Bukan Emas, Ini Jenis Logam Mulia Termahal di Dunia

Kira-kira apa logam mulia termahal di dunia?
Logam Mulia

Kalau ditanya logam mulia termahal, apa jawaban kamu? Jawabannya, yang pasti bukan emas batangan. Walau emas sangat terkenal di kalangan masyarakat dan harganya juga tidak murah, logam mulia yang berada di posisi pertama untuk harga termahal bukanlah emas. 

Seperti yang sudah diketahui, logam mulai memiliki banyak jenis. Ada jenis logam mulia yang mungkin asing di telinga masyarakat, tapi justru itulah logam termahal di dunia. Penasaran? Ini daftarnya untuk kamu!

Rhodium

Logam Mulia

Logam mulia dengan harga termahal adalah rhodium. Pernah dengar? Rhodium juga termasuk logam yang sangat langka. Meskipun terdengar asing, logam ini juga sering digunakan untuk perhiasan, lho.

Rhodium digunakan dalam pembuatan perhiasan untuk permukaan reflektif yang tahan gores. Pelapisan rhodium pada perhiasan paling sering terlihat pada emas putih. Pelapisan pada perhiasan bisa membuat perhiasan tersebut tampak lebih berkilau. Selain itu, rhodium banyak digunakan untuk bahan pembuat cermin, lampu sorot, dan turbin pesawat. 

Logam ini terkenal memiliki ketahanan terhadap korosi dan titik lebur yang tinggi. Negara yang memproduksi logam ini di antaranya, Rusia, Kanada, dan Afrika Selatan.

Platinum

Logam Mulia

Berikutnya, ada platinum sebagai salah satu logam mulia termahal. Platinum merupakan logam yang paling kuat dibandingkan dengan logam lainnya. Warnanya putih dan memiliki tampilan yang berkilau, sesuai dengan arti namanya, yakini “sedikit perak”.

Logam ini banyak digunakan karena fleksibilitasnya yana tinggi. Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan logam ini karena banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat perhiasan. Selain perhiasan, platinum juga banyak digunakan dalam bidang kedokteran, seperti untuk gigi hingga aeronautika.

Selain logam yang termahal, platinum juga menjadi logam mulia terberat dari logam lainnya, beratnya hampir dua kali lipat dari karat emas. Negara di dunia yang menjadi eksportir terbesar untuk logam ini di antaranya Kanada dan Afrika Selatan.

Emas

Logam Mulia

Selanjutnya, ada emas yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat. Emas dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan sejak zaman dahulu. Logam mulia ini memiliki nilai historis yang panjang dan menjadikannya sebagai salah satu logam paling diminati dan dicari di seluruh dunia.

Emas digunakan untuk bahan pembuat perhiasan, dimanfaatkan juga di berbagai bidang industri, seperti kecantikan, kedokteran, elektronik, hingga makanan dan minuman. Sifatnya yang tidak mudah berkarat, pudar, dan lunak membuatnya mudah dibentuk dan digunakan untuk berbagai keperluan.

Harga emas yang juga terus mengalami kenaikan menjadi salah satu daya tarik orang-orang terus membeli emas, terutama untuk berinvestasi dan menjadi penjaga aset mereka. Karena begitu terkenal dan mudahnya menabung emas, membeli emas kini juga sudah tersedia dengan berbagai cara.

Khusus di Indonesia, beli emas ANTAM secara online bisa di banyak toko terpercaya. Kamu bahkan bisa membelinya secara online dengan nominal yang kecil, seperti Rp200.

Nah, emas bisa ditemukan di seluruh dunia, tetapi untuk produsen tertinggi adalah negara-negara seperti Amerika Serikat, Afrika Selatan, Cina, Rusia, dan Australia.

Rutenium

Logam Mulia

Rutenium merupakan bagian dari kategori logam platinum. Logam ini banyak digunakan dalam benda elektronik karena bahannya yang bagus digunakan sebagai resisitor. Karakter rutenium keras dan kuat dan dapat digunakan untuk mengeraskan logam lain.

Senyawa rutenium diklasifikasikan sebagai bahan beracun karena merupakan karsinogen. Logam rutenium juga bisa menggelapkan kulit manusia. Namun, umumnya orang-orang tidak akan memiliki kontak langsung dengan logam ini.

Logam ini juga bisa digunakan untuk perhiasan, tetapi tidak dalam bentuk paling murni dan umumnya jarang digunakan untuk tujuan tersebut. 

Iridium

Logam Mulia

Logam mulia mahal berikutnya ialah iridium. Iridium merupakan salah satu logam terpadat di dunia dan memiliki titik leleh yang tinggi serta tahan terhadap korosi. Orang-orang banyak memanfaatkan logam ini untuk pembuatan jam tangan, perhiasan, alat kesehatan, elektronik, dan otomotif.

Logam iridium sebenarnya produk sampingan dari penambangan nikel dan diproses dari bijih platinum. Negara Afrika Selatan adalah produsen terbesar logam ini. Untuk harga, iridium per troy ons dijual dengan angka US$ 1.480 pada 2019 atau sekitar Rp21,18 juta.

 

Nah, kamu tertarik membeli logam-logam di atas? Untuk perhiasan, ada pilihan lain selain emas, seperti platinum atau rhodium. Untuk investasi atau penjaga aset milikmu, emas batangan masih banyak diminati dibandingkan logam lainnya.

Harga emas yang saat ini juga mulai turun bisa menjadi momen tepat untuk kamu menabung emas. Beli logam mulia terpercaya, seperti emas batangan bisa dilakukan dengan mudah di berbagai tempat dan berbagai cara.

Bisa beli emas secara langsung ke toko ataupun beli online. Di masa pandemi ini, beli online bisa menjadi pilihan menggunakan aplikasi atau belanja di toko perhiasan online terpercaya.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *