Tips Liburan Murah agar Keuangan Tetap Seimbang Setelahnya

Liburan tanpa pusing!
Liburan Murah

Liburan murah, siapa yang tidak mau? Tapi, meskipun murah, tidak ada yang bisa menjamin kamu tidak menghabiskan banyak uang. 

Dengan suasana hati yang sedang bahagia dan lingkungan yang menyenangkan, sering kali orang-orang menjadi lebih mudah mengeluarkan uang. Jika sudah begitu, tidak jarang justru menjadi kebablasan dan akhirnya pengeluaran kamu melebihi dari yang sudah dianggarkan. 

Liburan yang over budget pastinya akan memberi pengaruh buruk untuk keuanganmu setelah liburan usai. Selain uang untuk biaya sehari-hari bisa terpakai saat liburan, kamu juga mungkin harus mencari sumber lain untuk memenuhi kebutuhan hingga gajian tiba.

Lalu, bagaimana cara menghindarinya? Untuk mencegah adanya masalah keuangan pascaliburan, kamu perlu melakukan persiapan jauh sebelum liburan dimulai. Kemudian, lakukan juga langkah-langkah di bawah untuk menghemat biaya liburan kamu.

Seperti apa? Lihat di sini.

Rencanakan Liburan Sejak Jauh-Jauh Hari

Liburan Murah

Untuk bisa menghemat lebih banyak uang, kamu perlu perencanaan liburan yang rapi. Mulailah dengan menentukan tempat destinasi dan perkiraan uang yang dibutuhkan. Perkirakan juga waktu yang diperlukan agar kamu bisa mengumpulkan uang sebanyak yang ditargetkan. 

[Baca: 7 Tips Menyiapkan Dana Liburan ]

Dengan membuat rencana liburan ini, kamu bisa mencari lebih banyak kemungkinan promo, memilih dan membandingkan harga penginapan lebih lama, serta kemungkinan lain yang bisa mengurangi biaya liburan.

Anggarkan juga dana cadangan untuk pascaliburan, sebagai persiapan jika kamu menghabiskan semua uang di rekening saat liburan. Dengan adanya uang cadangan ini, kamu tetap akan bisa beraktivitas dengan normal dan keuangan tidak terganggu.

Tidak Perlu Pilih Destinasi Liburan yang Jauh

Liburan Murah

Pergi liburan ke luar negeri merupakan impian banyak orang, tapi jika dana belum mencukupi, destinasi liburan dalam negeri juga tidak kalah menarik. Selain yang sudah terkenal, masih banyak tempat di Indonesia yang memiliki potensi wisata.

Jika ingin tempat liburan baru, tapi dengan biaya yang murah, kamu bisa menjadikan tempat-tempat seperti itu sebagai destinasi. Sebaliknya, jika hanya ingin menghilangkan penat, pilih saja destinasi yang dekat sehingga bisa lebih hemat.

Cari Promo Tiket Pesawat

Liburan Murah

Tiket pesawat barangkali memakan sebagian besar anggaran liburan kamu. Karena itu, kamu harus bekerja keras untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga lebih murah.

Jika merencanakan jauh hari sebelumnya, kamu bisa mendatangi acara travel fair untuk mendapatkan berbagai promo menarik. 

[Baca: Tips Hemat Pengeluaran dengan 5 Langkah Ini ]

Kamu juga bisa mengunjungi banyak situs dan membandingkan harga di berbagai tempat, seperti perusahaan penerbangan atau agen perjalanan.

Dengan begitu, siapa tahu kamu bisa mendapat tiket dengan harga miring dan bahkan jauh di bawah uang yang sudah kamu anggarkan.

Batasi Biaya Liburan

Liburan Murah

Meskipun liburan membutuhkan banyak uang, seberapa banyak uang yang dikeluarkan bisa kamu tentukan. Seperti memilih tempat-tempat wisata, makanan, atau membeli oleh-oleh. 

[Baca: Apa Itu Dana Darurat & Seberapa Penting Menyiapkannya? ]

Kamu bisa menentukan anggaran untuk setiap pengeluaran selama liburan. Dengan begitu, kamu tidak akan kebablasan.

Untuk berjaga-jaga, tentu saja kamu harus menyiapkan dana cadangan. Namun, jika semua berjalan lancar dan tanpa masalah, dana cadangan tersebut bisa kembali kamu tabung atau gunakan untuk biaya tambahan pascaliburan.

Hindari Berlibur Saat Musim Liburan

Liburan Murah

Pergi jalan-jalan di musim liburan memang sering kali menjadi pilihan banyak orang. Namun, jika kamu ingin berhemat, hindari travelling di musim liburan.

Dengan travelling di luar musim liburan, kamu mungkin bisa membayar lebih murah daripada biasanya untuk tiket pesawat, penginapan, atau tiket masuk tempat wisata. Jadi, kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang.

Di luar musim liburan, berbagai tempat wisata juga lebih sepi. Jadi, kamu punya lebih banyak kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata dan menikmati liburanmu dengan maksimal.

Pilih Homestay untuk Penginapan

Liburan Murah

Salah satu cara untuk menghemat biaya liburan, kamu bisa lebih selektif dalam memilih tempat penginapan. Salah satunya dengan menginap di homestay daripada di hotel. 

Selain itu, kamu juga bisa memilih tempat menginap yang menyediakan sarapan atau makan malam untuk menghemat biaya makan.

Tapi ingat, jangan sampai hanya karena mencari yang murah kamu mengabaikan kenyamanan ketika menginap. Tetap utamakan tempat yang bersih dan lingkungan yang aman. 

Cobalah lakukan banyak pencarian di internet atau bisa juga meminta rekomendasi dari teman untuk tempat penginapan yang tidak terlalu mahal dengan pelayanan yang bagus.

Gunakan Transportasi Umum Saat Berlibur

Liburan Murah

Biar liburan lebih hemat, gunakan transportasi umum ketika berwisata. Menggunakan transportasi umum barangkali memang tidak sepenuhnya menyenangkan, tapi yang pasti lebih hemat. 

Lagi pula, jika kamu menggunakan transportasi umum lebih banyak pengalaman yang bisa kamu rasakan, seperti bertemu bertanya langsung pada penduduk lokal tentang kehidupan di tempat tersebut.

Nah, berhubung sistem transportasi umum di berbagai tempat belum tentu sama, kamu bisa mencari info terlebih dahulu agar liburan kamu bisa berjalan tanpa ada masalah.

Sesuaikan juga ketersediaan transportasi umum dengan lokasi tempat kamu menginap sehingga akses untuk bepergian lebih mudah.

Ajak Teman atau Keluarga Ikut Pergi Berlibur

Liburan Murah

Mau liburan lebih murah? Ajak serta teman atau keluarga kamu. Dengan adanya dua atau tiga orang, kamu bisa berbagi biaya penginapan dan transportasi sehingga lebih murah. 

[Baca: Pilih Mana, Liburan Akhir Tahun Sendiri atau Bersama Teman? ]

Berlibur bersama teman juga lebih menyenangkan karena kamu bisa berbagi pengalaman bersama orang tersayang.

 

==========

Pergi berlibur tanpa masalah keuangan pastinya lebih menyenangkan. Karena itu, persiapkan dengan baik, tidak hanya rencana perjalanan, tapi juga keuangan. Keuangan yang terjamin membuat kamu nyaman sebelum, saat, dan setelah liburan!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *