Masih Ragu Berinvestasi Emas Online? Simak Alasan Memilihnya Ini!

Meskipun emas adalah bentuk investasi favorit banyak orang, investasi logam mulia punya tantangannya tersendiri. Pembelian emas fisik (dalam bentuk batangan atau koin) memiliki keterbatasan dengan penyimpanan, keamanan, dan pemeliharaannya. 

Tetapi kamu bisa mengatasi semua tantangan ini, bahkan kamu juga bisa membeli dan menjual emasmu secara instan di mana pun dan kapan pun. Solusinya ada di investasi emas online. Kita simak bersama yuk kenapa kamu harus mulai beralih ke investasi ini!

Apa Itu Investasi Emas Online?

Investasi emas yang dilakukan secara online masih relatif baru. Ini adalah cara sederhana dan transparan untuk membeli dan menjual emas secara instan. Siapa pun yang ingin berinvestasi emas dapat melakukannya secara online menurut kenyamanan mereka sendiri. 

Salah satu keuntungan dari opsi investasi emas ini adalah kamu dapat membeli atau menjual logam mulia dalam pecahan. Untuk berinvestasi emas berbentuk fisik, banyak orang harus menabung hingga jumlah yang cukup untuk melakukan pembelian minimum.

Dengan munculnya investasi emas online, hal ini bukan masalah lagi karena kamu dapat membeli logam mulia mulai dari Rp100,-. Selain itu, ada berbagai tantangan lain yang bisa diatasi dengan investasi emas secara online yang akan dibahas lebih lengkap di bawah ini.

 

Kenapa Harus Investasi Emas Online?

Meskipun investasi emas online adalah konsep yang baru, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan keuntungan darinya. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa investasi emas online lebih menguntungkan daripada emas fisik.

[Baca juga: Investasi Emas Fisik vs Digital: Mana yang Lebih Baik?]

Investasi Emas dengan Modal Kecil

Jika kamu berinvestasi emas fisik, kamu harus membeli setidaknya 1 gram emas, yang harganya berkisar Rp700.000,- hingga saat ini. Sebaliknya, berinvestasi emas digital jauh lebih terjangkau. 

Kamu bisa membeli dan menjualnya dalam jumlah yang lebih rendah seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Skala investasi yang kecil ini bisa mendorong banyak orang untuk berinvestasi bahkan jika pendapatan kamu masih terbatas.

 

Penyimpanan Emas Lebih Praktis

Emas fisik berpotensi memicu beberapa masalah keamanan. Kalau kamu menyimpannya di rumah, kamu pasti selalu ketakutan emasmu akan dicuri. Untuk menghindari situasi seperti itu, kamu harus menyimpannya di brankas bank dan menanggung biaya penyimpanan jangka panjang yang mahal. 

Investasi emas online menghindarkanmu dari masalah penyimpanan dan biaya jangka panjang. Sebagian besar penyedia investasi emas online menawarkan fasilitas untuk menyimpan total emas kamu di brankas yang aman tanpa dikenakan biaya.

[Baca juga: Tips Aman Menyimpan Emas di Rumah]

Likuiditas Emas Tinggi 

Dibandingkan dengan aset lainnya, emas dianggap sebagai aset yang paling likuid. Namun, untuk emas fisik, ada beberapa masalah terkait likuiditas yang kita hadapi. 

Misalnya, untuk melikuidasi emas fisik dan mendapatkan nilai jual yang utuh, kamu harus menjualnya ke tempat kamu membelinya, baik itu bank atau toko perhiasan. Selain itu, kamu harus menyimpan bukti pembelian. Kalau tidak, kamu tidak akan mendapatkan nilai jual kembali yang menguntungkan.

Dengan menjual emas online, kamu tidak perlu mengunjungi dealer atau menyimpan bukti pembelian emas selama bertahun-tahun untuk mendapatkan nilai jual yang sepadan dengan harga beli. 

 

Jual Beli Emas Lebih Nyaman

Jual beli emas online lebih nyaman daripada emas fisik. Untuk membeli atau menjual emas fisik, kamu perlu menyediakan waktu luang untuk mengunjungi toko perhiasan atau bank. Selain itu, jika kamu berencana untuk membeli emas, maka kamu perlu menyimpannya di loker bank agar emas tetap aman. 

Sebaliknya, emas digital dapat dibeli dan dijual secara online kapan saja dan di mana saja dengan koneksi internet. Apalagi, setelah kamu membeli emas, kamu tidak perlu repot soal penyimpanan. 

 

Investasi yang Aman 

Banyak orang tidak nyaman dengan investasi emas online karena ini adalah konsep baru. Keengganan orang-orang untuk berinvestasi secara online ini juga karena kurangnya pengetahuan tentang ide tersebut. 

Seperti kebanyakan jenis investasi emas lainnya, berinvestasi emas secara online adalah opsi investasi aman. Setiap gram emas yang terakumulasi di akun kamu ada wujudnya dalam emas fisik. Ini berarti bahwa pada waktu tertentu di masa depan, tidak akan ada risiko yang besar untuk kamu. 

Kalau bicara tentang keamanan emas yang sebenarnya pun, kamu tidak perlu khawatir karena emas itu disimpan dalam brankas khusus dan pasti diasuransikan. Dengan begitu, ini akan menurunkan risiko kerugian kamu.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *