Kenapa Emas Batangan Bernilai Tinggi? Ini Dia Alasannya!

Siapa dari kamu yang suka membeli dan berinvestasi emas batangan? Pernah tidak kamu penasaran, kenapa satu gram emas yang ukurannya lebih kecil dari uang koin, harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah?

Emas telah menjadi bagian dari banyak sistem keuangan dunia selama ribuan tahun. Emas batangan juga telah menjadi investasi yang digemari banyak orang sejak lama. Lalu, apa yang membuatnya begitu berharga?

Tentu saja nilai emas yang tinggi bukan tanpa alasan. Ada lima faktor utama yang membuat nilai emas sangat berharga sejak pertama kali ditemukan, dan mengapa emas akan mempertahankan nilainya di masa mendatang. Simak bersama di sini, yuk!

Emas adalah Logam yang Langka

Dibandingkan dengan logam dan mineral lain di bumi, emas sebenarnya sangat langka. Benda apa pun yang tersedia dalam jumlah terbatas cenderung menjadi lebih berharga.

Stok emas yang telah ditambang di seluruh dunia meningkat sekitar 3000 ton setiap tahun. Ini sebenarnya tidak terlalu banyak. Produksi perak tahunan saja bisa mencapai 27.000 ton, kira-kira 9 kali lebih banyak daripada emas.

Sementara produksi baja mencapai 1.630.000.000 ton baja setiap tahunnya. Perbandingan produksi emas, perak, dan baja bisa menjadi perspektif kamu untuk melihat bahwa emas jauh lebih langka daripada logam lain. Inilah salah satu alasan kenapa nilainya lebih tinggi.

[Baca juga: 7 Negara dengan Cadangan Emas Terbesar di Dunia]

Emas Akan Bertahan Selamanya

Tidak seperti besi, emas tidak akan berkarat. Kamu bisa menyimpan emas selama 100 tahun dan saat mengambilnya kembali, emas kamu akan bersinar seperti hari pertama ia dicetak.

Emas akan bertahan selamanya, kecuali jika dihancurkan secara fisik. Ini adalah alasan lain mengapa emas adalah investasi jangka panjang yang baik. Kalau kamu menyimpan koin atau uang kertas, nilainya akan sangat cepat menurun seiring waktu.

Nilai Sejarah Emas

Emas telah diakui sebagai alat tukar selama ribuan tahun lalu. Pada zaman dulu, kamu bisa menggunakan emas di banyak belahan dunia. Penggunaan uang yang dicetak oleh pemerintah (yang kita gunakan saat ini) adalah penemuan yang lebih modern.

Namun, uang kertas nilainya tidak stabil dan bahkan menurun seiring waktu. Pada zaman dahulu, orang-orang lebih senang menyimpan emas karena nilainya yang tetap stabil bahkan di saat perang atau krisis sedang berlangsung.

Nilai Intrinsik Emas

Jual Emas

Saat ini, dunia menggunakan apa yang disebut “fiat currency” sebagai alat pertukaran. Mata uang ini tidak memiliki nilai intrinsik, yaitu nilai asli yang melekat pada fisiknya. 

Uang fiat memiliki nilai karena pemerintah mengatur penggunaannya, misalnya melalui perpajakan, atau dengan menyatakan bahwa menggunakan mata uang lain sebagai alat tukar adalah ilegal.

Pemerintah juga menarik mata uang lama dari peredaran, mengganti uang kertas dan koin baru, menjadikan uang kertas dan koin lama menjadi tidak valid. Emas batangan akan selalu menjadi emas batangan. Ini akan selalu mempertahankan nilainya.

Emas Batangan Tidak Terpengaruh Inflasi

Seperti yang kita tahu, jika pemerintah mencetak uang kertas yang melebihi aset pendukung yang mereka miliki, maka akan terjadi inflasi. Ini mengikis nilai mata uang itu sendiri.

Tetapi pemerintah tidak dapat mencetak emas. Kalau kamu memiliki sejumlah emas, dan pemerintah mulai mencetak uang dan menyebabkan inflasi yang merajalela, kamu akan tetap aman. Bahkan, daya beli emas akan meningkat di saat nilai mata uang pemerintah menurun.

[Baca juga: Fakta Investasi Emas, Cek 5 Hal Ini]

Jadi, Apakah Investasi Emas Pilihan yang Tepat?

Tips Investasi Emas

Emas akan mempertahankan nilainya di masa depan karena alasan yang selalu sama. Orang-orang telah menghargai emas selama lebih dari 3.000 tahun sebagai bentuk uang paling utama. 

Tidak peduli iklim sosial, politik, atau keuangan di dunia, emas tidak pernah bernilai nol. Emas batangan yang kamu beli hari ini akan bertahan lebih lama dari kamu sendiri. Kalau kamu ingin diversifikasi portofolio investasimu, emas adalah pilihan tepat. 

 

Sekarang sudah cukup jelas kan, kenapa emas sangat bernilai di dunia? Kamu tidak perlu khawatir kalau nilai emas sampai turun saat berinvestasi emas, karena nilainya akan tetap stabil untuk jangka panjang!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *