Ternyata Kegunaan Emas Bisa untuk 10 Hal Ini!

Ada banyak kegunaan emas, apa saja?
Kegunaan Emas

Untuk apa saja kegunaan emas? Emas yang sudah sangat terkenal di masyarakat sebagai bahan baku perhiasan, ternyata memiliki kegunaan yang lebih dari satu. Tidak sebatas hanya untuk perhiasan atau simpanan seperti yang umum diketahui. 

Kegunaan emas dalam kehidupan sehari-hari bahkan mungkin lebih banyak daripada yang kamu ketahui. Hal ini menjelaskan kenapa permintaan terhadap emas di pasaran tidak pernah sepi.

Lalu, untuk apa saja emas biasa digunakan?

Perhiasan

Kegunaan Emas

Salah satu kegunaan emas adalah untuk perhiasan. Hal ini sudah umum dan mungkin diketahui oleh hampir semua orang. Faktanya, sekitar 52% produksi emas dunia digunakan untuk industri perhiasan.

Negara seperti China dan India merupakan beberapa negara yang semakin mendukung penggunaan emas untuk perhiasan. Dipilihnya emas bukan tanpa alasan.

Emas selain mudah dibentuk, juga tidak bereaksi terhadap kelembapan sehingga tidak mudah berkarat dan tahan terhadap noda.

Mata Uang

Kegunaan Emas

Seperti yang banyak diketahui juga, emas merupakan mata uang sejak 6000 tahun yang lalu. Awalnya keping emas digunakan sebagai alat tukar. Ukuran keping emas kemudian distandarisasi menjadi koin untuk memudahkan transaksi saat itu.

Ketika mata uang kertas pertama kali dikenalkan, emas tetap digunakan sebagai jaminan terhadap nilai mata uang kertas tersebut. Kini, meski sudah tidak lagi digunakan sebagai mata uang utama setiap transaksi di dunia, emas tetap digunakan untuk mata uang koin atau logam.

Diperkirakan sekitar 10% emas dunia digunakan untuk koin atau cadangan keuangan pemerintah.

Investasi

Kegunaan Emas

Emas batangan sebagai investasi mungkin sudah tidak asing lagi. Logam mulia tersebut sudah menjadi komoditas yang terkenal selama berabad-abad dan dianggap investor sebagai produk safe haven dan penyimpan harta kekayaan yang luar biasa. 

Karena wujudnya yang berharga dengan sejarah panjang di pasar dunia, orang-orang membeli emas dengan harapan bisa menjadi pelindung untuk aset mereka terhadap risiko inflasi dan perekonomian yang memburuk.

Jaminan Pinjaman

Kegunaan Emas

Selain sebagai penyimpan aset, emas juga digunakan di sejumlah negara, seperti India sebagai jaminan terhadap pinjaman yang diambil. Hal ini karena emas dianggap sebagai sesuatu yang sangat berharga.

Meski tidak sepenuhnya sama, di Indonesia kamu juga bisa menggadaikan emas yang dimiliki untuk mendapatkan sejumlah uang tunai. Emas akan disimpan oleh pihak pegadaian sebagai jaminan jika kamu telat atau tidak membayar pinjaman.

Gigi

Kegunaan Emas

Kegunaan emas juga bisa untuk masalah seputar gigi. Nyatanya, emas memiliki peran penting dalam industri dental hampir selama 3000 tahun dan sering digunakan untuk keperluan, seperti tambalan.

Logam ini dipilih karena tidak beracun dan bisa ditempatkan di bagian tubuh tanpa menimbulkan bahaya. Selain itu, emas juga pilihan sempurna karena merupakan logam yang tahan lama dan tidak membuat korosi di mulut.

Manfaat Emas untuk Obat

Kegunaan Emas

Permulaan emas digunakan sebagai obat terjadi pada sekitar 2500 BC. Tabib China pada saat itu mengunakan emas murni untuk mengobati penyakit, seperti cacar dan penyakit kulit.

Tidak berbeda dengan China, penduduk Romawi kuno juga menggunakan salep emas untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Sekarang ini emas masih digunakan dalam perawatan medis, terutama untuk menangani peradangan, seperti radang sendi.

Selain itu, karena emas tahan terhadap bakteri dan tidak beracun, emas juga digunakan untuk implan tubuh yang berisiko menimbulkan infeksi, seperti implan telinga bagian dalam.

Telepon Genggam

Kegunaan Emas

Tahukah kamu emas juga ada di setiap ponsel di dunia ini? Penelitian yang dilakukan oleh World Gold Council menemukan bahwa satu ponsel bisa memiliki hingga 50 miligram emas.

Bukan jumlah yang banyak memang, tapi jika memperhitungkan jumlah ponsel yang diproduksi di seluruh dunia, angka yang didapat bisa sangat besar. Penggunaan emas kembali lagi karena logam tersebut memiliki daya tahan yang tinggi terhadap karat dan korosi.

Laptop atau Komputer

Kegunaan Emas

Tidak berbeda jauh dengan ponsel genggam, benda elektronik laptop atau komputer juga memiliki kandungan emas. Emas bahkan sudah sering digunakan karena merupakan salah satu konduktor listrik alami terbaik.

Kamu bisa menemukannya dalam chip komputer dan memungkinkan komputer untuk meneruskan serta menerima informasi lebih mudah. Meski tidak seperti perak, emas lebih sering digunakan dalam benda elektronik karena sifatnya yang tidak mudah berkarat dan bernoda.

Kosmetik

Kegunaan Emas

Kamu menggunakan produk L’Oreal atau Dior? Bisa jadi kamu sudah menggunakan emas untuk menjaga kulitmu. Kedua merek tersebut terkenal menggunakan emas atau gold nanoparticles untuk produk kecantikan mereka.

Emas sendiri sudah sering digunakan dalam industri kosmetik dan dianggap sebagai bahan revolusioner dalam segala hal, mulai dari krim perawatan kulit tropical, lip balm, hingga pelembab.

Khasiatnya dikatakan dapat membantu mencerahkan warna kulit, meningkatkan elastisitas, memberikan manfaat anti-penuaan, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Makanan atau Minuman

Kegunaan Emas

Emas juga bisa hadir di piring-piring makananmu. Beberapa restoran ternama menggunakan emas sebagai dekorasi untuk menu mereka, seperti serutan emas atau daun emas.

Meski emas tidak beracun dan dapat dimakan tanpa menimbulkan masalah, logam tersebut tidak dapat dicerna oleh tubuh. Selain itu, emas juga tidak memiliki rasa sehingga penggunaannya murni untuk tujuan dekoratif.

  

=============

Contoh di atas bahkan belum mencakup seluruh kegunaan emas. Salah satu kegunaan emas yang tidak banyak disadari ialah emas merupakan lambang kekayaan dan status seseorang di masyarakat. Tidak hanya orang perorangan, berbagai negara di dunia juga berlomba mengumpulkan emas.

Di masa depan, emas mungkin akan dimanfaatkan lebih banyak daripada sekarang. Jika permintaan terhadap emas semakin tinggi, sudah pasti harga emas akan terus naik mengikuti keadaan.

 

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *