Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Mengatur Anggaran Uang

Sudah pernah coba?
Mengatur Anggaran

Mengatur anggaran uang merupakan salah satu bagian penting dalam mengelola keuangan. Bisa dibilang semua arus keuangan kamu dimulai dengan menganggarkannya. Dengan fungsi yang sangat penting ini, kamu tidak boleh melewatkannya.

Meski begitu, tidak sedikit orang yang masih belum melakukannya. Entah karena malas, tidak mau ribet, atau tidak merasa memiliki cukup uang dianggarkan, padahal kenyataannya sebaliknya. Jika disiplin mengatur anggaran uang, keuangan bisa lebih teratur dan rapi.

Menyusunnya di awal bulan pastinya akan memakan waktu, tapi tidak lama, kok. Membagi anggaran uang pun tidak sesulit yang kamu bayangkan. Kalau mau mencoba dan melawan rasa takut atau malas, ada banyak manfaat jangka panjang untuk keuanganmu, lho. 

Masih butuh lebih banyak alasan dan dorongan untuk menganggarkan uang? Alasan di bawah ini bisa menjadi bahan pertimbanganmu.

Mengurangi Kebiasaan Boros

Mengatur Anggaran

Tanpa anggaran uang, pengeluaran bisa terus menerus dilakukan walaupun tidak terlalu dibutuhkan. Selama masih ada uang, kamu bisa terus mengikuti keinginan untuk membeli atau membayar ini dan itu.

Kebiasaan ini bisa membuat kamu menjadi boros. Kalau sudah boros, kamu akan lebih sulit mengendalikan uang. Tidak hanya itu, dalam jangka panjang banyak urusan yang juga terbengkalai. 

Kamu lebih sulit menabung, tidak ada simpanan untuk masa depan, belum lagi jika kamu memiliki utang karena mengikuti keinginan.

Untuk menghentikannya, aturlah anggaran uang kamu untuk setiap pos keuangan pribadi atau rumah tangga. Kemudian, disiplin dengan anggaran yang sudah dibuat. 

Berat memang pada awalnya melawan keinginan untuk belanja, tapi ingatkan diri sendiri ini semua untuk keuangan dan masa depan yang lebih baik.

Menabung & Investasi Menjadi Lebih Mudah

Mengatur Anggaran

Uang habis dan tidak bisa menabung atau investasi? Hal seperti itu tidak akan terjadi lagi jika kamu mulai mengatur anggaran uangmu setiap bulannya. 

Karena menganggarkan dilakukan ketika menerima uang, kamu bisa memisahkan sejak awal bagian uang untuk ditabung dan diinvestasikan. 

Selanjutnya, sisa uang setelah ditabung dan diinvestasikan tersebut bisa dianggarkan untuk pengeluaran harian, cicilan utang, dan keperluan lainnya. Cara mengatur keuangan bulanan ini bisa kamu terapkan untuk pribadi atau bahkan mengatur keuangan keluarga. 

Dengan begini, tabungan masa depan kamu bisa lebih terjamin. Tidak perlu takut lagi tidak ada uang yang tersisa untuk disimpan karena sedari awal sudah dipisahkan. Keuangan pun menjadi lebih tertata.

Membantu Kamu Mencapai Tujuan

Mengatur Anggaran

Untuk bisa mewujudkan berbagai keinginan dan tujuan di masa sekarang ataupun masa depan, kamu harus memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Dengan pengelolaan yang baik, uang yang tersimpan, diinvestasikan, dan yang digunakan bisa diketahui dengan jelas.

Kamu bisa membuat perencanaan, evaluasi, serta menentukan langkah keuangan dengan lebih percaya diri. Oleh sebab itu, mulailah merapikan keuanganmu dengan mengatur anggaran keuangan setiap bulannya.

Menganggarkan keuangan itu artinya kamu mengalokasikan uang untuk ditabung, diinvestasikan, dan dibelanjakan. Arus kas masuk dan keluar lebih jelas dan dengan begitu kamu bisa lebih mudah menentukan tujuan keuangan. Mencapainya juga menjadi lebih mungkin karena tabungan dan investasi sudah dianggarkan dan dilakukan. 

Melatih Disiplin dalam Mengeluarkan Uang 

Mengatur Anggaran

Kunci sukses mengatur keuangan pribadi atau keluarga selain memiliki anggaran yang jelas juga harus bisa mengontrol pengeluaran. Pengeluaran yang tak terkendali bisa menjadi sumber masalah keuangan kamu.

Selain tidak bisa memiliki tabungan atau investasi, terlalu boros bisa membuat kamu berutang dan terjebak pada kebiasaan yang buruk. Oleh sebab itu, kamu yang ingin memiliki keuangan yang baik dan masa depan yang terencana, harus bisa memisahkan antara kebutuhan dan keinginan.

Jika sudah bisa memisahkan dengan baik, kamu bisa lebih mudah mengendalikan diri. Jika perlu, buat daftar yang membedakan barang yang dibutuhkan dan tidak. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah tergoda berbelanja yang tidak penting.

Barang yang dibutuhkan juga tidak harus dibeli, lho. Bisa saja kamu sudah memiliki barang lain dengan fungsi yang sama. Manfaatkan dan maksimalkan barang yang ada di rumah untuk menghemat pengeluaran. Di saat bersamaan, kamu bisa melatih diri untuk tidak melulu belanja.

Membantu Kamu Mengetahui Semua Pengeluaran

Mengatur Anggaran

Mengatur anggaran uang juga bisa membuat kamu lebih mengenali keuanganmu lebih baik. Kamu tahu untuk apa saja uang dihabiskan dan pengeluaran apa saja yang dilakukan. Kamu menjadi bisa mengenali kebiasaanmu sendiri.

Kenapa begitu? Karena untuk membuat anggaran, kamu harus mengetahui setiap pos pengeluaran. Pengeluaran selama satu bulan didata dan bisa dilihat mana yang penting dan tidak. Selain itu, sejauh mana kamu menabung dan investasi pun bisa kamu ketahui perkembangannya.

Dengan begitu, kamu akan tahu apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan keadaan keuanganmu. Pengeluaran mana yang harus dikurangi dan mana yang harus ditingkatkan.

Lebih Mudah Menentukan Prioritas

Mengatur Anggaran

Setelah mengetahui semua pengeluaran harian atau bulanan, kamu akan bisa menentukan prioritas keuanganmu. Kamu akan bisa menentukan pengeluaran mana yang penting, berapa banyak yang harus ditabung, serta pengeluaran mana yang harus didahulukan.

Kamu mungkin memiliki cicilan utang yang tersisa sedikit lagi. Jadi, kamu bisa memprioritaskan untuk lebih banyak menabung atau menambah anggaran cicilan utang. Di saat bersamaan, kamu mungkin harus menghentikan pengeluaran untuk hal-hal lain yang tidak terlalu penting. Dengan begitu, uang bisa lebih banyak terkumpul.

Menentukan prioritas juga bisa memudahkan kamu mewujudkan rencana atau tujuan masa depanmu. Dengan menentukan prioritas, kamu tahu untuk apa uang kamu anggarkan dan berapa yang harus dicapai setiap bulannya.

 

========

Tertarik membuat anggaran untuk bulan depan?

Kamu perlu memulainya untuk bisa membuat perubahan pada keuanganmu. Sekalipun awalnya sulit, jika terus dilakukan, kamu akan terbiasa. Setelah itu, kamu bisa merasakan senangnya punya keuangan yang rapi!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *