Mana yang Lebih Baik, Investasi Emas atau Berlian?

Emas dan berlian adalah bentuk aset yang sangat berharga. Tidak heran kalau banyak orang yang berinvestasi emas dan berlian sejak dulu, mungkin jauh sebelum zaman orang tua kita.

Nah, meskipun keduanya sudah dipercaya sebagai bentuk investasi yang menguntungkan sejak lama, keuntungan yang dihasilkan tetap berbeda, dong? Pertanyaannya, manakah yang lebih baik?

Sebelum kamu menentukan mau berinvestasi emas atau berlian, lebih baik kamu simak dulu perbandingannya di sini!

Emas sebagai Investasi

Kita semua pasti sudah familiar dengan emas sebagai bentuk investasi. Emas juga sudah dipakai sebagai mata uang sejak zaman dahulu. 

Investasi emas pun sudah dilakukan banyak orang sejak lama dan tetap bertahan sampai sekarang. Di tengah banyaknya jenis investasi di zaman modern ini pun, emas tetap banyak diminati para investor.

Harga emas memang berfluktuasi sesuai permintaan dan penawaran. Namun, nilai emas lebih transparan daripada berlian karena emas sering diperdagangkan. 

Keuntungan Investasi Emas

  • Likuiditas tinggi. Emas memiliki tingkat likuiditas yang lebih tinggi dibanding komoditas lainnya. Kamu bisa menjual emas kapan saja dan di belahan dunia mana saja karena harganya akan cenderung sama.
  • Rendah risiko. Emas telah menunjukkan hasil yang stabil meskipun sedang ada krisis ekonomi dan gejolak geopolitik, tidak seperti mata uang yang selalu tergerus inflasi.
  • Bisa mulai dari jumlah kecil. Kamu bisa mulai berinvestasi emas dari jumlah yang kecil terlebih dahulu, dan mulai menambahnya secara teratur untuk investasi jangka panjang.
  • Mudah disimpan. Karena emas batangan tidak perlu perawatan khusus dan berukuran kecil (tapi tidak terlalu kecil), kamu bisa menyimpannya di lemari terkunci di rumah. Kalau mau menyimpan di penyimpanan khusus pun, biayanya tidak akan mahal.

[Baca juga: Tips Aman Menyimpan Emas di Rumah]

Berlian sebagai Investasi

Keindahan berlian adalah salah satu hal yang menjadi daya tariknya. Tidak heran kalau banyak orang yang rela merogoh kocek dalam untuk memiliki batu mulia ini.

Permintaan berlian telah meningkat di negara-negara besar seperti Cina dan AS. Tetapi karena kualitas batu yang bervariasi dan perubahan selera pelanggan yang terus-menerus, pasar berlian sangatlah rumit untuk diprediksi.

Kalau kamu ingin mencoba berinvestasi berlian, penting untuk memahami transparansi harga, jaminan kualitas, biaya transaksi dan likuiditasnya. 

Keuntungan Investasi Berlian

  • Harga stabil. Harga berlian terus mengalami kenaikan sejak tahun 1960-an, meskipun cenderung lambat. Namun ini akan menjadikannya investasi jangka panjang yang baik.
  • Permintaannya akan terus naik. Masa depan investasi berlian akan cerah karena permintaan akan meningkat dari negara-negara yang kuat secara ekonomi di tahun-tahun mendatang. 
  • Mudah dibawa atau dipindahkan. Berlian berkualitas tinggi dengan berat 2-3 gram dapat memiliki nilai yang sama dengan 100 kilogram emas. Bayangkan kalau kamu harus membawa emas dalam jumlah yang banyak ke bandara? Tentunya lebih repot, kan?
  • Terlindung dari inflasi. Industri berlian tidak berkorelasi dengan pasar keuangan dan bekerja secara independen. Inilah mengapa perlindungan nilai inflasi lebih baik untuk berlian berkualitas tinggi.

 

Mana yang Lebih Baik, Emas atau Berlian?

Untuk urusan investasi, emas tetaplah lebih unggul dibanding berlian. Permintaan akan emas lebih tinggi dibanding berlian dan emas adalah komoditas yang lebih langka.

Kenapa begitu? Emas tidak bisa dibuat, sedangkan berlian dapat dibuat secara sintetis. Emas adalah unsur dalam tabel periodik (Au) sedangkan berlian adalah senyawa. Butuh tingkat keahlian teknologi tinggi untuk membuat emas secara artifisial.

Karena berlian juga bergantung pada keindahannya, ia kehilangan sebagian besar nilainya kalau jatuh dan rusak. Sedangkan nilai emas tidak akan berkurang, karena emas dapat dilelehkan dan dicetak lagi.

Harga emas juga lebih konsisten karena investasi emas telah dipercaya sebagai investasi yang menguntungkan selama puluhan tahun. Sedangkan, harga berlian masih berfluktuasi karena investasi ini masih tergolong baru. 

Selain itu, nilai emas juga dipublikasikan secara transparan setiap harinya, tetapi nilai berlian tidak begitu mudah ditentukan. Perlu banyak keahlian dan pengalaman untuk menentukan nilai berlian karena perbedaan kualitas 4C (carat, color, cut dan clarity) di setiap batu berlian.

[Baca juga: Keunggulan Investasi Emas Dibanding Produk Investasi Lain]

Jadi, Bisakah Kita Berinvestasi Berlian?

Meskipun investasi emas secara umum lebih menguntungkan, perlu diingat bahwa berlian sendiri tidak pernah dimaksudkan untuk tujuan investasi. Tetapi, ini bukan berarti kamu tidak bisa berinvestasi berlian juga. 

Berlian adalah investasi yang lebih baik jika kamu adalah penjual perhiasan, karena berlian bisa mempertahankan nilainya. Sedangkan jika harga emas turun, kamu malah akan menderita kerugian. 

Beberapa batu berlian yang langka dan beberapa perhiasan berlian yang memiliki nilai sejarah tinggi juga bisa menjadi investasi yang menguntungkan, meskipun modal yang harus disiapkan cukup besar.

 

Nah, sekarang sudah tahu kan, investasi apa yang lebih baik untuk kamu? Jangan bingung lagi saat menentukan apakah kamu mau beli berlian atau emas!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *