15 Kebiasaan Baik yang Bisa Meningkatkan Keuangan Kamu

Keuangan bisa lebih baik!
Meningkatkan Keuangan

Siapa yang tidak mau meningkatkan keuangan? Kamu pasti juga ingin melakukannya, bukan? Masalahnya kadang, orang-orang tidak tahu apa yang harus dilakukan atau dari mana harus memulai. 

Untuk membantu, lima belas kebiasaan di bawah ini yang dirangkum dari thebalance.com bisa kamu coba. Apa pun masalah keuangan yang saat ini dihadapi, kebiasaan di bawah ini bisa menjadi jalan keluar untuk meningkatkan keuangan kamu.

Apa saja? Simak penjelasannya di sini.

1. Menganggarkan Uang

Meningkatkan Keuangan

Menganggarkan uang setiap bulannya memiliki manfaat baik untuk keuanganmu. Cara ini bisa membantu kamu mengendalikan pengeluaran, memudahkan menabung dan investasi, serta membantu mencapai tujuan di masa depan.

Langkah ini efektif untuk meningkatkan keuangan. Kenapa bisa begitu? Karena dari awal terima uang, kamu sudah membagi uang sesuai dengan pos pengeluaran yang ada. 

Dalam proses pembagian ini, kamu bisa mencoret pengeluaran yang tidak terlalu penting, mengalokasikan uang untuk ditabung dan diinvestasikan, serta menentukan mana yang menjadi prioritas keuanganmu.

2. Mengurangi Biaya Pengeluaran

Meningkatkan Keuangan

Apa yang lebih efektif untuk menyimpan lebih banyak uang selain mengurangi biaya pengeluaran? Untuk tahu mana pengeluaran yang penting dan tidak, kamu perlu melakukan pendataan sederhana terlebih dahulu.

Kamu bisa melakukannya di awal bulan saat terima gaji. Data pengeluaranmu lalu eliminasi pengeluaran yang tidak perlu. Dengan begini, uang bisa dihemat untuk ditabung atau diinvestasikan. 

Selain itu, penggunaan uang juga menjadi lebih maksimal dan kamu bisa berlatih agar lebih disiplin dalam berbelanja.

3. Tidak Perlu Berlangganan

Meningkatkan Keuangan

Di rumah berlangganan tv kabel? Meskipun bukan hal yang buruk, tapi coba dipikir kembali seberapa sering kamu menonton televisi? Di zaman sekarang, kebanyakan orang lebih banyak menonton di ponsel mereka dibandingkan di televisi.

Jika kamu salah satunya, berhenti berlangganan akan lebih baik untuk keuanganmu. Selain TV kabel, coba cek lagi layanan berlangganan yang tidak kamu gunakan dengan maksimal. 

Evaluasi kembali dan jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya hentikan program berlangganan. Jadi, uang bisa dialokasikan untuk pengeluaran lain atau ditabung. 

4. Kurangi Makan di Luar

Meningkatkan Keuangan

Jajan kopi, makan siang di luar, jajan sore, atau makan bersama keluarga di luar merupakan contoh kebiasaan yang terlihat sederhana, tapi sebenarnya bermodal besar. Biaya untuk pengeluaran ini jika dikurangi bisa manambah tabunganmu, lho.

Untuk pengeluaran ini, jangan hanya menghitung untuk satu kali jajan. Hitung juga jumlah pengeluaran secara total dalam satu bulan, pasti kamu akan mendapat nominal cukup besar. 

Jadi, jika tidak bisa dihentikan, cobalah mencari alternatif lain yang lebih murah. Misal, bawa bekal untuk mengurangi biaya makan di luar atau buat kopi sendiri untuk mengurangi jajan kopi di luar.

5. Rencanakan Menu Makan

Meningkatkan Keuangan

Masih untuk menghemat biaya makan. Selain membawa bekal ke kantor, kamu juga bisa merencanakan menu makan untuk setiap bulan. Untuk lebih mudah, keuangan untuk biaya makan bisa dibagi menjadi empat pekan.

Jadi, kamu belanja bahan makanan secara mingguan. Lebih hemat uang dan waktu. Makanan yang dibuat sendiri juga lebih terjamin kebersihan dan kualitasnya. Jika takut merasa bosan, kamu bisa anggarkan uang untuk sesekali makan di luar asalkan tidak terlalu besar.

6. Baca Buku Tentang Keuangan

Meningkatkan Keuangan

Semua usaha meningkatkan keuangan bisa lebih sistematis dan maksimal jika disertai dengan pengetahuan di balik setiap langkah. Untuk meningkatkan literasi keuangan ini, kamu perlu membaca banyak buku. 

Mulai dari buku keuangan hingga investasi. Karena saat ini juga sudah serba digital, menambah literasi seputar keuangan digital pun bisa menjadi salah satu daftar bacaan. Ilmu yang didapat dari bacaan tersebut bisa diterapkan dan harapannya kamu bisa mengatur keuangan keluarga atau pribadi lebih baik.

7. Mulai Berinvestasi

Meningkatkan Keuangan

Cara meningkatkan keuangan berikutnya yang bisa diterapkan ialah berinvestasi. Investasi sangat dianjurkan untuk kamu yang belum menikah ataupun yang sudah berkeluarga. Cara ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan uangmu.

Kamu bisa mulai dengan nominal kecil atau sisihkan 10% dari gaji setiap bulannya. Jika penghasilan sudah bertambah, dana untuk investasi juga bisa bertambah. Lebih banyak uang diinvestasikan, lebih banyak keuntungan yang bisa didapat.

8. Tentukan Tujuan di Masa Depan

Meningkatkan Keuangan

Belum memiliki tujuan keuangan di masa depan? Sebaiknya pikirkan baik-baik dan tentukan. Memiliki tujuan bisa menjadi motivasi untuk kamu agar tetap semangat dalam mengumpulkan uang.

Adanya tujuan juga membantu kamu dengan jelas apa yang harus dilakukan serta besarnya uang yang harus dimiliki. Jika total uang bisa diperkirakan, pastinya lebih mudah untuk menentukan cara mendapatkannya.

9. Buatlah Rencana Keuangan

Meningkatkan Keuangan

Berikutnya, tingkatkan keuangan dengan membuat rencana keuangan. Memiliki rencana keuangan sangat baik tidak hanya untuk pribadi, tapi cara ini juga bisa meningkatkan keuangan keluarga.

Jika memungkinkan, kamu bisa meminta bantuan perencana keuangan. Namun, kalau terlalu sulit, kamu bisa membuat yang sederhana untuk dirimu atau keluargamu sendiri. Tetapkan tujuan, hitung kebutuhan uang, lalu perhitungkan berapa lama waktu yang diperlukan.

Seiring waktu, dengan bertambahnya pengalaman, juga ilmu dari buku, dan informasi yang didapat bisa membantu kamu membuat rencana keuangan lebih baik.

10. Segera Lunasi Utang

Meningkatkan Keuangan

Mewujudkan keinginan bisa lebih mudah jika tanpa utang. Kamu bisa menetapkan tujuan tanpa beban dan mengalokasikan uang untuk ditabung serta diinvestasi tanpa takut cicilan utang belum dibayar.

Meski tidak semua utang itu buruk, segera lunasi utang untuk keuangan yang lebih ringan. Cicilan utang juga bisa menjadi prioritas kamu nih setiap bulannya. Jadi, uang bisa dianggarkan lebih besar agar utang segera terbayar.

11. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Meningkatkan Keuangan

Kartu kredit bisa menjadi alat keuangan yang baik jika kamu bisa menggunakannya dengan bijak. Namun, kalau belum bisa mengendalikan diri, sebaiknya kurangi atau bahkan hentikan penggunaan kartu kredit.

Sebelumnya, evaluasi terlebih dahulu gaya hidup dan pengeluaran yang dilakukan. Kemudian, buatlah anggaran uang bulanan untuk setiap pengeluaran. Usahakan lebih banyak membawa uang tunai ketika belanja atau berpergian dan tinggalkan kartu kredit di rumah.

Dengan begitu, kamu bisa mengurangi ketergantungan pada kartu kredit sekaligus mengendalikan keinginan untuk berbelanja.

12. Mulai Menabung dengan Rutin

Meningkatkan Keuangan

Salah satu cara mengelola uang dengan baik ialah menabung di awal bulan. Sejak terima uang, pisahkan sebagian untuk ditabung. Jadi, sekalipun uang untuk biaya sehari-hari dan belanja bulanan sudah habis, tidak perlu khawatir tida bisa menabung.

Jika melakukannya dengan rutin, kamu bisa meningkatkan keuangan dan tabungan dengan cepat. Memiliki tabungan lebih banyak daripada uang jajan tentu tidak merugikan. Kamu bisa menggunakannya di masa depan untuk mencapai tujuan atau keperluan lainnya.

13. Puasa Berbelanja

Meningkatkan Keuangan

Pernah mencoba berpuasa belanja? Jika tidak pernah, bisa dicoba nih. Uang bulanan bisa selamat dari pembelian yang tidak perlu. Cara ini mungkin termasuk jarang dilakukan, tapi tidak ada salahnya dicoba.

Kamu bisa menentukan akan berpuasa belanja selama satu bulan atau selama yang kamu inginkan. Usahakan tidak membuka aplikasi atau situs belanja agar tidak tergoda promo yang ada. 

Bawa uang secukupnya ketika berpergian dan segera masukan uang untuk belanja ke dalam tabunganmu.

14. Siapkan Dana Pensiun

Meningkatkan Keuangan

Dana pensiun menjamin masa tua dan pensiun yang lebih menyenangkan. Kalau punya dana pensiun yang cukup, kamu tidak akan menyusahkan anak atau keluarga yang lain. Jika pintar mengelola uang, kamu bahkan tidak perlu bekerja sampingan lagi.

Untuk bisa memiliki dana pensiun yang cukup, tentunya harus dimulai dari sekarang, selagi muda dan berpenghasilan. Saat masih muda, kamu bisa mengumpulkannya dalam nominal kecil. Waktu yang panjang juga membantu uang berkembang sehingga nilainya cukup besar saat masa pensiun tiba.

15. Cari Penghasilan Tambahan

Meningkatkan Keuangan

Sumber keuangan kadang tidak hanya di pengeluaran, tapi juga di pemasukan. Jika pengeluaran sudah ditekan, tidak punya utang, tapi masih mengalami masalah keuangan, kamu mungkin perlu mencari pekerjaan tambahan.

Pikirkan juga untuk meningkatkan kemampuanmu agar bisa pindah atau meminta gaji yang lebih tinggi. Cara lain, kamu juga bisa memanfaatkan hobi dan membuka bisnis darinya.  

=========

Dari semua tips di atas, perlu kamu ingat, tidak semua cara dan kebiasaan bisa mengubah keuanganmu dalam semalam. Kamu butuh waktu hingga kebiasaan menjadi rutin dan kamu bisa merasakan perubahan serta manfaatnya. 

Meski begitu, tidak ada ruginya mencoba. Jadi, selamat berusaha meningkatkan keuanganmu!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *