebih ketat agar kamu tetap bisa menabung dan investasi untuk jangka menengah atau panjang.

Manfaat Financial Check Up

Financial Check Up

Dengan melakukan financial check up, kamu tentunya bisa mengetahui sesehat apa keadaan keuanganmu selama ini. Namun, tidak hanya itu. Proses pemeriksaan yang bisa saja memakan waktu cukup lama ini bisa memberi kamu manfaat lain. Tidak hanya dalam hal keuangan, tapi juga pemahaman yang lebih baik terhadap tujuan finansial kamu.

[Baca: 6 Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Salah pada Generasi Muda]

Mengetahui Setiap Pos Pengeluaran

Seberapa sering kamu tidak menyadari untuk apa saja uang dihabiskan? Apakah untuk membayar cicilan utang atau berbelanja kebutuhan? 

Uang habis dengan tidak jelas karena semua pengeluaran tidak tercatat dengan baik. Adanya financial check up membantu kamu mencatat setiap pengeluaran dan mengetahui dengan pasti pos pengeluaran harian serta bulanan.

Menjadikan Keuangan Lebih Terarah

Dengan adanya catatan pengeluaran yang rapi, alur keuangan yang jelas, serta pengeluaran yang lebih terencana, kamu bisa memiliki keuangan yang lebih terarah. Tujuan keuangan bisa kamu mulai kamu wujudkan dengan langkah dan perkiraan hitungan yang lebih pasti. 

Menyiapkan Tujuan Keuangan untuk Masa Depan

Untuk bisa mewujudkan keuangan masa depan, diperlukan keuangan yang sehat dan stabil. Keuangan yang sehat tentunya tidak bisa diwujudkan jika kamu masih melakukan pengeluaran yang tidak jelas. 

Oleh sebab itu, melakukan financial check up secara rutin merupakan salah satu langkah memperbaiki keuanganmu. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mencapai tujuan di masa depan.

Melatih Diri Berhati-hati dalam Mengeluarkan Uang

Keuangan yang rapi dan tercatat, baik setiap pemasukan dan pengeluaran akan membantu kamu lebih disiplin dalam mengeluarkan uang.

Karena kamu tahu dengan baik jumlah uang serta pengeluaran dan target masa depan, kamu tidak akan lagi sembrono menghamburkan uang. Yang ada, kamu akan berusaha menahan diri melakukan pembelanjaan yang tidak perlu dan menyeleksi setiap pengeluaran.

Mengetahui Kekurangan Diri dalam Mengelola Uang

Financial check up juga berguna untuk mengetahui kekurangan serta kesalahan dalam mengatur keuanganmu. Dengan adanya pemeriksaan menyeluruh, kamu akan tahu apa yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki keadaan. Selain itu, kamu akan mengetahui apa yang harus dibatasi dari diri kamu agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

 

===========

Jadi, sudah siap memeriksa keuangan kamu? Lebih cepat, lebih baik. Dengan begitu, kamu bisa memahami keadaan keuanganmu serta apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya. 

 

Semoga keuanganmu membaik!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *