Mau Kerja Setelah Pensiun? Ini Keuntungan yang Bisa Didapatkan!

Sudah punya rencana pensiun?
Kerja Setelah Pensiun

Kerja setelah pensiun? Kenapa tidak! Meski kamu baru saja menyelesaikan satu masa panjang pekerjaan, bekerja kembali setelah pensiun bukan pilihan buruk. Kamu bisa merasakan banyak keuntungan.

Tidak hanya keuntungan dari sisi finansial, tapi juga untuk tubuh dan mental. Penghasilan setelah pensiun bahkan bisa membantu keluargamu juga. Jadi, kamu tidak perlu ragu jika memiliki rencana untuk mencoba jenis pekerjaan baru setelah pensiun.

Nah, apa keuntungan lain yang bisa rasakan? Simak selanjutnya di sini.

Kegiatan untuk Mengisi Masa Pensiun

Kerja Setelah Pensiun

Pernah terpikir, apa yang ingin kamu lakukan ketika pensiun? Hanya di rumah, melakukan aktivitas sehari-hari, menonton, dan mengobrol dengan tetangga barangkali bukan hal menyenangkan untuk orang-orang yang sudah terbiasa bekerja.

Meski kegiatan seperti itu bisa menyenangkan juga, jika terus menerus melakukannya untuk waktu yang lama, kamu bisa merasa cepat bosan. Pada akhirnya, kamu akan berusaha mencari kesibukan baru.

Nah, daripada baru terpikir nanti, lebih baik rencanakan mau kerja apa setelah pensiun dari sekarang. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, termasuk berbagai pekerjaan ringan yang menyenangkan yang bisa mengisi hari-hari pensiunmu.

Dengan menemukan dan merencanakan kegiatan masa pensiun dari sekarang, kamu juga bisa menyiapkan dananya. Karena siapa tahu, pekerjaan yang ingin kamu lakukan di masa pensiun membutuhkan modal.

Menjadikan Kamu Tetap Aktif dan Sehat

Kerja Setelah Pensiun

Tetap sibuk merupakan salah satu cara kamu bisa tetap bahagia. Sibuk tidak selalu berarti bekerja terus menerus dengan tugas seperti di kantoran. Untuk kamu yang sudah pensiun, sibuk juga bisa berarti kamu memiliki kegiatan tertentu untuk dilakukan setiap harinya.

Kegiatan yang bisa mengalihkan kamu dari beban masalah ataupun kebosanan. Kamu juga bisa bertemu teman-teman baru yang seusia dengan cerita yang sama. Jika punya teman-teman yang bisa diajak bicara, kamu bisa menjalani masa pensiun dengan lebih bahagia.

Aktivitas kerja yang mungkin mengharuskan kamu untuk membaca juga baik untuk perkembangan otakmu. Kamu bisa terhindar dari kepikunan dan mengetahui apa yang sedang tren di masyarakat.

Tetap update dengan tren terkini juga bisa membuat kamu merasa tetap muda dan semangat. Mental kamu pun bisa lebih sehat karena kamu tetap aktif secara sosial karena bertemu dengan orang baru dan mencoba hal-hal baru.

Mencoba Bidang Baru yang Sudah Lama Diinginkan

Kerja Setelah Pensiun

Kerja lagi setelah pensiun bisa menjadi sangat menyenangkan karena kamu bisa mencoba banyak bidang baru yang sebelumnya tidak pernah kamu tahu. Kamu juga bisa mewujudkan impian lama yang dahulu tertunda.

Dengan mencoba bidang baru, kamu akan merasa semangat dan penuh rasa ingin tahu. Antusiasme seperti itu bisa membuat kamu lebih bahagia dan jauh dari stres. Apalagi jika bidang tersebut cocok untuk karakter dan kepribadianmu.

Nah, untuk tahu bidang baru yang ingin dicoba, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menekuni hobi baru, mencoba membuka usaha kecil di rumah, atau memperhatikan keadaan sekitar dan mencari peluang kerja setelah pensiun.

Sebagai saran, jika kamu ingin berbisnis setelah pensiun, ada baiknya siapkan uang dari sekarang atau ketika masih bekerja. Sebelumnya, pikirkan dulu bisnis yang ingin dibuka dan perkiraan modal yang dibutuhkan.

Mendekati masa pensiun tiba atau beberapa tahun sebelumnya, kamu bisa memulai bisnis tersebut. Hal ini agar ketika pensiun bisnis tersebut sudah lebih stabil dari sisi finansial dan operasional.

Menambah Dana Pensiun

Kerja Setelah Pensiun

Salah satu keuntungan cari kerja setelah pensiun tentunya kamu bisa tetap mendapat penghasilan. Meskipun tidak sebesar dan serutin yang dulu, setidaknya kamu selalu memiliki pemasukan tambahan selain dana pensiun yang sudah disiapkan.

Dengan adanya penghasilan yang masih dimiliki, dana pensiun kamu bisa bertahan untuk waktu yang lebih lama. Kamu juga bisa meringankan beban keuangan ketika menjalani hari-hari setelah tidak lagi bekerja.

Selain itu, biaya kesehatan semakin mahal, kerja setelah pensiun bisa membantu kamu membiayainya. Biaya-biaya kecil tidak terduga setiap harinya juga bisa terpenuhi dengan penghasilan tersebut.

Jika memungkinkan, penghasilan tersebut juga bisa kamu investasikan jangka pendek atau menengah untuk keuntungan yang lebih besar. Oleh sebab itu, kamu juga perlu berhemat agar penghasilan tersebut bisa ditabung atau diinvestasikan untuk menambah dana pensiun.

Tidak Menyulitkan Anak & Keluarga

Kerja Setelah Pensiun

Kamu tentunya tidak ingin menjadi beban keluarga, bukan? Meski sudah ada dana pensiun, dana tersebut belum tentu bisa memenuhi kebutuhanmu untuk waktu yang lama. Oleh sebab itu, kerja setelah pensiun bisa menjadi salah satu pilihan.

Dengan kamu tetap memiliki penghasilan, dana pensiun bisa lebih awet. Kamu juga tetap memiliki uang jaga dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, kamu tidak merasa perlu untuk meminta bantuan pada anak atau keluarga.

Kerja setelah pensiun juga tidak akan menjadikan anakmu sebagai generasi sandwich. Kamu tahu bukan, apa itu generasi sandwich? Generasi yang terhimpit untuk membiayai kebutuhan keluarganya sendiri dan orang tua.

Beban keuangan anak-anakmu kelak bisa lebih ringan. Kamu juga tidak akan merasa tertekan atau stres karena menjadi beban untuk anak-anakmu. Masa tua bisa lebih bahagia dan bebas secara finansial. 

=========

Jangan lupa, kerja setelah pensiun bukan menitikberatkan pada banyaknya penghasilan yang diperoleh, melainkan kamu melakukan aktivitas yang bisa membuat bahagia. 

Jadi, tidak masalah jika hanya kerja part time untuk pensiunan atau tawaran proyek yang datang sesekali, yang terpenting kamu bisa melewati hari pensiun dengan aktivitas yang menyenangkan.  

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *