Investasi Emas Batangan Fisik vs Digital: Mana yang Lebih Baik?

Pilih emas batangan fisik atau digital?
Investasi Emas

Investasi emas barangkali sudah sangat umum di masyarakat sejak lama, baik perhiasan emas, maupun emas batangan. Bisa dibilang, investasi emas juga merupakan salah satu produk investasi favorit masyarakat. 

Ada banyak faktor yang menyebabkan orang-orang menggemari investasi emas. Mulai dari sifatnya yang tahan inflasi hingga proses jual belinya yang mudah dilakukan. 

Minat masyarakat yang tinggi akan investasi emas inilah yang menyebabkan munculnya berbagai platform untuk membeli emas dengan cara baru. 

Cara baru yang dimaksud ialah membeli emas secara digital atau melalui sebuah platform tertentu di ponsel dan website

Nah, meski tidak sedikit yang masih ragu menggunakannya, banyak juga orang yang mulai merasakan manfaatnya. 

Sebagai sebuah cara baru, membeli emas online atau digital tentunya memiliki plus minus dibandingkan membeli emas secara langsung dan tunai. 

Meski begitu, mana yang lebih baik? Mana di antara keduanya yang akan kamu pilih? Simak pembahasannya di sini.

Perbedaan Modal Saat Investasi Emas Batangan

Investasi Emas

Sebagian orang beranggapan investasi emas membutuhkan modal yang tidak sedikit. Saat ini, harga emas batangan per 1 gram sudah mencapai sekitar Rp700.000-an. 

[Baca: Ini Dia Keunggulan Emas ANTAM untuk Investasi ]

Mengeluarkan uang sejumlah tersebut setiap membeli emas, jelas memang tidak mudah untuk sebagian orang. Oleh sebab itu, membeli emas fisik menjadi semakin berat. 

Kamu memang masih bisa mengakalinya dengan mengumpulkan uang terlebih dahulu sebelum membelinya. Namun, yang perlu diingat harga emas berubah setiap harinya. Bisa saja, harga emas naik lebih tinggi saat uang masih belum sepenuhnya terkumpul.

Di sinilah investasi emas online menjadi solusi. Membeli emas secara online memungkinkan kamu untuk membeli dalam nominal kecil mulai dari Rp100,- atau Rp10.000,-. 

Dengan cara ini, emas bisa terbeli meski butuh waktu lebih lama untuk mengumpulkannya. Kamu yang membeli emas digital perlu memperhitungkan tujuan investasi dengan cermat agar dapat mengumpulkan emas tepat waktu.

Rasa Kepemilikan Terhadap Emas Batangan

Investasi Emas

Membeli emas di toko perhiasan berarti kamu langsung memiliki emas tersebut. Kamu bisa menyentuhnya dan membawa pulang. Dengan kata lain, kamu bisa memiliki emas tersebut secara fisik tanpa jeda waktu. 

Adanya rasa kepemilikan ini memberi rasa aman dan jaminan bahwa emas sudah di tangan. Kamu tidak perlu merasa khawatir mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak jelas.

[Baca: Mana yang Lebih Baik, Investasi Emas atau Berlian? ]

Kekhawatiran seperti itu pula yang membuat banyak orang masih belum mau membeli emas secara online. Padahal, jika diteliti membeli emas secara online juga membutuhkan izin dan proses yang sudah dijamin. 

Meski emas tidak langsung kamu miliki (karena kamu bisa saja membeli emas dalam nominal kecil), emas tersebut tercatat di akun kamu. Setiap emas yang terakumulasi juga didukung oleh emas fisik dengan jumlah yang sama oleh perusahaan yang bersangkutan. 

Jadi, kamu tidak perlu takut membeli emas secara digital selama kamu memperhatikan dengan baik syarat dan ketentuan serta legalitas tempat kamu membeli emas.

Investasi Emas Online, Tidak Perlu Khawatir Tempat Penyimpanan Emas

Investasi Emas

Beli emas batangan berarti harus mempertimbangkan tempat penyimpanannya juga. Emas dalam berat kecil dan jumlah yang tidak terlalu banyak masih bisa ditempatkan di rumah. Kamu bisa menyiapkan lemari besi atau brankas. 

[Baca: Pertanyaan Seputar Investasi Emas yang Perlu Kamu Pertimbangkan ]

Pilihan lain untuk kamu yang ingin lebih aman adalah mencoba safe deposit box yang disediakan oleh berbagai bank. Namun, tentu saja kamu perlu mengeluarkan sejumlah uang.

Sementara, pada investasi emas online, emas akan tersimpan di akun milikmu sampai kamu mengambil atau menjualnya. Emas yang tersimpan, baik dalam berat yang masih kecil, maupun sudah mencapai berat yang ada di pasaran, biasanya tidak dipungut biaya. 

Jadi, beli emas berapa pun selama kamu belum mengambilnya, emas tersebut aman di akun kamu. Lebih praktis dan hemat.

Informasi Harga Emas Batangan Setiap Harinya

Investasi Emas

Siapa pun yang berinvestasi emas harus rajin memeriksa harga emas, terutama untuk kamu yang ingin menjual atau membelinya dalam waktu dekat. Nah, tanpa aplikasi apa pun, kamu harus rajin mengunjungi website atau gerai toko emas untuk tahu harga terkini. 

Namun, kamu yang membeli emas online, cukup mengaksesnya di ponsel. Aplikasi jual beli emas online, selain menyediakan jasa jual beli, biasanya juga menyediakan fitur lain. 

Fitur lain tersebut di antaranya harga emas harian yang bisa diperbarui setiap detiknya. Kamu bisa mengaktifkan notifikasi untuk fitur harga emas tersebut. Jadi, kapan pun harga emas sedang naik atau turun akan muncul di ponselmu. 

Nah, dengan adanya fitur ini, transaksi jual beli emas kamu bisa maksimal karena kamu tahu harga terendah dan tertinggi setiap harinya. 

Jual Beli Emas Online: Lebih Praktis

Investasi Emas

Proses beli atau jual emas memang mudah, kamu cukup pergi ke toko perhiasan atau gerai emas kemudian bertransaksi. Namun, di era sekarang yang serba cepat, cara tersebut tidak lagi praktis untuk sebagian orang. 

Selain kamu perlu menempuh jarak untuk ke tempat tersebut, kamu juga masih harus mengantre untuk membeli atau menjual. 

Cara yang lebih ringkas bisa ditemukan jika kamu melakukan jual beli emas secara online. Transaksi jual dan beli emas bisa dilakukan melalui ponsel. 

Kamu juga tidak memerlukan waktu atau tenaga yang banyak. Dalam satu waktu, kamu sudah bisa beli emas atau jual emas tanpa perlu antre.

=========

Nah, kedua cara investasi emas di atas, baik yang langsung atau beli emas secara digital memiliki kelebihan dan kekurangan. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan, kemampuan finansial, serta tujuan investasi.

Selain itu, yang perlu diingat, investasi emas merupakan investasi jangka panjang. Jadi, beli emas dari sekarang akan jauh lebih menguntungkan karena harga yang belum terlalu tinggi. Setelah membeli, kamu bisa menyimpannya dan menunggu harga semakin naik.

Karena itu, jangan tunda beli emas. Lebih cepat, lebih baik!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *