Pilih Mana, Liburan Akhir Tahun Sendiri atau Bersama Teman?

Punya rencana berlibur?
Liburan Akhir Tahun

Sudah bulan Desember, adakah yang sudah merencanakan liburan akhir tahun?

Orang-orang dengan dana dan waktu terbatas biasanya akan memilih kesempatan khusus untuk berlibur. Salah satunya, di akhir tahun.

Berlibur menjelang akhir tahun, memberi waktu orang-orang untuk mengumpulkan uang sekaligus mereka bisa memanfaatkan banyaknya tanggal merah di bulan Desember ini.

Oleh sebab itu, untuk kamu yang membutuhkan banyak dana untuk berlibur, tidak perlu khawatir karena kamu punya banyak waktu untuk menabung.

Untuk masalah dana, kamu juga perlu mempertimbangkan apakah akan berlibur sendiri atau bersama teman-teman karena keduanya membutuhkan perkiraan dana yang berbeda.

Jadi, berlibur sendiri atau bersama teman? Sebelum pergi, ada baiknya kamu baca tips berikut ini.

Liburan Akhir Tahun Sendiri

Liburan Akhir Tahun

Siapa bilang liburan sendiri tidak menyenangkan? Liburan seorang diri mungkin akan memberi pelajaran dan pengalaman lebih banyak daripada ketika kamu bersama teman.

Selain itu, untuk sebagian orang, berlibur sendiri bisa menjadikannya sebagai me time.

Namun, pergi berlibur sendiri juga ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan, termasuk masalah dana.

Nah, ketahui apa saja yang mungkin akan kamu hadapi jika berlibur seorang diri.

Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan dengan lebih baik rencana liburan akhir tahunmu.

[Baca: 5 Tips Menyusun Rencana Keuangan untuk Resolusi Tahun Baru]

  1. Liburan seorang diri berarti segala sesuatu diurus sendiri. Kamu harus memesan tiket, akomodasi, dan keperluan lain seorang diri. Ini artinya, kamu harus mau meluangkan waktu untuk menyelesaikan segala keperluan liburan nanti.
  2. Walaupun sedikit melelahkan mengurus semuanya sendiri, kamu memiliki kebebasan menentukan kapan akan berlibur. Kendala berlibur dengan teman tentunya sulit menyamakan jadwal. Namun, jika berlibur sendiri, kamu bisa pergi kapan pun sesuai dengan keinginan.
  3. Karena pergi sendiri, semua biaya ditanggung olehmu. Kamu tidak bisa berbagi dengan orang lain. Dengan begitu, dana mungkin lebih banyak dibandingkan jika pergi bersama teman. Nah, kamu bisa menyiasatinya dengan memilih destinasi wisata yang tidak terlalu jauh dan mengatur lamanya waktu berlibur.
  4. Meski mengurus segala sesuatunya sendiri, kamu lebih bebas dalam  menentukan lokasi wisata yang ingin didatangi. Kamu juga tidak akan merasa tergoda ketika teman belanja berbagai barang. Jadi, kamu bisa lebih hemat ketika jajan.
  5. Karena kejadian buruk bisa terjadi di mana saja, ada baiknya kamu mempertimbangkan masalah keamanan ketika berlibur seorang diri. Selain memilih destinasi wisata yang ramai, pilihlah jam-jam tertentu untuk mengunjungi lokasi wisata agar bisa kembali ke hotel sebelum jalanan sepi.

[Baca: Awas Bangkrut di Usia Muda! Ini 5 Tanda yang Harus Kamu Waspadai ]

Liburan Akhir Tahun Beramai-ramai

Liburan Akhir Tahun

Liburan bersama teman juga tidak kalah menarik. Berlibur beramai-ramai bisa memberi kenangan yang berharga bersama teman dan orang yang kamu sayang.

Kamu juga akan memiliki quality time bersama mereka.

[Baca: 7 Tips Menyiapkan Dana Liburan ]

Jika sebelumnya tidak ada waktu untuk bertemu, dengan berlibur bersama kamu bisa membangun kembali kedekatan sekaligus menjaga kualitas hubungan pertemanan.

  1. Pertama sekali kamu dan teman harus menyamakan waktu liburan. Hal ini mungkin tidak selalu mudah karena belum tentu kamu bisa menemukan waktu kosong yang sama. Oleh sebab itu, untuk berlibur bersama, kamu dan teman harus rela mengorbankan waktu demi berkumpul dan bertemu.
  2. Karena pergi bersama teman, kamu pastinya bisa bagi tugas untuk mengurus berbagai keperluan. Jadi, bisa lebih hemat waktu. Namun, tentunya semua keputusan perlu didiskusikan bersama terlebih dahulu.
  3. Berlibur bersama juga berarti harus menyamakan pendapat, terutama dalam hal destinasi liburan. Berlibur jauh atau dekat tentu akan memakan sejumlah uang. Oleh sebab itu, ada baiknya rencanakan liburan bersama teman sejak jauh-jauh hari. Dengan begitu, jika destinasi liburan yang dituju membutuhkan banyak dana, kamu bisa menyiapkannya terlebih dahulu.
  4. Keuntungan berlibur bersama teman, kamu bisa berbagi biaya akomodasi dan transportasi selama di sana, nih sehingga bisa lebih hemat. Selain itu, bisa juga ada berbagai promo yang hanya bisa dinikmati jika kamu pergi berdua atau bertiga dengan temanmu.

 

=========

Liburan tidak perlu pergi jauh atau membeli barang mewah, yang terpenting ialah momen menyenangkang yang kamu dapatkan ketika pergi bersama teman ataupun sendiri.

Ciptakan banyak kenangan berharga yang bisa menjadi penyemangat untuk hari-hari di depan.

Selamat berlibur!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *