Kriteria Keuangan Menjelang Usia 30 Tahun yang Sebaiknya Kamu Miliki

Ini yang sebaiknya kamu punya!
Keuangan Menjelang Usia 30

Seperti apa kriteria keuangan menjelang usia 30? Usia 30 tahun bisa sangat berarti untuk banyak orang. Dalam hal keuangan, memiliki keadaan finansial yang stabil bisa menjadi salah satu impian.

Dengan keadaan keuangan yang stabil, kamu akan lebih mudah menyiapkan fase baru hidupmu, termasuk masa-masa di hari tua. Usia 30 tahun menjadi awal untuk melihat apakah kamu sudah berada di jalan yang tepat menuju impian masa depanmu.  

Untuk mengetahuinya, kriteria keuangan menjelang usia 30 tahun berikut ini bisa menjadi beberapa tanda. Jika sudah memilikinya, kamu bisa memulai usia baru dengan langkah yang lebih ringan. Apa saja yang sebaiknya sudah kamu miliki di usia 30 tahun? Ini daftarnya.

Dana Darurat Sudah Terkumpul

Keuangan Menjelang Usia 30

Dana darurat yang dikumpulkan setiap bulan di usia 20 tahun-an, menjelang usia 30 tahun sebaiknya sudah terkumpul. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir jika terjadi kejadian mendesak yang membutuhkan dana besar.

Minimal, untuk kamu yang belum menikah sudah menyiapkan tiga sampai enam kali pengeluaran bulanan. Sementara kamu yang sudah menikah dan belum memiliki anak, memiliki enam kali pengeluaran bulanan atau lebih. Sebaliknya, jika sudah menikah dan memiliki anak, dana darurat yang ideal ialah dua belas kali pengeluaran bulanan.

Jika bisa mengumpulkan lebih dari yang dianjurkan tentu lebih baik. Dengan memiliki dana darurat lebih besar, kamu bisa merasa lebih aman jika terjadi situasi yang tidak diinginkan.

Sudah Memiliki Portofolio Investasi

Keuangan Menjelang Usia 30

Kriteria keuangan menjelang usia 30 tahun yang tidak boleh dilewatkan ialah memiliki investasi. Investasi memiliki peran penting untuk mengembangkan uang yang dimiliki. Dengan memulai investasi lebih dini, kamu bisa menikmati keuntungan lebih besar.

Selain itu, cobalah berinvestasi pada beberapa produk investasi, seperti logam mulia, reksa dana, obligasi, hingga jika bisa properti. Dengan diversifikasi ini, kamu tidak akan terlalu cemas jika salah satu investasi tidak berjalan sesuai dengan keinginan.

Jika di usia 20 tahun-an tidak mencoba investasi apa pun, menjelang usia 30 tahun kamu harus mulai memberanikan diri untuk mencobanya. Mulailah dengan investasi bermodal kecil dan tingkatkan saat pengalaman dan percaya diri kamu meningkat. 

Terbebas dari Utang

Keuangan Menjelang Usia 30

Keuangan usia 30 tahun yang baik ialah bebas dari tagihan utang. Jadi, menjelang usia 30 tahun, segera lunasi utang konsumtif yang dimiliki. Fokuskan pengeluaranmu untuk membayarnya.

Setelah itu, tahan diri untuk tidak lagi berutang, terutama untuk utang buruk atau konsumtif. Tanpa utang, kamu bisa lebih bebas merencanakan keuangan. Alokasi uang untuk investasi atau tabungan juga bisa lebih besar.

Jika alokasi untuk investasi dan tabungan lebih besar, keuangan untuk masa depan juga lebih terjamin. Impian pun bisa lebih cepat terwujud.

Sudah Menyiapkan Dana Pensiun

Keuangan Menjelang Usia 30

Saat usia 20 tahun-an, masa pensiun barangkali masih terasa jauh dan karena itu kamu belum menyiapkannya. Namun, menjelang usia 30 tahun, pensiun menjadi sebuah keadaan yang semakin pasti.

Kamu mungkin tetap bisa bekerja hingga tua, tapi setidaknya bukan menjadi karyawan kantoran karena tentu ada batas usianya. Lalu, bagaimana kamu menjalani masa pensiun dan hari tua? Menjalani masa pensiun dan hari tua tidak akan terlalu menyeramkan jika memiliki dana pensiun.

Lebih cepat kamu menyiapkannya, lebih baik. Hal ini karena dana pensiun yang dibutuhkan cukup besar. Jadi, semakin panjang waktu untuk mengumpulkan uang, lebih banyak yang bisa disiapkan untuk hari tua.

Tidak Lagi Bergantung pada Orang Tua

Keuangan Menjelang Usia 30

Usia 30 tahun masih bergantung pada orang tua? Kamu mungkin akan merasa malu dan bisa menjadi beban untuk diri sendiri. Oleh sebab itu, hindari keadaan tersebut dengan menyiapkan keuangan sebaik mungkin agar bisa mandiri memasuki usia baru. 

Mandiri secara finansial juga bisa menjadi pencapaian tersendiri. Selain itu, kamu akan sepenuhnya belajar mengelola uang dengan baik untuk kepentingan saat ini dan masa depan. 

Pengelolaan Keuangan yang Rapi

Keuangan Menjelang Usia 30

Setelah tidak lagi bergantung pada orang tua, kamu akan belajar mengelola uang sendiri. Meski ada banyak yang sudah melakukannya sejak usia 20 tahun-an, menginjak usia 30 kamu seharusnya sudah bisa melakukannya dengan baik.

Menjelang usia 30, kamu sudah memiliki pengalaman yang cukup dalam mengelola uang. Pengelolaan uang selama usia 20 tahun-an bisa menjadi bahan pelajaran dan perbaikan di usia yang sekarang.

Kamu sudah tahu pengeluaran yang penting dan tidak. Lebih baik lagi, jika kamu sudah bisa mengendalikan diri dalam mengeluarkan uang sehingga tidak ada pemborosan. Anggaran keuangan bulanan juga seharusnya sudah dilakukan dengan rutin dan disiplin.

Tidak Lagi Khawatir Mengenai Penghasilan Bulanan

Keuangan Menjelang Usia 30

Kriteria keuangan menjelang usia 30 tahun berikutnya mengenai penghasilan. Akan lebih baik ketika memasuki usia 30 tahun, kamu sudah memiliki pekerjaan yang tetap dan penghasilan yang stabil.

Keadaan ini tidak hanya untuk karyawan kantoran. Kamu yang pekerja lepas juga sebaiknya sudah memiliki reputasi yang bagus sehingga tawaran pekerjaan bisa datang dengan mudah. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir tidak memiliki penghasilan.

Dengan penghasilan yang tetap dan keadaan keuangan yang stabil, kamu bisa menyiapkan dana untuk masa depan tanpa ada masalah. Uang bisa langsung dialokasikan untuk berbagai kebutuhan, seperti tabungan, investasi, atau dana pensiun.

 

====

Usia 30 tahun juga merupakan momen yang tepat untuk melihat kembali usia 20-an yang sudah dijalani dan pencapaian yang diraih. Ini saat terbaik untuk memperbaiki kesalahan di masa mudamu agar tidak terulang lagi di masa depan.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *